Teleks

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Jaringan Teleks adalah jaringan teleprinter mirip dengan jaringan telepon yang berfungsi mengirim pesan berbasis teks. Jaringan ini menyediakan media umum pertama untuk komunikasi data internasional dengan menggunakan teknik sinyal standar dan kriteria operasi yang ditetapkan oleh International Telecommunication Union.

Perkembangan[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1935, pesan rute adalah hambatan besar terakhir pada otomatisasi penuh. Penyedia telegrafi besar mulai mengembangkan sistem yang menggunakan telephone-like rotary dialing untuk terhubung dengan teletip. Mesin ini disebut "Telex" (Teleprinter Exchange). Mesin Teleks pertama menggunakan rotary-telephone-style pulse dialing untuk circuit switching, dan kemudian mengirim data dengan kode Baudot. Sebesar 45,45 (± 0,5%) baud yang dianggap cepat pada saat itu, sampai dengan 25 saluran teleks bisa berbagi pada saluran telepon jarak jauh dengan menggunakan multiplexing frekuensi suara telegrafi, membuat Telex menjadi metode komunikasi jarak jauh yang paling mahal dan dapat diandalkan.

Layanan otomatis Teleks Kanada secara luas diperkenalkan oleh Perusahaan Telegraf Nasional Kanada dan Telegraf Kanada Pasifik pada bulan Juli 1957 (dua perusahaan, yang dioperasikan oleh saingan Kereta Api Nasional Kanada dan Kereta Api Kanada Pasifik, akan bergabung untuk membentuk Telekomunikasi Nasional Kanada-Kanada Pasifik pada tahun 1967). Layanan ini melengkapi layanan Teleks yang internasional yang diberlakukan pada bulan November 1956. Pelanggan Teleks Kanada bisa terhubung dengan sembilan belas negara-negara Eropa selain delapan belas Amerika Latin, Afrika, dan negara-negara trans-Pasifik.[1] Bursa utama terletak di Montreal (01), Toronto (02), dan Winnipeg (03).[2]

Pada tahun 1958, Western Union mulai membangun jaringan Teleks di Amerika Serikat.[3] Jaringan Teleks ini dimulai sebagai sebuah pertukaran satelit yang berlokasi di New York City dan diperluas ke jaringan nasional. Sebelumnya, Western Union memilih Siemens dan Halske AG,[4] sekarang Siemens AG dan ITT [5] untuk memasok peralatan pertukaran, menetapkan jaringan melalui sistem gelombang mikro nasional Western Union dan menyewakan jaringan untuk fasilitas lokasi pelanggan dari perusahaan telepon lokal. Pada awalnya, peralatan teleprinter disediakan oleh Siemens AG & Halske[6] dan kemudian oleh Teletype Corporation.[7] Layanan internasional Telex langsung ditawarkan oleh Western Union, melalui WU Internasional, pada musim panas tahun 1960 dengan layanan terbatas ke London dan Paris.[8]

Pada tahun 1962, bursa utama terletak di New York City (1), Chicago (2), San Francisco (3), Kansas City (4) dan Atlanta (5).[9] Jaringan Teleks yang diperluas dengan menambahkan kota pusat jaringan di Los Angeles (6), Dallas (7), Philadelphia (8) dan Boston (9) dimulai pada tahun 1966.

Pola nomor Teleks, biasanya nomor berdigit enam di Amerika Serikat, didasarkan pada mata uang asing utama dimana mesin Teleks pelanggan dihentikan.[10] Misalnya, semua pelanggan Telex yang dihentikan di bursa New York diberikan nomor Telex yang dimulai dengan digit pertama "1". Selanjutnya, semua pelanggan Chicago punya nomor Teleks yang dimulai dengan digit pertama dari "2". Penomoran ini dipertahankan oleh Western Union sebagai jaringan Teleks bertumbuh dan berkembang ke kota-kota kecil di Amerika Serikat. Jaringan Telex Western Union dibangun pada tiga tingkat dari bursa.[11] Tingkat tertinggi terdiri dari sembilan kota bursa yang telah disebutkan sebelumnya. Masing-masing kota memiliki kemampuan ganda mengakhiri garis Teleks baik pelanggan dan sambungan pengaturan tempat barang ke beberapa jaringan Teleks jauh. Tingkat kedua dari pertukaran, yang terletak di kota-kota besar seperti Buffalo, Cleveland, Miami, Newark, Pittsburgh dan Seattle, sama dengan tingkat tertinggi pertukaran dalam kemampuan mengakhiri garis pelanggan Teleks dan mengatur koneksi tempat barang. Namun, pertukaran tingkat kedua memiliki kapasitas pelanggan garis yang lebih kecil dan hanya memiliki sirkuit bagasi ke kota-kota daerah. Tingkat ketiga dari pertukaran, yang terletak di kota-kota kecil menengah, bisa mengakhiri garis pelanggan Teleks.

