Tari Remo

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Para penari Tari Remo

Tari Remo adalah salah satu tarian untuk penyambutan tamu yang ditampilkan baik oleh satu atau lebih, Remo berasal dari kata Reyoge Cak Mo. Tarian ini berasal dari Jombang, Provinsi Jawa Timur.

Asal usul[sunting | sunting sumber]

Tari Remo menggunakan properti Jathilan Ponorogo

Tari Remo berasal dari Kabupaten Jombang, Jawa Timur. Tarian ini diciptakan oleh seniman Jombang yang dikenal dengan Cak Mo yang pernah menjadi Gemblak dari sebuah Grup Reog di Ponorogo. karena kemarau yang panjang membuat cak Mo mencari pemasukan dari sumber lainnya, bermodalkan keahlian menari, cak mo dengan pakaian ala Jathilan tanpa anyaman bambu berkeliling dari desa ke desa menarikan tarian diiringi musik sepasang kenong yang ditabuh Istrinya.[1][2]

Cak Mo mengadopsi gerakan Jathilan, warok dan Tayub serta menyanyikan kidung tembang, parikan sehingga disukai penonton, kemudian cak Mo beserta Istri diundang ke Surabaya untuk bergabung tim kesenian Ludruk sebagai pembuka. karena tariannnya mirip yang ada pada Reog Ponorogo, maka orang-orang lebih mengenal dengan tarian Reyoge Cak Mo disingkat Remo.[1][pranala nonaktif permanen]

Menurut sejarahnya, Tari Remo merupakan tari yang khusus dibawakan oleh penari laki – laki. Ini berkaitan dengan lakon yang dibawakan dalam tarian ini. Pertunjukan Tari Remo umumnya menampilkan kisah pangeran yang berjuang dalam sebuah medan pertempuran. Sehingga sisi kemaskulinan penari sangat dibutuhkan dalam menampilkan tarian ini.

Berdasarkan perkembangan sejarah Tari Remo, dulunya Tari Remo merupakan seni tari yang digunakan sebagai pembuka dalam pertunjukan ludruk. Namun seiring berjalannya waktu, fungsi dari Tari Remo pun mulai beralih dari pembuka pertunjukan ludruk, menjadi tarian penyambutan tamu, khususnya tamu – tamu kenegaraan. Selain itu Tari Remo juga sering ditampilkan dalam festival kesenian daerah sebagai upaya untuk melestarikan budaya Jawa Timur. Oleh karena itulah kini tari remo tidak hanya dibawakan oleh penari pria, tetapi juga oleh penari wanita. Sehingga kini muncul jenis tari remo putri. Dalam pertunjukan Tari Remo putri, umumnya para penari akan memakai kostum tari yang berbeda dengan kostum tari remo asli yang dibawakan oleh penari pria.

Cak MO[sunting | sunting sumber]

Menurut penjelasan tentang asal usul tari remong menyebut nama cal Mo. Cak Mo lah pencipta tari remo. Cak Mo merupakan seorang seniman jalanan yang semula merupakan salah satu gemblak ( pendamping Warok)di sebuah grup Reog Ponorogo. Karena Reog Ponorogo sepi penampilan, maka cak Mo berkeliling mengamen. Diiringi musik kenong Cak Mo menari. Gerak yang disampaikan mengadopsi gerak-gerak jathilan, tayub dan menyampaikan nyanyian atau kidungan tembang. Perpaduan gerak itulah kemudian menjadi ciri khascak Mo atau disebut remo.[3]


Tari Remo
Tari Remo
Jenistari tradisional
Dimulaitidak diketahui secara jelas
Berakhirsamapi sekarang
FrekuensiSeriap kali megamen
LokasiDesa Ceweng di Kecamatan Diwek
Tahun aktifsampai sekarang
Acara pertamatidak diketahui secara jelas
Terakhir diadakansampai sekarang
Acara sebelumnyasejak namen keliling dan disukai masarakat
Acara berikutnyaSenakin berkembang
PesertaCak Mo
Hadirinsering
Badan pelindungDinas Kebudayaan Jawa Timur
TokohMasyarakat Jawa Timur
AnggotaPenari

Tata Gerak[sunting | sunting sumber]

Karakteristika yang paling utama dari Tari Remo adalah gerakan kaki yang rancak dan dinamis. Gerakan ini didukung dengan adanya lonceng-lonceng yang dipasang di pergelangan kaki. Lonceng ini berbunyi saat penari melangkah atau menghentak di panggung. Selain itu, karakteristika yang lain yakni gerakan selendang atau sampur, gerakan anggukan dan gelengan kepala, ekspresi wajah, dan kuda-kuda penari membuat tarian ini semakin atraktif.

