Tenda

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Tenda Dome

Tenda adalah tempat pelindung yang terdiri dari lembaran kain atau bahan lainnya menutupi yang melekat pada kerangka tiang atau menempel pada tali pendukung. Beberapa tenda tidak perlu berdiri di atas tanah karena ada beberapa model tenda yang menggantung di pohon.

Tenda banyak digunakan oleh tentara maupun sebagai tempat penampungan korban bencana alam dan secara umum digunakan untuk tujuan rekreasi. Tenda merupakan rumah bagi pendaki gunung, tempat pendaki melepas lelah setelah menempuh beberapa lama perjalanan mendaki suatu gunung. Sebuah tenda juga dapat melindungi dan terhindar dari cuaca yang kadang ekstrim sekalipun.

Tenda biasanya mempunyai dua prinsip pelapisan perlindungan, yaitu dinding bagian dalam yang terbuat dari bahan yang bernafas (breathable) atau bahan non-waterproof dan dinding luar (flysheet) yang terbuat dari bahan anti air. Ini bertujuan mengatasi faktor kondensasi yang dihasilkan oleh tubuh dan beberapa aktivitas di dalam tenda. Kondensasi terjadi karena hawa panas yang dihasilkan oleh tubuh dan atau memasak di dalam tenda, jadi untuk mengatasi hal tersebut diperlukan dinding dalam tenda terbuat dari bahan yang non waterproof, agar hawa panas tersebut bisa keluar.

Terdapat beragam jenis tenda yang ada di pasaran yang ditawarkan baik secara komersil maupun non-komersil. Dari sekian jenis tenda tersebut digunakan oleh berbagai kalangan baik secara individu, kelompok, bahkan banyak perusahaan swasta maupun negeri yang menggunakan tenda ini sebagai tenda serbaguna dengan tujuan kolektif.

Jenis[sunting | sunting sumber]

Bivak adalah tenda berlindung yang sifatnya sementara (darurat) gunanya untuk melindungi dari cuaca buruk. Bivak biasanya dibuat dengan jas hujan poncho. Jenis tenda bivak tergolong lebih kecil dan minimalis apabila dibandingkan dengan pleton yang notabene memiliki ukuran yang lebih besar, lebih kuat serta lebih serbaguna.

  • Tenda dome

Tenda berjenis dome merupakan jenis tenda yang populer. Walaupun secara kapasitas dan kekuatan tidak sekuat tenda regu kecil atau tenda yang biasa digunakan untuk kemah pramuka dan yang lain, tetapi tenda jenis dome punya banyak kelebihan yang layak untuk dipertimbangkan antara lain:

  1. Ringkas, karena bisa masuk carier ataupun ransel harian
  2. Ringan, dengan bobot yang hanya 2 kg untuk dome paling sederhana hingga sekitar 4 kg untuk yang agak besar
  3. Simpel, karena perlengkapan jadi satu paket/ tas (pasak, tali, frame/rangka, tenda, tas tenda)
  • Tenda flysheet

Tenda flysheet adalah tenda pendukung yang bentuknya mirip tenda pramuka tetapi lebih sederhana karena biasanya tidak memiliki penutup samping, depan dan belakang. Tenda jenis flysheet jarang digunakan, tetapi banyak pelajar yang menggunakan jenis tenda ini untuk kebutuhan liar ruangan karena biaya yang cukup murah & terjangkau.

  • Tenda pleton

Tenda jenis ini adalah tenda yang paling banyak digunakan untuk kegiatan aparat militer. Untuk mendirikan tenda ini dibutuhkan beberapa orang untuk merangkainya mengingat tenda ini setidaknya memiliki ukuran 4 x 6 meter dengan model dan jenis tenda yang bermacam-macam. Tenda pleton atau tenda peleton merupakan tenda yang memiliki ketahanan dan kekuatan yang terbaik jika dibandingkan tenda yang lainnya karena memang essensinya sendiri ditujukan untuk beragam kegunaan pada alam terbuka.

Mengingat banyaknya beragam fungsi yang ada, tenda ini juga dikenal dengan tenda posko, tenda bantuan serta tenda barak.

  • Tenda payung

Bentuk tenda payung sangat mirip dengan payung pada umumnya. Model yang menyerupai payung dengan rangka baja maupun kayu jati ini biasa diletakkan pada tempat-tempat rekreasi, wisata serta tempat yang dijadikan objek liburan. Uniknya, tenda ini menggunakan dasar bawaan dari pasir sebagai penyangga.

  • Tenda pemasaran

Tenda pemasaram merupakan sebuah tenda yang banyak digunakan untuk memasarkan sebuah produk atau jasa yang ditawarkan pada pasar. Model jenis ini identik dengan pencetakan pada cover terpalnya yang dijadikan nilai tersendiri bagi beberapa perusahaan sebagai tenda untuk kegiatan dagang dan promosi.

  • Tenda pohon

Tenda jenis ini adalah tenda yang digantungkan di pohon. Cara pemasangan tenda ini mirip dengan flysheet, pramuka maupun peleton.

  • Tenda dekorasi

Jenis tenda ini digunakan untuk acara dan pesta, di mana jenis tenda ini menawarkan lebih selain tempat untuk menampung atau mewadahi manusia di dalamnya. Tenda ini juga dihiasi dengan dekorasi berupa rumbai, renda dan sulaman berserta paduan warna-warni. Tenda jenis ini ditopang oleh tiang-tiang besi, di sisi dan di tengah bagian tenda. Di bawahnya bisa dijadikan tempat untuk menaruh kursi, panggung, meja, sofa dan peralatan lainnya.

  • Tenda membrane

Biasa dikenal dengan sebutan membrane roofing dengan model tenda yang menggunakan konstruksi struktur (tensile structure) yang berhubungan dengan desain peneduh yang futuristik, inovatif, mewah dan unik.

Material utama atap yang menggunakan karet sintetis, termoplastik (PVC atau bahan serupa) dan bitumen yang dimodifikasi. Jenis tenda ini paling sering digunakan dalam aplikasi komersial, meskipun menjadi semakin umum dalam aplikasi perumahan.

Galeri[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]