Telinga (cerita pendek)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Telinga adalah judul cerita pendek karangan Seno Gumira Ajidarma yang dimuat dalam buku kumpulan cerpen Saksi Mata. Di Timor Leste, cerpen ini diterbitkan dalam bahasa Portugis dengan judul Orelhas, yang dibuat oleh João Paulo Tavares Esperança dan diterbitkan dalam suplemen sastra Varzea de Letras edisi Oktober/November 2004.

Dalam bukunya Ketika Jurnalisme Dibungkam Sastra Harus Bicara (Yogyakarta, Yayasan Bentang Budaya, 1997), Seno menulis, bahwa ilham penulisan Telinga berawal ketika Gubernur Timor Timur Mário Viegas Carrascalão menerima 4 pemuda di kantornya, 2 di antaranya terpotong telinganya.

Karya ini pertama kali terbit dalam surat kabar KOMPAS pada tanggal 9 Agustus 1992. Telinga kembali diterbitkan dalam Pelajaran Mengarang (cerita-cerita pilihan KOMPAS pada tahun 1993). Telinga diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris oleh Riana Puspasari, dan terbit dengan judul Ears dalam The Jakarta Post pada tahun 1994. Cerpen ini kemudian diterjemahkan kembali dalam bahasa Inggris oleh Jan Lingard, diterbitkan dengan judul Ears di Inside Indonesia pada bulan Juni 1995.