Teamlo

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Teamlo
LahirSolo, Indonesia
Karier musik
GenreKomedi musikal
Tahun aktif1997-sekarang
AnggotaWawan Bakwan
Bobby Messakh
Dondot Kembung
Avis Sukaesih
Bakriyadi Arifin
Mantan anggotaKudil
Riedhan Fajarsyah
Pangsit Anjasmara
Benjovi
Aan
Ade Dora[1][2]
Ago Jimmy

Teamlo atau Team-lo (singkatan dari Tim Humor Solo) adalah grup band asal Solo yang menggabungkan musik dan lawak. Nama grup ini adalah plesetan dari timlo, makanan khas kota Solo. Personel dari band ini antara lain Wawan Bakwan (nama asli: Hermawan Yulianto, vokal), Pangsit Anjasmara (Abdul Basyid, vokal), Benjovi (Giarto, vokal), Bobby Messakh (Muh. Ardhi Wibowo, gitar), Dondot Kembung (Eri Tribudiarto, bass), dan Avis Sukaesih (Ibnu Sina, drum). Band ini dibentuk pada 28 agustus 1997, personel dari band ini merupakan gabungan mahasiswa Universitas Sebelas Maret dan Universitas Muhammadiyah Surakarta. Formasi awal dari band ini ialah Wawan (vokal), Bobby (gitar), Aan (drum) dan Dondot (bass). Pada tahun 1998, posisi Aan digantikan oleh Avis. Berawal dari pentas di panggung-panggung kecil seperti sunatan, 17-an, ulang tahun, dan lain-lain, mereka mulai tampil di televisi pada tahun 2000. Nama mereka semakin melambung pada tahun 2003 lewat acara Teamlo Show yang disiarakn di TPI. Kesuksesan dari Teamlo Show dimana pada tahun 2004, mereka menjadi bintang tamu di acara API di stasiun televisi yang sama.[3][4] Namun pada 2009, Ade, Kudil, dan Argo Jimmy bergabung dengan Teamlo untuk mengisi kekosongan vokalis Teamlo setelah ditinggal Pangsit dan Benjo.

Personel[sunting | sunting sumber]

Musik[sunting | sunting sumber]

Sebagai kelompok musik, karya-karya Teamlo termasuk jenis parodi atau plesetan. Sebelumnya ada beberapa grup yang memopulerkan aliran ini seperti Warkop, Pancaran Sinar Petromaks (PSP), OM Pengantar Minum Racun, dan Project Pop. Keahlian mereka dalam memainkan instrumen musik juga banyak mendapat pujian, tidak jarang mereka mempertontonkan solo bass, drum, dan gitar. Bahkan salah satu vokalis mereka, Wawan Bakwan, sempat mencatatkan namanya di MURI karena kemampuannya meniru 23 penyanyi yang berbeda gaya.[5] Selain itu, kepiawaian mereka memainkan bermacam-macam jenis musik seperti dangdut, campursari, pop, rock, blues, sampai lagu daerah juga sudah diakui. Sebagai contoh, lagu 'Ada Apa dengan Cinta' dari Melly Goeslaw mereka plesetkan dengan menyisipkan lagu 'Child in Time'-nya Deep Purple dan 'Camelia'-nya Ebiet G. Ade, serta deklamasi di tengah lagu ala Obbie Messakh. Pada tahun 2006 mereka menelurkan album rekaman pertama mereka 'Cari Perhatian' yang berisi lagu-lagu banyolan[6] dan album keduanya ialah 'Biarin Membesar' dirilis di tahun 2011 dengan lagu andalannya yakni Biarin.

Lawak[sunting | sunting sumber]

Lawakan Teamlo juga bervariasi, karena berlatar belakang mahasiswa, mereka mampu menyajikan lawakan intelektual ala Bagito, sampai lawakan slap-stick ala Srimulat. Mereka masih memakai pola lama, ada satu personel mereka yang dikorbankan. "Penonton senang kalau ada orang jelek dianiaya di atas panggung" kata salah satu personel mereka, Benjovi.[7] Dengan sering tampil di televisi, mereka juga merambah ke parodi sinetron, film, iklan, atau acara TV. Salah satu acara yang pernah diparodikan adalah Dunia Lain.

Acara televisi[sunting | sunting sumber]

Sitkom[sunting | sunting sumber]

  • Tawa Tiwi Teamlo (antv, 2011)

Filmografi[sunting | sunting sumber]

Diskografi[sunting | sunting sumber]

Teamlo vs.[sunting | sunting sumber]

Teamlo
PemeranTeamlo
Ivan Gunawan
Negara asalIndonesia
Jmlh. episode13
Produksi
Durasi120 menit
Rilis asli
JaringanSCTV
Rilis17 Oktober 2009 –
9 Januari 2010

Acara Teamlo vs. menampilkan lawan dengan grup band, seperti Hijau Daun, The Rock Indonesia, Wali, Kangen Band, Five Minutes, Lyla, Ridho Rhoma & Sonet 2 Band, The Changcuters, Kuburan, The Titans, Kotak, Dewa 19, dan Ungu Marvells band. Acara ini ditayangkan hari Sabtu, Pkl. 15.00 WIB di SCTV.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]