Teluk Tokyo

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Wilayah Teluk Tokyo dalam pengertian yang sempit (merah jambu) dan pengertian yang luas (merah jambu dan biru).

Teluk Tokyo (東京湾 Tōkyō-wan?, dahulu disebut Teluk Edo) adalah sebuah teluk di sebelah selatan wilayah Kanto di Jepang. Teluk Tokyo dikelilingi Semenanjung Boso di timur dan Semenanjung Miura di barat.

Dalam pengertian yang sempit, Teluk Tokyo adalah wilayah di sebelah utara garis lurus yang terbentuk antara Tanjung Kannon di Semenanjung Miura dan Tanjung Futtsu di Semenanjung Boso. Luas wilayah ini sekitar 922 km². Dalam pengertian yang luas, Teluk Tokyo juga meliputi Terusan Uraga. Jika menggunakan pengertian ini maka luas Teluk Tokyo adalah 1320 km².

Pelabuhan-pelabuhan Tokyo, Chiba, Kawasaki, Yokohama, dan Yokosuka semuanya terletak di Teluk Tokyo. Yokosuka merupakan pangkalan laut Angkatan Bersenjata Amerika Serikat di Jepang (United States Forces Japan) dan Pasukan Bela Diri Laut Jepang. Di pesisir barat Teluk Tokyo terdapat Kawasan Industri Keihin yang berkembang sejak Era Meiji. Setelah Perang Dunia II, kawasan ini dikembangkan lagi dengan tambahan Kawasan Industri Keiyo.

Jembatan/terowongan Tokyo-wan Aqua Line melintasi Teluk Tokyo antara Kawasaki dan Kisarazu. Selain itu ada pula layanan kapal feri antara Kurihama (di Yokosuka) dan Kanaya (di Chiba).

35°25′LU 139°47′BT / 35,417°LU 139,783°BT / 35.417; 139.783