Task Manager (Windows)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Tampilan Task Manager pada Windows 7
Tampilan Task Manager pada Windows 8 Pre Beta Release

Windows Task Manager (TaskMgr) adalah sebuah aplikasi Task Manager disertakan dengan keluarga Microsoft Windows NT dari sistem operasi yang menyediakan informasi rinci tentang kinerja komputer dan menjalankan aplikasi, proses dan penggunaan CPU, melakukan informasi muatan dan memori, aktivitas jaringan dan statistik, log-in pengguna, dan sistem pelayanan. Task Manager juga dapat digunakan untuk menetapkan prioritas proses, afinitas prosesor, secara paksa menghentikan proses, dan mematikan, Aktifkan Ulang, hibernasi atau log off dari Windows. Windows Task Manager diperkenalkan dengan Windows NT 4.0. Versi sebelumnya dari Windows NT termasuk aplikasi Task List, yang memiliki fitur jauh lebih sedikit. Daftar tugas mampu pencatatan proses yang berjalan saat ini dan membunuh mereka, atau membuat proses baru. Pada Windows XP saja, menu Shutdown juga hadir yang memungkinkan akses ke Siaga, Hibernasi (en : Hibernation), Menonaktifkan (en : Shut Down), Aktifkan ulang (en : Restart), Log Off dan Beralih Pengguna (en : Switch User).

Versi sebelumnya dari Microsoft Windows (Windows 3.x, Windows 95, Windows 98) memiliki program yang dikenal sebagai tugas untuk menampilkan program yang sedang berjalan. File ini dilaksanakan dengan menjalankan file taskman.exe dari direktori C:\Windows.

Meluncurkan Task Manager[sunting | sunting sumber]

Task Manager dapat diluncurkan dengan menggunakan salah satu dari empat metode berikut:

  • Menggunakan menu konteks pada taskbar dan memilih "Task Manager" (untuk WinXP / Vista) atau "Start Task Manager" (untuk Windows 7).
  • Menggunakan kombinasi tombol Ctrl + Shift + Esc.
  • Pada Windows NT, Windows 2000, dan Windows XP (hanya dengan Welcome Screen dinonaktifkan), kombinasi tombol Ctrl + Alt + Del membuka dialog Windows Keamanan, atas mana pengguna dapat kemudian klik pada "Task Manager"untuk memulai Task Manager . Pada Windows Vista dan Windows 7, Ctrl + Alt + Del untuk membuka daftar pilihan, salah satunya, Task Manager, membuka Task Manager. Pada Windows XP, Windows Vista dan Windows 7, menekan Ctrl + Shift + Esc langsung meluncurkan Task Manager, seperti halnya Ctrl + Alt + Delete jika Welcome Screen diaktifkan (Windows XP saja).
  • Mulai "taskmgr.exe" dari baris perintah, GUI (terletak di C: \ Windows \ System32 \ taskmgr.exe) atau jalan pintas.
  • Menekan tombol Windows + R dan mengisi kotak teks dengan tulisan "taskmgr.exe" (Berlaku mulai dari seri Windows 2000, Windows NT, Windows Server 2003, Windows XP, Windows Vista, Windows Server 2008, Windows 7, sampai Windows 8
  • Membuka Command Prompt dan menuliskan perintah "taskmgr.exe" (tanpa tanda kutip)

Lembar Properti[sunting | sunting sumber]

Aplikasi[sunting | sunting sumber]

Tab Aplikasi dalam Task Manager menunjukkan daftar program yang sedang berjalan. Satu set aturan menentukan apakah proses yang muncul pada tab ini atau tidak. Kebanyakan aplikasi yang memiliki entri taskbar akan muncul pada tab ini, tapi ini tidak selalu terjadi.

Klik kanan salah satu aplikasi dalam daftar memungkinkan (antara lain) beralih ke aplikasi yang, mengakhiri aplikasi, dan menunjukkan proses pada tab Proses yang terkait dengan aplikasi tersebut.