Sinyal loop ditawarkan dalam dua konfigurasi yang berbeda untuk Telex Western Union di Amerika Serikat. Pilihan pertama, kadang-kadang disebut jasa lokal atau simpal, menyediakan 60 milliampere sirkuit loop dari jaringan ke teleprinter pelanggan. Pilihan kedua, kadang-kadang disebut jarak jauh atau kutub digunakan bila sambungan 60 milliampere tidak dapat dicapai, disediakan sebuah rangkaian kutub tanah menggunakan 35 milliampere pada kabel mengirim dan menerima secara terpisah. Pada tahun 1970-an, dan di bawah tekanan dari perusahaan yang beroperasi Bell ingin untuk memodernisasi pabrik kabel mereka dan mengurangi kebisingan sirkuit yang berdekatan mana sirkuit ini kadang-kadang disebabkan Teleks, Western Union memindahkan pelanggan ke pilihan ketiga yang disebut F1F2 yang menggantikan tegangan DC dari jarak jauh dan lokal dengan modem dan pelanggan ujung rangkaian Teleks. Western Union menawarkan koneksi dari sistem teleks ke AT & T pada Mei 1966 melalui Pusat Komputer Pelayanan Informasi New York.[12] Koneksi ini terbatas pada mesin-mesin Twx yang dilengkapi dengan kemampuan jawab kembali otomatis per standar CCITT.

Teleks bertumbuh sangat cepat di seluruh dunia. Jauh sebelum telepon otomatis yang tersedia, sebagian besar negara, bahkan di pusat Afrika dan Asia, setidaknya memiliki beberapa link teleks frekuensi tinggi ( gelombang pendek ). Seringkali sambungan radio yang pertama kali didirikan oleh pelayanan pemerintah pos dan telegraf (PTTs). Kebanyakan PTTs dioperasikan saluran non-stop telex-on-radio (TOR) mereka, untuk mendapatkan nilai maksimum dari mereka.

Biaya peralatan TOR terus menurun. Meskipun pada awalnya peralatan khusus diperlukan, banyak operator radio amatir sekarang mengoperasikan TOR dengan perangkat lunak khusus dan perangkat keras murah untuk mengadaptasikan kartu suara komputer untuk-gelombang radio pendek. [13]

Operasi dan aplikasi[sunting | sunting sumber]

Pesan Teleks diarahkan dengan menyapa mereka ke alamat Telex, misalnya, "17464 SONY S", dimana 17464 adalah nomor pelanggan, SONY adalah singkatan untuk nama pelanggan dan S adalah kode negara Swedia. Ada juga solusi untuk rute pesan otomatis ke terminal Teleks berbeda dalam sebuah organisasi pelanggan, dengan menggunakan identitas terminal yang berbeda, misalnya, "+ T148".

Keuntungan utama dari Teleks adalah bahwa diterimanya pesan oleh penerima dapat dikonfirmasi dengan tingkat kepastian yang tinggi oleh panggilan kembali. Pada awal pesan, pengirim akan mengirimkan kode WRU (Who aRe yoU) (Siapa kau), dan mesin penerima secara otomatis akan memulai sebuah respon yang biasanya dikodekan dalam drum berputar dengan penjepit, sama seperti kotak musik. Posisi penjepit mengirim kode identifikasi yang jelas untuk pengirim, sehingga pengirim dapat memverifikasi sambungan ke penerima yang benar. Kode WRU juga akan dikirim pada akhir pesan, sehingga respon yang benar akan mengkonfirmasi bahwa sambungan tetap tak terputus selama transmisi pesan. Ini memberikan keuntungan besar Teleks atas bentuk komunikasi kurang diverifikasi seperti telepon dan faks.

