Telegrafi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Telegrafo.png

Telegrafi adalah pengiriman jarak jauh dari pesan yang ditulis tanpa pengiriman fisik suatu surat. Definisi ini mencakup bentu pengiriman data yang sekarang dipakai seperti faks, email, dan jaringan komputer. Alat untuk telegrafi dahulu disebut telegraf. Kata telegraf sendirian sekarang umumnya mengacu ke telegraf listrik. Telegrafi nirkabel juga dikenal sebagai "CW", untuk gelombang kontinu (pembawa dimodulasi dengan memasukkan nyala-mati), yang bertentangan dengan teknik radio sebelumnya menggunakan spark gap.

Sebuah pesan telegraf dikirim oleh operator telegraf kawat listrik atau menggunakan kode Morse (atau operator telegraf mencetak menggunakan teks biasa) dikenal sebagai telegram. Sebuah telegram adalah pesan yang dikirim oleh kabel telegraf bawah laut, sering disingkat menjadi kabel atau kawat. Kemudian, Telex adalah pesan yang dikirim oleh jaringan Telex, jaringan beralih dari teleprinter serupa dengan jaringan telepon.

Sebelum layanan telepon jarak jauh telah tersedia atau dengan biaya terjangkau, layanan telegram sangat populer dan satu-satunya cara untuk menyampaikan informasi cepat jarak yang sangat panjang. Telegram sering digunakan untuk mengkonfirmasi transaksi bisnis dan umum digunakan untuk membuat dokumen hukum yang mengikat untuk urusan bisnis.

Sebuah gambar kawat atau foto kawat adalah gambar koran yang dikirim dari lokasi terpencil oleh telegraf faksimili. Mesin teleostereograph, pelopor untuk faks elektronik modern, dikembangkan oleh AT & T Bell Labs pada tahun 1920, namun penggunaan komersial pertama perangkat telegraf gambar faksimili adalah pada 1800-an. Ini dibuat oleh Samuel FB Morse (coinventor kode Morse).

Sebuah telegram diplomatik, juga dikenal sebagai kabel diplomatik, adalah istilah yang diberikan kepada komunikasi rahasia antara misi diplomatik dan kementerian luar negeri negara induknya.

Perbaikan Telegrafi[sunting | sunting sumber]

Tujuan berkelanjutan dalam telegrafi adalah untuk mengurangi biaya per pesan dengan mengurangi tangan-kerja, atau meningkatkan tingkat pengiriman. Ada banyak percobaan dengan penunjuk bergerak, dan berbagai pengkodean listrik. Namun, kebanyakan sistem terlalu rumit dan tidak bisa diandalkan. Sebuah upaya yang sukses untuk meningkatkan laju pengiriman adalah pengembangan telegraphese.

Penelitian lain terfokus pada multiplexing dari koneksi telegraf. Dengan melewati beberapa koneksi simultan melalui kawat tembaga yang ada, kapasitas dapat ditingkatkan tanpa peletakan kabel baru, sebuah proses yang tetap sangat mahal. Beberapa teknologi dikembangkan seperti Frequency-division multiplexing. Panjang kabel komunikasi bawah laut menjadi mungkin dalam segmen dengan penguat tabung vakum antara mereka.

Dengan penemuan teletypewriter tersebut, pengkodean telegrafik menjadi sepenuhnya otomatis. Teletypewriter awal menggunakan kode ITA-1 Baudot, kode lima-bit. Ini hanya menghasilkan tiga puluh dua kode, jadi didefinisikan berlebihan menjadi dua "shift," "huruf" dan "tokoh". Kode, pergeseran eksplisit rahasia diawali setiap rangkaian huruf dan angka.

Industri penerbangan tetap salah satu pengguna terakhir teletype dan dalam beberapa situasi masih mengirim pesan melalui jaringan SITA atau AFTN. Misalnya, sistem operasi komputer The British Airways (FICO) pada 2004, masih menggunakan teletype untuk berkomunikasi dengan sistem komputer perusahaan penerbangan lainnya. Hal yang sama berlaku untuk Programmed Airline Reservation System (PARS) dan IPARS yang menggunakan kode teletype enam-bit bergeser, karena hanya memerlukan delapan bit per karakter, menghemat bandwidth dan uang. Pesan teletype sering jauh lebih kecil dibandingkan dengan EDIFACT setara atau pesan XML. Dalam beberapa tahun terakhir maskapai penerbangan memiliki akses ke peningkatan bandwidth di lokasi terpencil, IATA XML standar adalah menggantikan Teletype serta EDI.

