Tecumseh

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Tecumseh
Potret Tecumseh dari sekitar tahun 1868
Lahir Maret 1768
Di tepi Sungai Scioto, didekat Chillicothe, Ohio
(lokasi tidak diketahui, lihat Kehidupan Awal)
Meninggal 5 Oktober 1813 (usia 45)
Moravian of the Thames
(yang sekarang Chatham-Kent, Ontario)
Tempat peristirahatan Walpole Island, Kanada
Kewarganegaraan Shawnee
Nama lain Tecumtha, Tekamthi
Dikenal karena

Perang 1812

Orang tua Puckshinwa, Methoataske

Tecumseh (Maret 1768 – 5 Oktober, 1813), alias Tecumtha atau Tekamthi, merupakan pemimpin suku Indian, Shawnee dan dikenal sebagai konfederasi suku besar yang menentang Amerika Serikat selama Pertempuran Tecumseh dan pertempuran yang terjadi pada tahun 1812.

Ia dibesarkan di Ohio selama Perang Revolusi Amerika dan perang di Barat Laut Indian, dimana ia terus menerus terlibat dalam peperangan. [1] Dengan Amerika yang terus melanggar batas wilayah suku Indian setelah Inggris menyerahkan Bukit Ohio ke Amerika Serikat yang baru pada tahun 1783, Shawnee bergerak lebih jauh ke barat laut. Pada tahun 1808, mereka menetap di Prophetstown, yang sekarang adalah Indiana. Dengan visi membangun suku bangsa Amerika asli yang independendi bagian timur Mississippi dibawah perlindungan Inggris, Tecumseh bekerja untuk merekrut suku tambahan untuk konfederasi dari Amerika Serikat bagian selatan.[1] Adiknya Tenskwatawa adalah seorang pemimpin agama yang menganjurkan kembali ke gaya hidup suku leluhur. Pengikutnya besar dan konfederasi tumbuh sekitar ajaran agamanya. Gerakan orang Indian tersebut menyebabkan perselisihan dengan para pemukim di perbatasan. Konfederasi akhirnya pindah jauh ke barat laut dan diselesaikan di Prophetstown, Indiana pada tahun 1808. Tecumseh menentang Gubernur Indian William Henry Harrison untuk menuntut bahwa tanah perjanjian pembelian dapat diganggu gugat. Tecumseh pergi ke Amerika Serikat bagian selatan dalam upaya untuk menyatukan suku-suku asli Amerika dalam konfederasi di seluruh benua Amerika Utara. Dalam perjalanan selama bepergian, Tenskwatawa dikalahkan pada tahun 1811 Pertempuran Tippecanoe.

Selama perang pada tahun 1812, Konfederasi Tecumseh bersekutu dengan Inggris di Kanada dan membantu memenangkan Benteng Detroit. Orang Amerika, dipimpin oleh Harrison, melancarkan serangan dan menyerang Kanada. Mereka membunuh Tecumseh di dalam pertempuran Thames, dimana mereka juga memenangkan peperangan tersebut dari Inggris. Tecumseh kemudian menjadi pahlawan legendaris rakyat. Dia dikenang oleh banyak rakyat diperbatasan Kanada.

Latar Belakang Keluarga[sunting | sunting sumber]

Ayah Tecumseh adalah Puckshinwa (didalam bahasa Shawnee, Puckeshinwau, yang berarti "Mendarat", "Sesuatu yang hinggap" atau "cahaya terbang", juga disebut Puckeshinwa, Pucksinwah, Pukshinwa, Pukeesheno, Pekishinoah, Pooksehnwe dan variasi lainnya), kepala pemimpin kecil Shawnee, Kispoko ("Ekor yang menari" atau "Harimau kumbang") grup dan marga harimau kumbang suku. Menurut beberapa sumber, ayah Puckshinwa adalah Mvskoke (Creek) dan ibunya adalah Shawnee. Mungkin karena ayahnya meninggal ketika ia masih muda, atau karena di antara suku Creek seorang suami tinggal dengan keluarga istrinya, Puckshinwa dianggap seorang Shawnee.[2] Namun menurut John Sugden, "kebenaran tentang leluhur Puckeshinwau tetap menjadi suatu misteri", dan ia melaporkan sebuah kesaksian dalam jangka waktu[3] menyatakan bahwa kepala Kispoko "konon ayahnya adalah seorang yang berkebangsaan Inggris (kemungkinan seorang pedagang)".[4]

