Théophile-Jules Pelouze

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Théophile-Jules Pelouze

Théophile-Jules Pelouze (juga dikenal sebagai Jules Pelouze, Théophile Pelouze, Theo Pelouze, atau TJ Pelouze, lahir di Valognes, 26 Februari 1807 – meninggal di Paris, 31 Mei 1867 pada umur 60 tahun) ialah kimiawan Perancis.

Ayahnya, Edmond Pelouze, ialah kimiawan industri dan pengarang beberapa buku saku teknik. Putranya, setelah menghabiskan beberapa waktu di apotek di La Fère dan bertindak sebagai asisten laboran pada Gay-Lussac dan J. L. Lassaigne di Paris dari 1827 sampai 1829. Pada 1830 ia ditunjuk sebagai lektor kepala kimia di Lille, namun kembali ke Paris tahun depan karena repetiteur, dan kemudian guru besar di École polytechnique. Ia juga memegang ketua kimia di Collège de France, dan pada 1833 menjadi penguji pada mini dan pada 1848 pimpinan Commission des Monnaies.

Setelah kudeta pada 1851 ia mundur dari penunjukannya, namun terus mengadakan laboratorium percobaan yang telah dimulainya pada 1846. Di sana ia bekerja pada bahan peledak guncotton dan nitrosulfat lainnya. Muridnya Ascanio Sobrero ialah penemu nitrogliserin, dan murid lain, Alfred Nobel, mengadakan penemuan pada puncak yang besar dalam bentuk bahan peledak material termasuk dinamit.

Meski Pelouze tak membuat penemuan penting terkemuka, ia merupakan pengamat yang sibuk, karyanya termasuk penelitian pada salisin, gula bit, bermacam asam organik (gallic, malic, tartar, butirat, laktat, dsb.), oenanthic ether (dengan Liebig), nitrosulfat, guncotton, serta komposisi dan pengolahan kaca.

Ia juga mengadakan penentuan pada berat atom pada sejumlah unsur, dan dengan E. Fremy, menerbitkan Traite de chimie generale (1847-1850); Abrege de chimie (1848); dan Notion, generates de chimie (1853).

Ia dan istrinya yang hidup Marguerite di kastil terkenal Prancis Château de Chenonceau dari 1864 sampai kematian Pelouze pada 1867; istrinya terus menghuninya sampai sekitar 1878. [1]