Telegraf listrik pertama yang mengembangkan sistem sinyal standar untuk telekomunikasi. "Tanda" negara didefinisikan sebagai keadaan bertenaga kawat. Dengan cara ini, segera terlihat ketika baris itu sendiri gagal. Penunjuk telegraf bergerak, memulai gerak penunjuk dengan sebuah "bit pemulai" yang menarik garis ke keadaan "ruang" yang tidak bertenaga. Dalam mesin Telex awal, "bit pemulai" memicu dijalankan komutator roda oleh motor dengan kecepatan yang tepat (kemudian, elektronika digital). Komutator membagikan bit-bit dari baris ke rangkaian berkelanjutan yang akan "menangkap" bit. Sebuah "bit berhenti" kemudian dikirim pada "negara tanda" bertenaga untuk memastikan bahwa komutator akan punya waktu untuk berhenti, dan siap untuk karakter berikutnya. “Bit berhenti” memicu mekanisme pencetakan. "Bit berhenti" awalnya berlangsung 1,42 kali baud (kemudian diperpanjang hingga dua sebagai tingkat sinyal meningkat), untuk memberikan waktu mekanisme untuk menyelesaikan dan berhenti bergetar. Oleh karena itu sebuah ITA-2 simbol kode Murray mengambil 1 memulai, 5 data, dan 1,42 berhenti (total 7,42) kali baud untuk mengirimkan.

Telex[sunting | sunting sumber]

Pada 1935, pesan rute adalah hambatan besar terakhir pada otomatisasi penuh. Penyedia telegrafi besar mulai mengembangkan sistem yang digunakan panggilan telepon bergantian seperti dapat terhubung teletypes. Mesin ini disebut "Telex" (Telegraph Exchange). Mesin Telex pertama dilakukan pulsa telepon putar-gaya cepat untuk menukar sirkuit, dan kemudian dikirim data dengan kode Baudot. Telex "tipe A" ini merutekan secara fungsional rute pesan otomatis.

Cakupan Telex jaringan-luas pertama dilaksanakan di Jerman selama 1930-an sebagai jaringan yang digunakan untuk berkomunikasi di dalam pemerintah.

Sebesar 45,45 (± 0,5%) baud - dianggap cepat pada saat itu - sampai dengan 25 saluran teleks bisa berbagi saluran telepon jarak jauh tunggal dengan menggunakan suara telegrafi frekuensi multiplexing, membuat Telex, metode paling mahal dari jarak jauh dapat diandalkan komunikasi.

Layanan pertukaran teleprinter lebar otomatis Kanada diperkenalkan oleh CPR Telegraph Company dan CN Telegraph pada bulan Juli 1957 (dua perusahaan, yang dioperasikan oleh saingan Kereta Api Nasional Kanada dan Kanada Pasifik Kereta Api, akan bergabung untuk membentuk CNCP Telekomunikasi pada tahun 1967). Layanan ini melengkapi layanan Telex yang internasional diberlakukan pada bulan November 1956. Nasabah Telex Kanada dapat terhubung dengan sembilan belas negara-negara Eropa selain delapan belas Amerika Latin, Afrika, dan negara trans-Pasifik. Bursa utama yang terletak di Montreal (01), Toronto (02), dan Winnipeg (03).

Pada tahun 1958, Western Union mulai membangun jaringan Telex di Amerika Serikat. Jaringan Telex dimulai sebagai sebuah pertukaran satelit yang berlokasi di New York dan diperluas ke jaringan nasional. Western Union memilih Siemens & Halske AG, sekarang Siemens AG, dan ITT. Untuk memasok peralatan pertukaran, batang-batang tukar ditetapkan melalui sistem microwave Western Union nasional dan pertukaran disewakan untuk fasilitas lokasi pelanggan dari perusahaan telepon lokal . Peralatan teleprinter pada awalnya disediakan oleh Siemens AG & Halske dan kemudian oleh Teletype Corporation. Layanan perdana Telex internasional langsung ditawarkan oleh Western Union,via WU Internasional, pada musim panas tahun 1960 dengan layanan terbatas ke London dan Paris.

