Telekomunikasi optik

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
US Navy 020623-N-5329L-007 Signalman 2nd Class Eric Palmer signals the U.S. Navy mine hunter coastal ship USS Raven (MHC 61.jpg

Komunikasi optik, juga dikenal sebagai telekomunikasi optik, adalah sebuah komunikasi pada jarak jauh menggunakan cahaya untuk membawa informasi. Hal ini dapat dilakukan secara visual atau dengan menggunakan perangkat elektronik. Bentuk dasar paling awal dari komunikasi optik kembali beberapa ribu tahun, sedangkan perangkat listrik paling awal diciptakan untuk melakukannya adalah photophone, diciptakan pada tahun 1880.

Sebuah sistem komunikasi optik menggunakan pemancar, yang mengkode pesan menjadi sinyal optik, saluran, yang membawa sinyal ke tujuannya, dan penerima yang mereproduksi pesan dari sinyal optik yang diterima. Ketika peralatan elektronik tidak bekerja dengan 'receiver' adalah seseorang mengamati visual dan menafsirkan sinyal, yang dapat berupa sederhana atau kompleks.

Komunikasi optik ruang angkasa telah dikerahkan di ruang angkasa, sementara bentuk terestrial secara alami dibatasi oleh geografi, cuaca dan ketersediaan cahaya.

Referensi[sunting | sunting sumber]