Metode operasinya adalah bahwa pesan akan disiapkan secara off-line, menggunakan pita kertas. Semua mesin Teleks biasa dimasukkan pukulan pita kertas 5-lubang dan pembaca. Setelah pita kertas telah disiapkan, pesan bisa ditransmisikan dalam waktu minimum. Tagihan Teleks selalu terhubung dengan durasi, sehingga meminimalkan hubungan waktu. Namun, itu juga memungkinkan untuk terhubung dalam real time, dimana pengirim dan penerima bisa mengetik di keyboard dan karakter ini akan segera dicetak pada mesin jauh. Teleks juga bisa digunakan sebagai pembawa informasi yang belum sempurna tapi secara fungsional dari satu sistem IT ke yang lain, yang berlaku pada Pertukaran data elektronik. Sistem pengiriman IT akan membuat output (misalnya, sebuah daftar inventaris) pada pita kertas menggunakan format disepakati bersama. Rekaman akan dikirim melalui Teleks dan dikumpulkan pada pita kertas yang sesuai dengan penerima dan rekaman ini kemudian bisa dibaca ke sistem penerima IT.

Salah satu penggunaan sirkuit Teleks, dalam kegunaannya sampai widescale adoption x.400 dan email Internet, adalah untuk memfasilitasi sistem penanganan pesan, memungkinkan sistem email lokal untuk bertukar pesan dengan email lain dan sistem teleks melalui operasi rute pusat, atau penukaran. Salah satu penukaran terbesar dioperasikan oleh Royal Shell Belanda tahun 1994, yang memungkinkan pertukaran pesan antara sejumlah Officevision IBM, Digital Equipment Corporation All-In-One dan sistem Microsoft Mail. Selain memungkinkan email untuk dikirim ke alamat Telex, konvensi pengkodean formal diadopsi dalam komposisi pesan Teleks otomatis diaktifkan rute Teleks ke penerima email.

Teleptypewriter EXchange[sunting | sunting sumber]

Teleptypewriter EXchange (Twx) dikembangkan oleh Sistem Bell di Amerika Serikat dan awalnya bekerja 45,45 baud atau 60 kata per menit, menggunakan lima tingkat kode Baudot. Bell kemudian mengembangkan generasi kedua Twx disebut "empat baris" yang bekerja pada 110 baud, menggunakan delapan tingkat kode ASCII. Sistem Bell ditawarkan baik "3-baris" Baudot dan "4-baris" ASCII Twx layanan sampai dengan akhir tahun 1970-an.

Twx menggunakan jaringan telepon umum. Selain memisahkan Kode Area (510, 610, 710 dan 810) untuk layanan Twx, garis Twx juga didirikan dengan Kelas khusus layanan untuk mencegah koneksi ke dan dari POTS ke Twx dan sebaliknya. Kode / konversi kecepatan antara " 3-baris" Baudot dan layanan ASCII Twx "4-baris" telah dicapai dengan menggunakan Bell khusus "10A / papan B" melalui operator langsung. Seorang pelanggan Twx akan menempatkan panggilan kepada operator / papan 10A B untuk Baudot – panggilan ASCII, ASCII - panggilan Baudot dan juga Panggilan konferensi Twx. Kode/konversi kecepatan dilakukan oleh unit Electric Barat yang menyediakan kemampuan ini. Ada beberapa kode / unit konversi kecepatan pada setiap posisi operator.

Western Union membeli sistem Twx dari AT & T pada Januari 1969.[14] Sistem Twx dan kode area khusus (510, 610, 710 dan 810) dan terus meningkat hingga 1981 ketika Western Union selesai konversi ke sistem Western Union Telex II. Setiap tersisa "3-baris" Baudot pelanggan dikonversi ke layanan Western Union Telex selama periode tahun 1979 sampai 1981. Modem untuk layanan ini adalah Bell 101 Dataset, yang merupakan nenek moyang langsung dari modem Bell 103 yang diluncurkan komputer time-sharing.

International Record Carriers[sunting | sunting sumber]

Perjanjian persetujuan asli Bell terbatas untuk telepon dial internasional. Perusahaan Telegraf Western Union telah menyerah operasi telegraf internasional dalam tawaran pada tahun 1939 untuk memonopoli telegrafi AS dengan mengambil alih PTT bisnis ITT. Hasilnya adalah penekanan pada Telex di Amerika Serikat dan perusahaan-perusahaan telegrafi. Komisi Komunikasi Federal menyebut perusahaan-perusahaan sebagai "International Record Carriers" (IRCs).