Pada tahun 1962, bursa utama sudah terletak di New York City (1), Chicago (2), San Francisco (3), Kansas City (4) dan Atlanta (5). Jaringan Telex diperluas dengan menambahkan kota pertukaran terdahulu terakhir yaitu Los Angeles (6), Dallas (7), Philadelphia (8) dan Boston (9) dimulai pada tahun 1966.

Rencana penomoran Telex, biasanya nomor enam-digit di Amerika Serikat, didasarkan pada mata uang asing utama dimana mesin Telex pelanggan dihentikan. Sebagai contoh, semua pelanggan Telex yang berakhir di bursa New York diberi nomor Telex yang dimulai dengan digit pertama "1". Selanjutnya, semua pelanggan Chicago berdasarkan punya nomor Telex yang dimulai dengan digit pertama dari "2". Rencana penomoran dijaga dengan Western Union sejalan dengan bursa Telex tumbuh dan berkembang ke kota-kota kecil di Amerika Serikat. Jaringan Telex Western Union dibangun pada tiga tingkat pertukaran. Tingkat tertinggi terdiri dari sembilan kota pertukaran yang telah disebutkan sebelumnya. Masing-masing kota memiliki kemampuan ganda mengakhiri kedua saluran pelanggan Telex dan pengaturan sambungan trunk ke beberapa pertukaran Telex jauh. Tingkat kedua dari pertukaran, yang terletak di kota-kota besar seperti Buffalo, Cleveland, Miami, Newark, Pittsburgh dan Seattle, sama dengan tingkat tertinggi pertukaran dalam kemampuan mengakhiri garis pelanggan Telex dan pengaturan koneksi trunk. Namun, pertukaran tingkat kedua memiliki kapasitas pelanggan garis yang lebih kecil dan hanya memiliki sirkuit bagasi ke kota-kota daerah. Tingkat ketiga dari pertukaran, yang terletak di kota-kota kecil menengah, bisa mengakhiri garis pelanggan Telex dan memiliki kelompok batang tunggal berjalan untuk bertukar induknya.

Lompatan sinyal itu ditawarkan dalam dua konfigurasi yang berbeda untuk Telex Western Union di Amerika Serikat. Opsi pertama, kadang-kadang disebut lokal atau layanan lompatan, menyediakan 60 milliampere sirkuit lompatan dari pertukaran ke teleprinter pelanggan. Pilihan kedua, kadang-kadang disebut jarak jauh atau kutub digunakan bila sambungan 60 milliampere tidak dapat dicapai, disediakan sebuah rangkaian kutub tanah kembali menggunakan 35 milliamperes pada kabel mengirim dan menerima terpisah. Pada 1970-an, dan di bawah tekanan dari perusahaan yang beroperasi Bell ingin untuk memodernisasi pabrik kabel mereka dan mengurangi kebisingan sirkuit yang berdekatan bahwa sirkuit ini kadang-kadang disebabkan Telex, Western Union bermigrasi pelanggan ke pilihan ketiga disebut F1F2. Pilihan ini F1F2 menggantikan tegangan DC dari opsi jarak lokal dan panjang dengan modem di ujung pertukaran dan pelanggan dari rangkaian Telex.

Western Union menawarkan koneksi dari Telex ke sistem Teletypewriter eXchange (TWX) AT & T pada Mei 1966 melalui New York Information Services Computer Center. Sambungan ini terbatas pada mesin-mesin TWX yang dilengkapi dengan kemampuan "menjawab kembali" otomatis per standar CCITT.

Pada tahun 1970, Kuba dan Pakistan masih berjalan 45,5 baud Telex tipe A. Telex masih digunakan secara luas dalam birokrasi beberapa negara berkembang, mungkin karena kehandalan dan biaya rendah. PBB menegaskan pada satu waktu, entitas politik yang lebih handal tersedia dengan Telex daripada oleh metode tunggal lainnya.

Sekitar tahun 1960, beberapa negara mulai menggunakan "angka" kode Baudot untuk melakukan rute Telex "Tipe B".