Memilih untuk Tugas Akhir dari tab Aplikasi menyebabkan permintaan yang akan dikirim ke aplikasi untuk itu untuk mengakhiri. Ini berbeda dengan apa yang terjadi bila Mengakhiri Proses dipilih dari tab Proses.

Proses[sunting | sunting sumber]

Tab Proses menampilkan daftar semua proses yang berjalan pada sistem. Daftar ini mencakup jasa dan proses dari akun lainnya. Sebelum ke Windows XP, nama proses lebih panjang dari 15 karakter panjangnya yang dipotong. Dimulai dengan Windows XP, tombol Hapus juga dapat digunakan untuk menghentikan proses pada tab Proses.

Mengklik kanan sebuah proses dalam daftar memungkinkan mengubah prioritas proses telah, opsi afinitas prosesor (CPU proses pengaturan yang dapat melaksanakan pada), dan memungkinkan proses yang akan berakhir. Memilih Proses Akhir menyebabkan Windows untuk segera membunuh proses. Memilih untuk "End Process Tree" menyebabkan Windows untuk segera membunuh proses, serta semua proses secara langsung atau tidak langsung dimulai oleh proses tersebut. Berbeda dengan memilih Mengakhiri Task dari tab Aplikasi, ketika memilih Proses Akhir program ini tidak diberikan peringatan atau kesempatan untuk membersihkan diri sebelum berakhir. Namun, ketika sebuah proses yang sedang berjalan di bawah konteks keamanan berbeda dengan salah satu proses yang mengeluarkan panggilan untuk Hentikan Proses, penggunaan utilitas baris perintah MEMBUNUH diperlukan.

Secara baku tab proses menunjukkan akun user proses berjalan di bawah, jumlah CPU, dan jumlah memori proses saat ini mengonsumsi. Ada banyak kolom yang dapat ditunjukkan oleh Pilih Kolom (Select Column)... dari menu View.

Performa[sunting | sunting sumber]

Tab menampilkan statistik kinerja keseluruhan tentang kinerja sistem, terutama jumlah keseluruhan penggunaan CPU dan berapa banyak memori yang sedang digunakan. Sebuah grafik penggunaan baru-baru ini untuk kedua nilai-nilai yang ditampilkan. Rincian tentang area tertentu memori juga ditampilkan.

Ada pilihan untuk memecahkan grafik penggunaan CPU menjadi dua bagian; waktu modus kernel dan waktu mode pengguna. Banyak device driver, dan bagian inti dari sistem operasi berjalan dalam mode kernel, sedangkan aplikasi pengguna dijalankan dalam mode pengguna. Pilihan ini dapat diaktifkan dengan memilih kali Tampilkan kernel dari menu View. Bila pilihan ini diaktifkan pada grafik penggunaan CPU akan menampilkan hijau dan area merah. Daerah merah adalah jumlah waktu yang dihabiskan dalam mode kernel, dan daerah hijau menunjukkan jumlah waktu yang dihabiskan dalam mode pengguna.

Jaringan[sunting | sunting sumber]

Tab Networking, diperkenalkan pada Windows XP, menampilkan statistik yang berkaitan dengan masing-masing dari adapter jaringan hadir dalam komputer. Secara baku nama adaptor, persentase pemanfaatan jaringan, kecepatan link dan keadaan adaptor jaringan ditampilkan, bersama dengan grafik aktifitas terbaru. Opsi lainnya dapat ditunjukkan oleh kolom Pilih (Select Columns)... dari menu View.

Pengguna[sunting | sunting sumber]

Tab Pengguna, juga diperkenalkan di Windows XP, menunjukkan semua pengguna yang saat ini memiliki sesi pada komputer. Pada komputer server mungkin ada beberapa pengguna dihubungkan ke komputer menggunakan Terminal Services. Pada Windows XP, ada juga mungkin beberapa pengguna login ke komputer pada satu waktu dengan menggunakan Fast Pengguna Switching fitur. Pengguna dapat terputus atau log off dari tab ini.

