Tanggulangin, Sidoarjo

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Tanggulangin
Negara Indonesia
ProvinsiJawa Timur
KabupatenSidoarjo
Pemerintahan
 • CamatSabino Mariano
Populasi
 • Total90,684 jiwa (2.006) jiwa
Kode pos
61272
Kode Kemendagri35.15.06
Kode BPS3515060
Desa/kelurahan19
Situs webhttps://tanggulangin.sidoarjokab.go.id/

Tanggulangin merupakan sebuah kecamatan di Kabupaten Sidoarjo, Provinsi Jawa Timur, Indonesia.

Tanggulangin berada di wilayah selatan Kabupaten Sidoarjo. Letaknya berada di sekitar 9 kilometer dari pusat kota Kabupaten Sidoarjo. Di wilayah barat berbatasan dengan Kecamatan Tulangan, di wilayah selatan berbatasan dengan Kecamatan Porong, di wilayah utara berbatasan dengan Kecamatan Candi, dan di wilayah timur berbatasan dengan Kecamatan Candi dan Porong.

Prasarana[sunting | sunting sumber]

Tanggulangin memiliki sebuah stasiun kereta api yang berada di area Kedunganten, Kalitengah. Lokasinya berada di sebelah barat jalan raya utama yang menghubungkan antara Kotamadya Surabaya dan Kecamatan Porong. Salah satu perlintasan kereta api terbentang dari barat ke timur menyebrangi jalan raya utama Surabaya-Porong sepanjang kurang lebih 100 meter.

Lumpur Panas Lapindo[sunting | sunting sumber]

Tanggulangin menjadi salah satu kecamatan yang terkena dampak dari lumpur panas Lapindo. Wilayah yang paling terdampak dan telah ditenggelamkan oleh lumpur panas tersebut adalah Desa Kedungbendo. Tuntutan ganti rugi dari para warga yang telah mengungsi dari desa tersebut telah disetujui oleh Menteri Sosial Bachtiar Chamsyah pada tanggal 2 Mei 2007.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]