Lucius Tarquinius Superbus

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Lucius Tarquinius Superbus

Lucius Tarquinius Superbus (tidak diketahui - 496 SM) adalah Raja ketujuh Roma, yang memerintah dari tahun 535 SM sampai terjadi pemberontakan pada tahun 509 SM yang mengarah pada pembentukan Republik Romawi. Dia lebih dikenal dengan nama Tarquinius Superbus dan merupakan bagian dari Dinasti Etruska. Dikatakan bahwa Superbus menjadi raja setelah membunuh raja sebelumnya, Servius Tullius.

Ayah Superbus, Lucius Tarquinius Priscus, adalah Raja kelima Roma yang memerintah dari tahun 616 SM sampai 579 SM. Kakeknya adalah Demaratus dari Korintus. Priscus berasal dari kota Tarquinii. Tidak puas dengan kehidupan di kota asalnya, Priscus pindah ke Roma bersama istrinya Tanaquil.

Menurut beberapa sumber, Superbus memerintah kerajaan dengan kejam. Dia lebih menyukai peperangan dan sering mencaplok kerajaan di sekitarnya. Pada tahun 509 SM, putranya memperkosa Lucretia, seorang wanita bangsawan, sehingga menimbulkan kemarahan rakyat. Pemberontakan yang terjadi kemudian berhasil menggulingkan kekuasaanya dan dia diasingkan dari Roma.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Gelar kebangsawanan
Didahului oleh:
Servius Tullius
Raja Roma
535–509
Diteruskan oleh:
Office abolished