Mode Tiny Footprint[sunting | sunting sumber]

Dalam beberapa versi Windows 2000 dan Windows NT 4.0, Task Manager memiliki antarmuka alternatif tanpa pilihan menu atau tab. Ini disebut modus Tiny Footprint. dua kali klik pada setiap ruang kosong selain data atau perubahan menu Task Manager ke mode ini, dua kali klik di perbatasan aktif kembali.

Modus Tiny Footprint menunjukkan data tab dipilih saat Tiny Footprint modus dimasukkan dan tab tidak dapat diubah tanpa meninggalkan modus Tiny Footprint. Tiny modus Footprint tidak menunjukkan grafik penggunaan memori jika tab yang dipilih Performa.

Perubahan di Windows Vista[sunting | sunting sumber]

Windows Task Manager telah diperbarui dalam Windows Vista dengan fitur baru, termasuk:

  • Sebuah "Services" tab untuk melihat dan / atau memodifikasi servis yang sedang berjalan dan mulai dan menghentikan layanan serta mengaktifkan / menonaktifkan UAC dan virtualisasi file registry dari sebuah proses.
  • Baru "Deskripsi" kolom untuk melihat nama lengkap dan path dari suatu proses dan perusahaan DEP dan status virtualisasi.
  • Dengan mengklik kanan pada proses apapun, adalah mungkin untuk langsung membuka Properties dari proses eksekusi atau direktori (folder) yang berisi proses.
  • Task Manager juga telah dibuat kurang rentan terhadap serangan dari sumber jauh atau virus seperti yang harus beroperasi di bawah hak administratif untuk melaksanakan tugas-tugas tertentu, seperti log off terhubung pengguna lain atau mengirim pesan. Pengguna harus masuk ke tab "Processes" dan klik "Tampilkan proses dari pengguna lain" dalam rangka untuk memverifikasi hak administratif dan membuka hak istimewa ini. Menampilkan proses dari semua pengguna mengharuskan semua user termasuk administrator untuk menerima UAC prompt, kecuali UAC dinonaktifkan. Jika pengguna bukan administrator, mereka harus memasukkan password untuk account administrator ketika diminta untuk melanjutkan, kecuali UAC dinonaktifkan, dalam hal ketinggian tidak terjadi.
  • Dengan mengklik kanan pada setiap proses yang berjalan, adalah mungkin untuk membuat tempat sampah. Fitur ini dapat berguna jika aplikasi atau proses tidak menanggapi, sehingga file dump dapat dibuka dalam debugger untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.
  • Menu Shutdown mengandung Standby, Hibernation (Hibernasi), Matikan, Restart (Nyalakan Ulang), Log Off dan Switch User (Berganti pengguna) telah dihapus.
  • Tab Performance menunjukkan uptime sistem.

Masalah keamanan[sunting | sunting sumber]

Task Manager merupakan target umum virus komputer dan bentuk lain dari malware; biasanya malware akan menutup Task Manager secepat itu dimulai, sehingga untuk menyembunyikan diri dari pengguna. Varian dari Zotob dan cacing Spybot telah menggunakan teknik ini, misalnya. Menggunakan Kebijakan Grup, adalah mungkin untuk menonaktifkan Task Manager. Banyak jenis malware juga memungkinkan pengaturan kebijakan ini dalam registri. Rootkit dapat mencegah diri dari mendapatkan tercantum dalam Task Manager, sehingga mencegah deteksi dan penghentian menggunakannya.

Terminologi[sunting | sunting sumber]

Aplikasi tab[sunting | sunting sumber]

  • Task manager mendefinisikan aplikasi atau Tugas sebagai jendela yang dimiliki oleh sebuah thread tertentu. Tidak semua jendela ditampilkan dalam tampilan ini. Sebagai contoh, dialog modal (jendela yang tidak ada thread terpisah) tidak muncul. Inilah sebabnya mengapa banyak dialog dan pesan kesalahan tidak ditampilkan. Tugas Istilah yang digunakan pada kolom pertama dapat membingungkan, karena tidak ada konsep yang melekat Tugas pada Windows Operating System, kecuali yang dikonfigurasi dalam Penjadwal Tugas untuk berjalan secara periodik.
  • Kolom Status menunjukkan status dari benang yang memiliki jendela, dalam hal pengolahan jendela pesan. Ketika status aplikasi muncul sebagai Menjalankan ini menunjukkan bahwa benang responsif terhadap pesan windows. Ketika status muncul sebagai Tidak Menanggapi itu berarti bahwa benang tidak, pada saat ini, responsif terhadap pesan windowing. Ini bisa menunggu (kadang-kadang disebut sebagai "diblokir") untuk acara lain seperti I / O permintaan, atau mengeksekusi kode menghitung-terikat.

