Temon, Simo, Boyolali

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Temon
—  Desa  —
Negara  Indonesia
Provinsi Jawa Tengah
Kabupaten Boyolali
Kecamatan Simo
Kodepos 57377
Luas -
Jumlah penduduk -
Kepadatan -

Temon adalah desa di kecamatan Simo, Boyolali, Jawa Tengah, Indonesia.

Desa Temon terletak 5 km disebelah timur kota kecamatan Simo. Sebelah barat berbatasan dengan Desa Bendungan, sebelah utara berbatasan dengan Desa Pojok Kecamatan Nogosari, sebelah timur berbatasan dengan Desa Bendo dan Baseran Kecamatan Nogosari, sebelah selatan berbatasan dengan Bendo dan Desa Bendungan. Desa Temon terdiri dari beberapa dukuh yaitu Temon, Tewel, Banjarsari, Kedungwuluh, Randu, Belimbing, Sendanglo, dan Ngangkruk. Warga Desa temon adalah beragama Islam dan disetiap dukuh tersebut terdapat masjid yang baik dan bersih.

Di Desa Temon terdapat beberapa sekolah, diantaranya adalah SDN Temon, SDN Ngrandu, MIN Sendanglo dan MTsN Sendanglo. Rata-rata warga di Desa Temon dalam bidang pendidikan telah menamatkan sekolah menengah atas, dan banyak pula yang mencapai pendidikan sarjana dan pascasarjana.

Desa Temon adalah daerah pertanian tadah hujan dengan lahan pertanian terletak di sebelah barat wilayah Desa Temon. Mata pencarian utama warga Desa Temon adalah petani, dan sebagian kecil sebagai pegawai negeri, karyawan pabrik dan merantau ke kota-kota besar. Tanaman pertanian utama di Desa Temon adalah padi, kedelai, kacang tanah, kencur dan singkong. Sedangkan hewan ternak yang biasa dipelihara oleh warga Desa Temon adalah Sapi, Kambing dan Ayam.

Desa Temon dilalui jalan kabupaten Simo-Solo yang menghubungkan Kecamatan Simo dan Kecamatan Nogosari untuk menuju Kota Solo (Surakarta). Jalan Kabupaten ini adalah jalan yang menghubungkan Kabupaten Boyolali dengan Kabupaten Karanganyar dan Kabupaten Sragen. Hampir semua jalan kampung di Desa Temon adalah jalan yang sudah beraspal dan ada juga sebagian kecil jalan yang dibeton.di dukuh temon RT 19 RW 03 ada sebuah lapangan Badminton yang bisa dimanfaatkan untuk berolah raga secara positif, untuk lebih jelasnya dan jika berkenan untuk menggunakan lapangan badminton silahkan hubungi : 081 548 762 777 selaku pemilik dan pengelola gedung.