Taman Nasional Goa Carlsbad

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Koordinat: 32°10′31″LU,104°26′38″BB

Taman Nasional Goa Carlsbad
Carlsbad Interior Formations.jpg
Situs Warisan Dunia UNESCO
Negara  Amerika Serikat
Tipe Natural
Kriteria vii, viii
Nomor identifikasi 721
Kawasan UNESCO Eropa dan Amerika utara
Tahun pengukuhan 1995 (sesi ke-18)

Taman Nasional Goa Carlsbad adalah Taman Nasional Amerika Serikat yang berlokasi di bawah Pegunungan Guadalupe yang terletak di sudut tenggara New Mexico, Amerika Serikat dengan kota terdekat di Carlsbad, New Mexico. Labirin alami yang terletak di bawah tanah ini memiliki areal ±189.26 km². Memiliki 76 goa yang terpisah, dan banyak wilayah sekeliling yang belum dijelajahi.

Goa Carlsbad memiliki tiga tingkat ke bawah, rata-rata 750,9 kaki (230.27 m) dam 1.320 kaki (400 m) di bawah permukaan tanah. Kawasan terdalam terdapat di kedalaman 1.565 kaki (480 m) di bawah permukaan.

Taman Nasional ini diterima sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 1995.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Eksplorasi ekstensif pertama yang diadakan di Goa Carlsbad dilakukan oleh Jim White sekitar tahun 1910. Ia pula menjelajahi banyak ruangan dan memberikan nama-nama termasuk Big Room, New Mexico Room, King's Palace, Queen's Chamber, Papoose Room, dan Green Lake Room. Goa Carlsbad menjadi Monumen Nasional Amerika Serikat pada tahun 1923 dan dirancang kembali sebagai taman nasional pada tahun 1930. Jim White adalah penjaga pertama Goa Carlsbad.

Nama Kota Carlsbad dan kemudian Taman Nasional Goa Carlsbad seharusnya mengambil nama dari Karlovy Vary (Carlsbad), Republik Ceko, yang dalam Bahasa Jerman berarti Charles' Baths.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]