Tatiana Nikolaevna

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Tatiana Nikolaievna
Tatiana Nikolaevna pada 1914
Tatiana Nikolaevna pada 1914
Wangsa Wangsa Holstein-Gottorp-Romanov
Ayah Nikolai II dari Rusia
Ibu Alexandra Feodorovna
Lahir 10 Juni 1897
Petergof, Kekaisaran Rusia
Meninggal 17 Juli 1918 (umur 21)
Yekaterinburg, RSFS Rusia
Agama Ortodoks Timur

Tatiana Nikolaevna Romanova (bahasa Rusia: Татьяна Николаевна Романова), (lahir 10 Juni 1897 – meninggal 17 Juli 1918 pada umur 21 tahun), (setelah 1900, ulang tahun Tatiana dirayakan pada tanggal 11 Juni) adalah putri kedua dari Tsar Nikolai II, penguasa terakhir dari Rusia, dan Tsarina Alexandra. Dia dilahirkan di Istana Peterhof, Saint Petersburg.

Dia memiliki tiga saudara perempuan yaitu Olga, Anastasia dan Maria, ia juga memiliki satu adik laki-laki bernama Tsarevich Alexei dari Rusia. Teman-temannya mengatakan dia lebih cantik daripada adik-adiknya. Dia adalah seorang perawat Palang Merah selama Perang Dunia I. Dia adalah orang yang praktis dan suka membantu ibunya. Agamanya adalah Ortodoks Rusia. Dia dapat berbicara bahasa Rusia, Inggris dan Perancis dengan lancar.

Tatiana dibunuh oleh Bolshevik pada 17 Juli 1918 bersama dengan seluruh keluarganya dan beberapa pelayan mereka, selama Revolusi Rusia. Kuburan massal mereka ditemukan kemudian di Siberia setelah beberapa spekulasi bahwa salah satu saudara perempuannya, terutama diduga Anastasia, telah melarikan diri. Tatiana dan keluarganya kemudian dimakamkan di Saint Petersburg, Rusia pada 17 Juli 1998. Mereka lalu dikanonisasi dan menjadi santa oleh Gereja Ortodoks Rusia pada tahun 2000.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]