Telex tumbuh di seluruh dunia sangat cepat. Jauh sebelum telepon otomatis yang tersedia, sebagian besar negara, bahkan di Afrika Tengah dan Asia, memiliki setidaknya beberapa tautan Telex frekuensi tinggi (gelombang pendek). Seringkali sambungan radio yang pertama kali didirikan oleh pelayanan pemerintah pos dan telegraf (PTTs). Standar radio yang paling umum, CCITT R.44 mempunyai koreksi-kesalahan mentransmisi time-division multiplexing saluran radio. Kebanyakan PTTs miskin dioperasikan saluran Telex-on-radio (TOR) mereka tanpa berhenti, untuk mendapatkan nilai maksimum dari mereka.

Biaya peralatan TOR telah terus menurun. Meskipun pada awalnya peralatan khusus yang diperlukan, banyak operator radio amatir sekarang beroperasi TOR (juga dikenal sebagai RTTY) dengan perangkat lunak khusus dan perangkat keras murah untuk beradaptasi kartu suara komputer untuk radio gelombang pendek.

"Cablegrams" atau "telegram" modern sebenarnya beroperasi atas berdedikasi jaringan Telex, menggunakan TOR bila diperlukan.

Operasi dan Aplikasi[sunting | sunting sumber]

Telex pesan diarahkan dengan menyapa mereka ke alamat Telex, misalnya, "463126 ERIC S", dimana 463126 adalah nomor pelanggan, ERIC adalah singkatan untuk nama pelanggan (dalam hal ini Telefonaktiebolaget LM Ericsson di Swedia) dan S adalah kode negara. Solusi juga ada untuk rute pesan otomatis ke terminal Telex berbeda dalam sebuah organisasi pelanggan, dengan menggunakan identitas terminal yang berbeda, misalnya, "+ T148".

Keuntungan utama dari Telex adalah bahwa diterimanya pesan oleh penerima dapat dikonfirmasi dengan tingkat kepastian yang tinggi oleh "menjawab kembali". Pada awal pesan, pengirim akan mengirimkan kode WRU (Siapa kau), dan mesin penerima otomatis akan memulai sebuah respon yang biasanya dikodekan dalam drum berputar dengan pasak, seperti kotak musik. Posisi pasak mengirim kode identifikasi yang jelas untuk pengirim, sehingga pengirim dapat memverifikasi sambungan ke penerima yang benar. Kode WRU juga akan dikirim pada akhir pesan, sehingga respon yang benar akan mengkonfirmasi bahwa sambungan telah tetap tak terputus selama transmisi pesan. Hal ini memberikan Telex keuntungan besar atas bentuk diverifikasi kurang komunikasi seperti telepon dan faks.

Metode yang biasa beroperasi adalah bahwa pesan akan disiapkan secara off-line, menggunakan pita kertas. Semua Telex umum mesin dimasukkan pukulan pita kertas 5-lubang dan pembaca. Setelah pita kertas telah disiapkan, pesan bisa ditransmisikan dalam waktu minimum. Penagihan Telex selalu dengan durasi terhubung, sehingga meminimalkan waktu terhubung disimpan uang. Namun, itu juga memungkinkan untuk terhubung dalam "waktu nyata", dimana pengirim dan penerima berdua bisa mengetik di papan ketikdan karakter ini akan segera dicetak pada mesin jauh.

Telex juga bisa digunakan sebagai pembawa informasi yang belum sempurna tapi fungsional dari satu sistem IT yang lain, yang berlaku seperti pendahulu primitif Electronic Data Interchange. Sistem pengiriman IT akan membuat output (misalnya, sebuah daftar inventaris) pada pita kertas menggunakan format disepakati bersama. Rekaman akan dikirim oleh Telex dan dikumpulkan pada pita kertas yang sesuai dengan penerima dan rekaman ini kemudian bisa dibaca ke sistem penerima IT.