Proses tab[sunting | sunting sumber]

  • Kolom Penggunaan Memori (Mem Usage) pada tab Processes sebenarnya mengatur proses kerja. Proses ini memiliki kontrol langsung sedikit atau tidak lebih mengatur kerja, yang mengubah kolom ini berguna untuk menentukan berapa banyak memori suatu proses mengonsumsi.
  • Ukuran kolom VM (tidak ditampilkan secara default) tidak jumlah memori virtual yang digunakan oleh proses; itu sebenarnya byte pribadi proses '.
  • Kolom CPU dihitung dengan memotong konsumsi CPU untuk bisa masuk dalam mode dua digit, yang dapat tidak akurat. Sebuah proses yang memakan 0,9% dari CPU akan dilaporkan sebagai 00 dalam Task Manager.
  • Sistem Idle Proses adalah proses pertama yang dibuat ketika Windows dimuat, dan selalu memiliki ID proses 0. Ada satu thread di Sistem Idle Proses untuk setiap CPU dalam sistem. Ketika CPU tidak memiliki pekerjaan lain untuk melakukan, scheduler Windows memilih thread yang sesuai idle CPU untuk eksekusi. Pada saat CPU akumulasi dari proses ini sehingga menunjukkan waktu total CPU yang belum digunakan. Dalam versi awal dari Windows NT adalah benang idle idle loop pendek yang terutama terdiri dari sebuah instruksi "berhenti"; di kemudian versi Windows, benang-benang idle memanggil metode yang lebih canggih dari manajemen power CPU.

Tata letak dapat dikonfigurasi oleh pengguna dengan memilih "View" lalu "Select Column ..." dari menu. Sampai tiga puluh kolom yang berbeda (tergantung pada versi Windows) dapat dipilih untuk menampilkan berbagai termasuk memori dan I / O dan pilihan jumlah menangani dan benang yang digunakan.

Kinerja tab[sunting | sunting sumber]

  • Menyela dan waktu DPC ditampilkan pada grafik CPU, yang dapat menyebabkan situasi membingungkan di mana tab Performance menunjukkan penggunaan CPU yang signifikan, sedangkan tab Processes menunjukkan sistem benar-benar menganggur.
  • Sebelum ke Windows Vista, grafik kedua bernama PF Usage dan Page File Usage History, padahal sebenarnya itu merupakan Komit Mengisi dan Komit Sejarah Charge.
  • Memory Manager Windows mengoptimalkan memori fisik untuk mencapai kinerja terbaik dengan menerapkan mekanisme memori bersama. File dipetakan seperti DLL yang digunakan oleh beberapa proses instantiated satu kali pun di memori fisik, dan kemudian dibagi di semua proses pengarah. Seperti pemakaian memori dicatat secara individual untuk setiap proses, total dari semua set proses kerja umumnya akan lebih besar dari total memori yang sebenarnya sedang digunakan.

Tasks Manager di bawah Windows 9x[sunting | sunting sumber]

Sebuah kotak dialog Tutup Program muncul ketika Ctrl + Alt + Del ditekan pada Windows 9x. Juga, pada Windows 9x, ada sebuah program yang disebut Tugas (TASKMAN.EXE) yang terletak di direktori Windows. TASKMAN.EXE adalah dasar dan memiliki fitur yang lebih sedikit. Utilitas System Monitor pada Windows 9x berisi proses dan fungsi jaringan monitoring mirip dengan Windows Task Manager. (Juga, Tugas program ini disebut dengan mengklik dua kali pada desktop jika proses Explorer bawah.)