Tata Busana[sunting | sunting sumber]

Busana dari penari Remo ada berbagai macam gaya, di antaranya: Gaya Sawunggaling, Surabayan, Malangan, dan Jombangan yang sama-sama mengenakan pakaian dasar Jathilan Reog Ponorogo tanpa anyaman kuda kepang. Selain itu terdapat pula busana yang khas dipakai bagi Tari Remo gaya perempuan.

Busana gaya Surabayan[sunting | sunting sumber]

Terdiri atas ikat kepala merah, baju tanpa kancing yang berwarna hitam dengan gaya kerajaan pada abad ke-18, celana sebatas pertengahan betis yang dikait dengan jarum emas, sarung batik Pesisiran yang menjuntai hingga ke lutut, setagen yang diikat di pinggang, serta keris menyelip di belakang. Penari memakai dua selendang, yang mana satu dipakai di pinggang dan yang lain disematkan di bahu, dengan masing-masing tangan penari memegang masing-masing ujung selendang. Selain itu, terdapat pula gelang kaki berupa kumpulan lonceng yang dilingkarkan di pergelangan kaki.

Busana Gaya Sawunggaling[sunting | sunting sumber]

Pada dasarnya busana yang dipakai sama dengan gaya Surabayan, tetapi yang membedakan yakni penggunaan kaus putih berlengan panjang sebagai ganti dari baju hitam kerajaan.

Busana Gaya Malangan[sunting | sunting sumber]

Busana gaya Malangan pada dasarnya juga sama dengan busana gaya Surabayan, tetapi yang membedakan yakni pada celananya yang panjang hingga menyentuh mata kaki serta tidak disemat dengan jarum.

Busana Gaya Jombangan[sunting | sunting sumber]

Busana gaya Jombangan pada dasarnya sama dengan gaya Sawunggaling, tetapi perbedaannya adalah penari tidak menggunakan kaus tetapi menggunakan rompi.

Busana Remo Putri[sunting | sunting sumber]

Remo Putri mempunyai busana yang berbeda dengan gaya remo yang asli. Penari memakai sanggul, memakai mekak hitam untuk menutup bagian dada, memakai rapak untuk menutup bagian pinggang sampai ke lutut, serta hanya menggunakan satu selendang saja yang disemat di bahu bahu.

Pengiring[sunting | sunting sumber]

Musik yang mengiringi Tari Remo ini adalah gamelan, yang biasanya terdiri atas bonang barung/babok, bonang penerus, saron, gambang, gender, slentem siter, seruling, kethuk, kenong, kempul, dan gong. Adapun jenis irama yang sering dibawakan untuk mengiringi Tari Remo adalah Jula-Juli dan Tropongan, tetapi dapat pula berupa gending Walangkekek, Gedok Rancak, Krucilan atau gending-gending kreasi baru. Dalam pertunjukan ludruk, penari biasanya menyelakan sebuah lagu di tengah-tengah tariannya.

Tema & Jenis[sunting | sunting sumber]

Tema dari Tari Remo adalah tema kepahlawanan dan jenis dari Tari Remo adalah tari laki laki gagah.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Kudet, Zone. "Tari Remo Budaya Tradisi Tempat Bersejarah". Kudet Zone. [pranala nonaktif permanen]
  2. ^ Buku Cerita rakyat Jawa Timur, Bagian Tari Remo oleh ikranegara
  3. ^ Ullumudin, Ihya (10-10-2022). "Asal Usul Tari Remo, Drama Perjalanan Hidup Seniman Jalanan Asal Jombang Cak Mo". InewsJatim. Diakses tanggal 12-22-24.