Salah satu penggunaan sirkuit Telex, digunakan sampai adopsi widescale dari x.400 dan email internet, adalah untuk memfasilitasi sistem penanganan pesan, memungkinkan sistem email lokal untuk bertukar pesan dengan email lain dan sistem Telex melalui operasi rute pusat, atau penukaran. Salah satu penukaran terbesar tersebut dioperasikan oleh Royal Shell Belanda baru-baru ini tahun 1994, yang memungkinkan pertukaran pesan antara sejumlah Officevision IBM, Digital Equipment Corporation All-In-One dan Microsoft Mail sistem. Selain memungkinkan email untuk dikirim ke alamat Telex, konvensi pengkodean formal diadopsi dalam komposisi pesan Telex otomatis diaktifkan rute teleks ke penerima email.

Teletypewriter eXchange[sunting | sunting sumber]

The Teletypewriter eXchange (TWX) dikembangkan oleh Bell System di Amerika Serikat dan awalnya berlari di 45,45 baud atau 60 kata per menit, menggunakan lima tingkat kode Baudot. Bell kemudian mengembangkan generasi kedua TWX disebut "empat baris" yang berlari pada 110 baud, menggunakan delapan tingkat kode ASCII. Sistem Bell menawarkan baik "3-baris" Baudot dan "4-baris" ASCII TWX melayani sampai dengan akhir 1970-an

TWX menggunakan jaringan telepon umum. Selain memiliki memisahkankode area (510, 610, 710 dan 810) untuk layanan TWX, garis TWX juga didirikan dengan Kelas khusus Layanan untuk mencegah koneksi ke dan dari POTS ke TWX dan sebaliknya.

Kode / kecepatan konversi antara "baris 3-" Baudot dan "4-baris" ASCII TWX layanan telah dicapai dengan menggunakan Bell khusus "10A / papan B" melalui operator hidup. Seorang pelanggan TWX akan menempatkan panggilan kepada operator / papan 10A B untuk Baudot - ASCII panggilan, ASCII - panggilan Baudot dan juga TWX Panggilan konferensi. Kode / konversi kecepatan dilakukan oleh unit elektrik Barat yang menyediakan kemampuan ini. Ada beberapa kode / unit kecepatan konversi pada setiap posisi operator.

Western Union membeli sistem TWX dari AT & T pada Januari 1969. Sistem TWX dan kode area khusus (510, 610, 710 dan 810) dan terus meningkat hingga 1981 ketika Western Union selesai konversi ke sistem Western Union Telex II . Setiap tersisa "3-baris" Baudot pelanggan dikonversi ke layanan Western Union Telex selama periode tahun 1979 sampai 1981.

Modem untuk layanan ini adalah Bell 101 Dataset, yang merupakan nenek moyang langsung dari modem Bell 103 yang diluncurkan komputer time-sharing. “101” yang revolusioner, karena berlari pada saluran langganan telepon biasa bersyarat, yang memungkinkan Sistem Bell untuk menjalankan TWX bersama dengan POTS di jaringan telepon tunggal publik diaktifkan.


  1. Merriam-Webster.com
  2. Sample contract cancellation, itelegram.com website
  3. Salmi, Sita Muq, Communication Technology Development, University of London
  4. "Semaphore,Encyclopædia Britannica"
  5. Nichols, John (1967). The Gentleman's magazine, Volumes 282–283. p. 545. University of California
  6. Hobbs, Allan G. Five-unit codes (1999) accessed 2007-12-20
  7. C. J. Colombo, “Telex in Canada”, Western Union Technical Review, January 1958: 21
  8. Phillip R. Easterlin, “Telex in New York”, Western Union Technical Review, April 1959: 47 figure 4
  9. James S. Chin and Jan J. Gomerman, "CSR4 Exchange", Western Union Technical Review, July 1966: 142–149
  10. Fred W. Smith, "European Teleprinters", Western Union Technical Review, October 1960: 172–174
  11. T.J. O’Sullivan, "TW 56 Concentrator", Western Union Technical Review, July 1963: 111–112
  12. Kenneth M. Jockers, "Planning Western Union Telex", Western Union Technical Review, July 1966: 92–95
  13. DXzone.com
  14. Beechworthonline.com.au
  15. Western Union Telegrams
  16. Telegram Passes Into History
  17. Wark, McKenzie (1997) "The Virtual Republic," Allen & Unwin, St. Leonards
  18. Carey, James (1989) Communication as Culture, Routledge, New York and London, pp. 201–30