Perusahaan Telegraf Western Union mengembangkan anak perusahaan bernama Sistem Kabel Western Union. Perusahaan ini kemudian menjadi sebagai Western Union International (Wui) ketika melalui Western Union sebagai perusahaan independen. Wui dibeli oleh MCI Communications (MCI) pada tahun 1983 dan dioperasikan sebagai anak perusahaan MCI Internasional. Divisi ITT's "World Communication" (kemudian dikenal sebagai ITT “World Communications”) disatukan dari beberapa perusahaan-perusahaan kecil: "Federal Telegraph", "All American Cables and Radio", "Globe Wireless", dan pembagian pengangkut umum Mackay Kelautan. ITT World Communications dibeli oleh Western Union pada tahun 1987. RCA Communications (kemudian dikenal sebagai RCA Global Communications) memiliki spesialisasi dalam koneksi radiotelegrafik global. Pada tahun 1986 itu dibeli oleh MCI International.

Kematian[sunting | sunting sumber]

Teleks masih beroperasi, namun telah banyak digantikan oleh fax, email, dan SWIFT.

I-Teleks[sunting | sunting sumber]

I-Teleks yaitu aplikasi mengirim dan atau menerima pesan secara aman dan handal menggunakan infrastruktur aplikasi I-Xchange. I-Teleks diposisikan sebagai pengembangan (enhancement) layanan Teleks dengan target market korporasi. I-Teleks dikembangkan oleh PT Telekomunikasi Indonesia (Telkom) dan meluncurkan fasilitas teleks berbasis Internet I-Teleks pada akhir Maret 2003 untuk menggantikan teknologi lama yang menggunakan sistem analog.[15] POP Jaringan Teleks dengan Jaringan I-Xchange untuk layanan I-Teleks terletak pada Gateway I-Teleks.

I-Teleks berfungsi untuk pertukaran dokumen/pesan menggunakan teknologi TCP/IP sebagai pengganti layanan Teleks. Pengiriman pesan menggunakan I-Teleks lebih aman dibanding dengan Teleks karena dilengkapi dengan sistem pengamanan password untuk beberapa hal yaitu pertama, akses ke komputer / terminal I-Teleks, untuk penandatanganan secara digital (digital signature) setiap akan masuk pertama kali ke aplikasi dan setiap akan mengirim pesan, pembukaan penyandian (decrypt) pesan yang diterima, akses ke dial up akses internet (VPN Dial). Kedua, otentikasi pengirim pesan dijamin oleh lembaga / badan penyedia layanan CA (Certificate Authority) dengan menggunakan tanda tangan digital (digital signature). Ketiga, pesan terkirim dalam kondisi/keadaan tersandi sehingga tidak dapat dimengerti oleh pihak yang tidak berwenang tanpa menggunakan pasangan kunci penyandian (private key) milik penerima pesan.

Catatan kaki dan Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ C. J. Colombo, "Telex in Canada", Western Union Technical Review, Januari 1958: 21
  2. ^ Phillip R. Easterlin, "Telex in New York", Western Union Technical Review, April 1959: 47 figure 4
  3. ^ Phillip R. Easterlin, "Telex in New York", Western Union Technical Review, April 1959: 45
  4. ^ Phillip R. Easterlin, "Telex in Private Wire Systems", Western Union Technical Review, October 1960: 131
  5. ^ James S. Chin and Jan J. Gomerman, CSR4 Exchange, Western Union Technical Review, July 1966: 142–149
  6. ^ Fred W. Smith, "European Teleprinters", Western Union Technical Review, October 1960: 172–174
  7. ^ Fred W. Smith, "A New Line of Light-duty Teleprinters and ASR Sets", Western Union Technical Review, January 1964: 18–31
  8. ^ T.J. O’Sullivan, "TW 56 Concentrator", Western Union Technical Review, July 1963: 111–112
  9. ^ Phillip R. Easterlin, "Telex in the U.S.A.", Western Union Technical Review, January 1962: 2–15
  10. ^ Kenneth M. Jockers, "Planning Western Union Telex", Western Union Technical Review, July 1966: 92–95
  11. ^ Kenneth M. Jockers, "Planning Western Union Telex", Western Union Technical Review, July 1966: 94 figure 2
  12. ^ Sergio Wernikoff, "Information Services Computer Center", Western Union Technical Review, July 1966: 130
  13. ^ DXzone.com
  14. ^ "WU to Buy AT&T TWX". Western Union News Volume II (4). January 15, 1969. 
  15. ^ http://cybertech.cbn.net.id/cbprtl/cybertech/detail.aspx?x=TechInfo&y=cybertech%7C0%7C0%7C2%7C2422

Pranala Luar[sunting | sunting sumber]