Tang He

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Tang He adalah teman masa kecil Xu Da dan Zhu Yuanzhang (Kaisar Hongwu). Tang He juga merupakan salah satu jenderal pelopor berdirinya Dinasti Ming.

Karier[sunting | sunting sumber]

Tang He bergabung dengan "Serban Merah" bersamaan dengan Xu Da pada tahun 1353 dibawah komando Guo Zixing. Kariernya menanjak sejak dipimpim Zhu Yuanzhang, akan tetapi pada saat Dinasti Ming berdiri, Tang He tidak begitu populer karena wewenangnya dibatasi Hongwu. Tang He mengetahui isi hati Hongwu, maka dari itu dia tidak menuntut banyak haknya seperti yang dilakukan oleh Jenderal pelopor lain seperti Lan Yu. Bahkan Tang He pernah menasehati Xu Da mengenai kemewahan yang diberikan oleh Hongwu mempunyai maksud terselubung didalamnya.

Kehidupan Hari Tua[sunting | sunting sumber]

Tang He pensiun dini dan kembali ke kampung halaman. Dari semua Jenderal dan Pejabat lama yang ikut membantu mendirikan Dinasti Ming, hanya Tang He sendiri yang dapat menikmati hari tua sampai beranak cucu. Semua pejabat lama yang lain dihukum mati oleh Hongwu karena dituduh korupsi / memberontak atau dianggap menjadi ancaman tahtanya, termasuk teman baiknya Xu Da.