Ibu Tecumseh adalah Methotaske (didalam bahasa Shawnee, Methoataaskee, yang berarti "[seseorang] yang meletakkan sebutir telur diatas tanah" atau "Seekor kura-kura yang meletakkan telur diatas pasir", juga dikenal sebagai Methoataske, Meetheetashe, Methotase dan Methoatase), istri kedua Puckshinwa. Ia konon merupakan seorang Shawnee melalui ayahnya dan ibunya, kemungkinan adalah Pekowi dan klan Turtle. Beberapa tradisi menganggap bahwa ia adalah Creek, karena ia telah tinggal di antara suku tersebut sebelum menikah; beberapa menganggap bahwa ia adalah Cherokee, yang meninggal pada usia tua di antara suku tersebut; yang lain berpendapat bahwa ia adalah tawanan suku putih, karena sebuah cerita keluarga yang mengklaim bahwa Puckshinwa telah menikah dengan seorang tawanan putih.[2] Leluhur Tecumseh dari pihak ibunya, Straight Tail Meaurroway Opessa, adalah kepala suku yang terkenal dari Pekowi dan klan Turtle.

Silsilah Shawnee dicatat dari pihak ayahnya yang membuat Tecumseh anggota Kispoko.

Pada saat orangtua Tecumseh menikah, suku mereka tinggal di suatu tempat didekat yang sekarang Tuscaloosa, Alabama. Suku itu pernah tinggal diwilayah tersebut bersama suku Creek sejak diusir dari rumah mereka di lembah Sungai Ohio oleh Iroquois (yang berbasis di New York dan Pennsylvania) Pertempuran Beaver pada abad ke-17.[5]

Pada sekitar tahun 1759, Pekowi memutuskan untuk pindah ke barat Kadipaten Ohio. Tidak ingin memaksa istrinya untuk memilih antara dirinya dan keluarganya, Puckshinwa memutuskan untuk pergi ke utara bersamanya. Pekowi menemukan sebuah wilayah untuk menetap, Chillicothe dimana Tecumseh dilahirkan. Pada sekitar tahun 1760, Puckshinwa ambil bagian di dalam Perang Perancis dan Indian.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Catatan

  1. ^ a b Allen, Robert S (2009). "Tecumseh". The Canadian Encyclopedia > Biography > Native Political Leaders. Historica-Dominion. Diakses 2009-10-03. 
  2. ^ a b "shawnee-traditions.com - The Family of Tecumseh & Tenskwatawa". Noel Schutz. Diakses November 14, 2011. 
  3. ^ In particular by Anthony Shane, a mixed-blood who spent most of his life in Shawnee towns, and by his wife Lameteshe, one of Tecumseh's kindred.
  4. ^ Sugden, p. 15
  5. ^ Sugden, p. 13–14

Bibliografi[sunting | sunting sumber]

Bacaan Selanjutnya[sunting | sunting sumber]

  • Dowd, Gregory Evans. A Spirited Resistance: The North American Indian Struggle for Unity, 1745-1815. Baltimore: Johns Hopkins University Press, 1992. ISBN 0-80184-236-0
  • Drake, Benjamin. Life of Tecumseh and of His Brother the Prophet; With a Historical Sketch of the Shawanoe Indians. (Mount Vernon: Rose Press, 2008).
  • Eckert, Allan. A Sorrow in Our Hearts: The Life of Tecumseh. New York: Bantam Books, 1992. ISBN 0-55356-174-X
  • Edmunds, R. David (1983). "Tecumseh, The Shawnee Prophet, and American History: A Reassessment". The Western Historical Quarterly 14 (3): 261–76. doi:10.2307/969620. JSTOR 969620. 
  • Edmunds, R. David. Tecumseh and the Quest for Indian Leadership. Boston: Little Brown, 1984.
  • Gilbert, Bil. God Gave us This Country: Tekamthi and the First American Civil War. New York: Atheneum, 1989.
  • Goltz, Herbert C. W. "Tecumseh" Dictionary of Canadian Biography Online online version
  • Green, James A., "Tecumseh," in Charles F. Horne, ed., Great Men and Famous Women, vol. 2: Soldiers and Sailors, 308. New York: Selmar Hess, 1894.
  • Laxer, James. Tecumseh & Brock : the War of 1812. Toronto: House of Anansi, 2012. ISBN 0-88784-261-5
  • Pirtle, Alfred. (1900). The Battle of Tippecanoe. Louisville: John P. Morton & Co./ Library Reprints. hlm. 158. ISBN 978-0-7222-6509-3.  as read to the Filson Club.
  • Sugden, John. Tecumseh's Last Stand (1986) ISBN 0-80611-944-6 highly detailed study of 1813 operations
  • Valencius, Conevery Bolton. The Lost History of the New Madrid Earthquakes. The University of Chicago Press, 2013. ISBN 978-0-2260-5389-9. Chapter 3, "Earthquakes on Native Ground"

Sumber Utama[sunting | sunting sumber]

  • Klinck, Carl F. ed. Tecumseh: Fact and Fiction in Early Records (Prentice Hall, 1961),

Historiografi[sunting | sunting sumber]

Pranala Luar[sunting | sunting sumber]