Tempirai, Penukal Utara, Muara Enim

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari

Tempirai adalah sebuah desa/dusun yang terletak di Kecamatan Penukal Utara, Kabupaten Muara Enim, Provinsi Sumatera Selatan, Indonesia. Jumlah penduduk desa Tempirai diperkirakan berjumlah 20.000 orang yang tersebar di berbagai daerah. Saat ini desa Tempirai terbagi ke dalam beberapa desa, di antaranya Desa Tempirai Utara, Desa Tempirai Timur, Desa Tempirai dan Desa Tempirai Selatan (4 Kades)

Penghasilan:[sunting | sunting sumber]

Berdasarkan hasil observasi sederhana dari kegiatan masyarakat yang ada lebih dari 50% warga Tempirai berprofesi sebagai Petani tepatnya petani karet. Selain bertani ada sebagian masyarakat yang berprofesi sebagai pedagang, Penangkap ikan tradisional, Pengusaha, Guru, dan lain-lain

Makanan Khas: SENGIK (ubi yang di potong kecil-kecil) dan PEDE[sunting | sunting sumber]

Makanan khas orang Tempirai hampir sama dengan makanan yang ada di sumatera selatan dan sekitarnya seperti gulai (pindang). selain itu ada juga makanan dari ikan seperti ikan salai (asap) dan makanan yang terbuat dari ikan yang diawetkan atau lebih dikenal dengan nama Pede.

Budaya Khas Tempirai

MAPAK adalah acara adat perkawinan di desa tempirai yang merupakan proses mengantarkan pengantin perempuan ke rumah pihak laki-laki dengan diiringi oleh arak-arak musik yang hingga saat ini masih di lestarikan (Yadi Tempirai).

Sekolah:[sunting | sunting sumber]

Sampai saat ini ada beberapa sekolah di desa Tempirai. Untuk jenjang SD ada SDN 1 dan SDN 2 desa Tempirai. Untuk jenjang sekolah menengah ada SMP PGRI Tempirai dan SMP YApteka sementara Untuk SMU/SMA beberapa tahun terakhir sudah ada SMU/SMAN 1 Tempirai dan SMAN 1 Penukal Utara yang terletak di Desa Tempirai.

Lokasi desa Tempirai dapat dilihat di [1]