Taylor Swift (album Taylor Swift)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Taylor Swift
A female teen with blond hair and blue eyes faces forward from a tilted position. Behind her is what appears to be a body of water and green bushes. Patterns resembling flowers and butterflies are drawn in the left side of the background.
Album studio oleh Taylor Swift
Dirilis 24 Oktober 2006
Direkam Juni–September 2006; The Castles Studios, Dark Horse Recording, Love Shack, Quad Studios-A, Sound Cottage, Sound Emporium[1]
Genre Country, country pop, country rock
Durasi 38:26
Label Big Machine
Produser Scott Borchetta (exec.), Nathan Chapman, Robert Ellis Orrall
Kronologi Taylor Swift
Taylor Swift
(2006)
Sounds of the Season
(2007)
Singel dari album Taylor Swift
  1. "Tim McGraw"
    Dirilis: June 19, 2006
  2. "Teardrops on My Guitar"
    Dirilis: February 19, 2007
  3. "Our Song"
    Dirilis: September 9, 2007
  4. "Picture to Burn"
    Dirilis: February 3, 2008
  5. "Should've Said No"
    Dirilis: May 18, 2008


Taylor Swift adalah album studio debut eponymous oleh penyanyi-penulis lagu country pop Amerika Taylor Swift. Album ini dirilis pada akhir tahun 2006 ketika Swift baru berusia 16 tahun, dengan Big Machine Records. Swift menulis lagu untuk album tersebut selama dia mahasiswa tahunan sekolah tinggi dan telah menulis kredit pada semua lagu album termasuk yang ditulis bersama Liz Rose. Swift bereksperimen untuk merekam album dengan beberapa produser album, akhirnya memilih produsen album demo, Nathan Chapman. Secara musikal, album musik country ini dengan gaya dan lirik, itu berbicara tentang hubungan romantis, Swift menulis dari mengamati hubungan pasangan sebelum berada di salah satu.

Taylor Swift diterima positif oleh para kritikus kontemporer, yang memuji bakat Swift. Album ini menikmati sukses komersial, di Amerika Serikat, naik ke nomor lima di Billboard 200, menduduki puncak Top Country Albums Bagan selama dua puluh empat minggu berturut-turut, dan bersertifikat lima kali platinum oleh Recording Industry Association of America (RIAA). Taylor Swift telah masuk 274 minggu di Billboard Top 200 / Pop Albums chart pada awal 2013, menjadikannya salah satu dari 12 album terpanjang dalam sejarah chart lima puluh tujuh tahun. Album ini juga sangat sukses di Kanada, Australia, dan Inggris.

Lima single yang dirilis dari album, yang semuanya bersertifikat platinum oleh RIAA. "Tim McGraw" dirilis sebagai singel utama dari Taylor Swift; ia menjadi sepuluh besar di Billboard Hot Country Songs. "Teardrops on My Guitar" dirilis sebagai singel kedua dari Taylor Swift, menjadi lagu charting terbaik dari Taylor Swift pada Billboard Hot 100. "Our Song" dirilis sebagai single ketiga dari album dan menjadi lagu pertama Swift nomor satu di Hot Country Songs. "Picture to Burn" dan "Should've Said No" yang dirilis sebagai single tunggal dan kelima keempat dari album, masing-masing, keduanya menjadi sukses di tangga lagu country-genre dalam Amerika Serikat dan memuncak di nomor delapan belas terakhir pada New Zealand Singles Chart. Swift mempromosikan Taylor Swift dengan tampil di beberapa tempat, termasuk pembukaannya untuk Rascal Flatts, George Strait, Brad Paisley, dan Tim McGraw dan Faith Hill.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama liner

Pranala luar[sunting | sunting sumber]