Tempolong

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Tempolong

Tempolong adalah wadah untuk meludah, terutama oleh orang yang mengunyah tembakau. Juga dikenal sebagai cuspidor, walaupun nama ini juga digunakan untuk tempat meludah di dokter gigi. Cuspidor masih diproduksi sekarang, terutama ditemukan di tempat olahraga dekat tempat minum. Wadah serupa telah digunakan di Asia barat daya selama berabad-abad. Tempolong datang ke AS dan Inggris sekitar tahun 1840.

Pada akhir abad ke-19 di AS, tempolong banyak ditemukan di berbagai tempat, termasuk bar, hotel, toko, bank, kereta api, dan tempat-tempat lain di mana orang laki-laki dewasa biasa berkumpul. Tempolong memiliki alas datar, biasanya diberati agar tidak mudah terbalik. Penggunaan tempolong dianggap kemajuan dalam hal kebersihan dan kesopanan, karena orang tidak meludah sembarangan di tanah, jalan, dan sisi jalan.

Tempolong juga berguna bagi penderita tuberculosis yang batuk dahak. Tempolong umum kadang mengandung larutan antiseptik seperti karbol untuk menghambat penularan penyakit. Pada awal abad ke-20 mulai diproduksi pocket spittoons, yaitu botol dengan tutup erat yang dapat dibawa ke mana-mana. Setelah epidemi flu 1918, penggunaan tempolong mulai berkurang. Mengunyah permen karet dan merokok tembakau menggantikan mengunyah tembakau.