Tarekat Khalwatiyah

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Bangunan bekas Halveti Tekke di Berat, Albania
Interior türbe Syekh Shaban-i Veli di Kastamonu, Turki

Tarekat Khalwati (juga dikenal sebagai Khalwatiyah, Khalwatiya, atau Halveti, seperti yang dikenal di Turki) adalah sebuah tarekat sufi. Bersama dengan tarekat Naqsyabandiyah, Qadiriyah, dan Syadziliyah, ini adalah salah satu tarekat sufi yang paling terkenal. Perintah tersebut mengambil namanya dari kata Arab khalwa, yang berarti "metode penarikan atau isolasi dari dunia untuk tujuan mistik."[1]

Tarekat ini didirikan oleh Umar al-Khalwati di kota Herat di Khorasan abad pertengahan (sekarang terletak di Afganistan barat). Namun, murid Umar, Yahya Shirvani, yang mendirikan “Jalan Khalwati”.[2] Yahya Shirvani menulis Wird al-Sattar, sebuah teks renungan yang dibaca oleh anggota hampir semua cabang Khalwatiyah.[3]

Tarekat Khalwatiyah dikenal dengan pelatihan ritual ketat para darwisnya dan penekanannya pada individualisme.[3] Secara khusus, tarekat ini mempromosikan asketisme individu (zuhd) dan retret (khalwa), membedakan diri mereka dari ordo lain pada saat itu.[3] Tarekat tersebut diasosiasikan sebagai salah satu mazhab sumber dari banyak tarekat sufi lainnya.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Keddie, Nikki R. (1972). Scholars, Saints, and Sufis. Los Angeles: University of California Press. hlm. 401. 
  2. ^ De Jong, Frederick (2000). Sufi Orders in Ottoman and Post- Ottoman Egypt and the Middle East. Istanbul: Isis Press. hlm. 274. ISBN 975-428-178-5. 
  3. ^ a b c Trimingham, J. Spencer (1998). The Sufi Orders in Islam. New York: Oxford University Press. hlm. 333. ISBN 0-19-512058-2. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]