Teluk Cenderawasih

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Teluk Cendrawasih)
Teluk Cenderawasih
Lokasi Teluk Cenderawasih
LetakPapua
Jenis perairanTeluk
Terletak di negara Indonesia
Lebar maksimal450 kilometer (280 mi)
Kedalaman maksimal1,627 meter (5 ft 4,1 in)
Peta

Teluk Cenderawasih, juga dikenal sebagai Teluk Sarera dan sebelumnya Teluk Geelvink (Belanda: Geelvinkbaai), adalah sebuah teluk besar di utara Provinsi Papua, Papua Tengah, dan Papua Barat, Pulau Papua, Indonesia.[1]

Teluk ini dikelilingi oleh pulau-pulau seperti Biak, Yapen dan daratan utama Papua. Di tempat ini pula terdapat Taman Nasional Teluk Cenderawasih.[2]

Geografi[sunting | sunting sumber]

Teluk Cenderawasih adalah teluk besar di barat provinsi Papua, barat laut provinsi Papua Tengah, dan timur provinsi Papua Barat. Secara geografis, teluk ini terletak di antara Semenanjung Kepala Burung dan muara Sungai Mamberamo.

Teluk ini memiliki lebar lebih dari 300 kilometer. Garis pantai dari Manokwari, di barat laut teluk, hingga Tanjung d'Urville di mulut Mamberamo mencapai lebih dari 700 kilometer. Beberapa kota yang terletak di sepanjang teluk adalah Manokwari, Ransiki, Wasior dan Nabire.

Sungai Wamma, Sungai Tabai, Sungai Warenai, dan Sungai Wapoga bermuara di Teluk ini.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Peta Jerman Teluk Cenderawasih dari Ekspedisi Papua Utara (1903)

Nama Belanda teluk itu diambil dari fregat De Geelvink yang digunakan Jacob Weyland untuk berlayar melewati teluk itu pada tahun 1705. Fregat Belanda dinamai menurut nama keluarga Geelvinck.

Kesultanan Tidore memiliki hubungan anak sungai dengan wilayah tersebut. Para pelaut dari daerah itu biasa memberi penghormatan kepada sultan.[3]

Taman Nasional Teluk Cenderawasih[sunting | sunting sumber]

Spatula kayu dari Teluk Cenderawasih (sebelumnya Teluk Gheelvink). Muséum de Toulouse.

Taman Nasional Teluk Cenderawasih terletak di Teluk Cenderawasih. Di Teluk Cenderawasih terdapat terumbu karang yang luas. Sebagian dari wilayah tersebut telah dinyatakan sebagai cagar alam laut yang dilindungi seluas 1,5 juta hektar, taman alam terbesar di Asia Tenggara. Bagian barat teluk dinyatakan sebagai taman nasional laut pada tahun 2002. Cagar Alam Wondiwoi/Wandammen seluas 730 km2 melindungi keanekaragaman hayati yang besar di Semenanjung Wandammen.

Kepulauan[sunting | sunting sumber]

Di teluk ini terdapat kepulauan yang dikenal sebagai Kepulauan Biak (juga disebut Kepulauan Schouten, atau Kepulauan Geelvink), terdiri dari Biak, Kepulauan Padaido, Supiori dan Numfor. Lebih jauh ke selatan di teluk adalah pulau Yapen sepanjang 140 kilometer. Pulau-pulau kecil di teluk ini adalah Mios Num (Pulau Num), Rumberpon, Waar (atau Meoswaar), Roon dan Kurudu. Kepulauan Mapia terletak di utara, dan selatan Palau.

Provinsi Papua Barat[sunting | sunting sumber]

Provinsi Papua[sunting | sunting sumber]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]