Tal

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Tal (탈) adalah jenis topeng yang berasal dari Korea. Topeng di Korea sudah digunakan sejak zaman prasejarah. Topeng Korea dikenal juga dengan nama gamyeon, gwangdae, chorani, talbak dan talbagaji. Tal biasanya dikenakan dalam pementasan tari topeng (talchum) yang memainkan berbagai karakter orang, hewan atau hantu.

Topeng Korea dapat dikategorikan menjadi topeng religius dan topeng artistik yang dibuat dari bahan kayu, kertas dan kulit. Topeng religius adalah jenis topeng yang dikeramatkan dalam kuil-kuil Shamanisme dan dipakai dalam ritual gut. Topeng religius lainnya, yakni topeng Bangsangsi digunakan pada saat ritual pemakaman untuk mengusir arwah jahat. Topeng artistik digunakan dalam pementasan talchum. Salah satu jenis topeng yang terkenal adalah topeng Hahoe yang digunakan dalam pementasan Hahoe Byeolsing-gut talnori (Tari Topeng Hahoe) di Andong.[1]

Warna-warna yang umum topeng Korea adalah merah, hitam dan putih untuk menampilkan karakter tokoh yang dimainkan. Selain itu warna juga menandakan jenis kelamin dan usia karakter. Topeng karakter orang tua berwarna hitam, orang muda berwarna merah dan wanita muda berwarna putih. Sebagian besar topeng Korea merupakan karakter wajah manusia namun ada topeng yang menggambarkan wajah dewa-dewa dan binatang.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Lim, Jae-hae (Summer 2004). "Yangban Mask". Koreana 1.