Templat:Satu sumber/doc

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Penggunaan[sunting sumber]

Templat ini memperingatkan pembaca bahwa artikel ensiklopedia yang dibaca sepertinya berasal dari satu sumber. Satu sumber dianggap kurang ideal karena sumber tersebut bisa saja kurang akurat maupun bias. Tanpa adanya sumber lain sebagai rujukan, keakuratan maupun kenetralan sudut pandang dapat diragukan. Dengan menambahkan beberapa sumber independen, keakuratan ensiklopedia akan bertambah.

Parameter[sunting sumber]

Sinopsis[sunting sumber]

{{One source|bagian|date=Maret 2024}}

{{One source|text=Alternatif kalimat pertama|date=Maret 2024}}

Subyek[sunting sumber]

Parameter kosong pertama akan mengganti "Artikel ini sebagian…" dengan "PARAMETER ini sebagian…".

Sebagai contoh, "{{One source|bagian}}" akan menghasilkan:

Kalimat Pertama[sunting sumber]

Anda dapat merubah seluruh kalimat pertama sengan mengisi parameter text=. Ini dapat digunakan ketika frase standard kurang dapat dipakai pada suatu kasus, tetapi tetap berhubungan dengan tujuan umum templat ini.

Penanggalan[sunting sumber]

Parameter date= akan mengurutkan artikel ke subkategori Kategori:Artikel dengan sedikit sumber, membuat masalah terlama akan teridentifikasi terlebih dulu dan diprioritaskan untuk diurus.

Penggunaan Editorial[sunting sumber]

Templat ini sebaiknya hanya digunakan untuk artikel ensiklopedia dengan isi yang dapat diverifikasi dan rujukan tepercaya, tetapi hanya pada satu rujukan tersebut.

Tolong pertimbangkan untuk memperbaiki artikel atau berasumsi baik untuk menemukan sendiri rujukan tambahan sebelum menambahkan templat ini.

Adala hal yang baik ntuk menuliskan dasar pemikiran anda di "Ringkasan Suntingan" atau "halaman pembicaraan artikel". Semakin spesifik penggambaran anda mengenai pendapat anda, akan semakin kecil kemungkinan kesalahpahaman pengguna lain.

Jika anda pikir bahwa masalah yang ada lebih dari sumber itu sendiri, beritahu masalah tersebut dengan templat lain yang lebih tepat, daripada hanya mempertanyakan sumber tersebut.

Alternatif[sunting sumber]

Administrivia[sunting sumber]

Jangan menambahkan subst: pada templat ini.


Lihat pula[sunting sumber]