Takur tulung-tumpuk

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
?Takur tulung-tumpuk
Megalaima javensis baluran AM.jpg
Status konservasi
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Aves
Ordo: Piciformes
Famili: Ramphastidae
Genus: Megalaima
Spesies: M. javensis
Nama binomial
Megalaima javensis
(Horsfield, 1821)

Takur tulung-tumpuk (Megalaima javensis) adalah spesies burung dari keluarga Ramphastidae. Takur Tulung-tumpuk adalah burung endemik dari Indonesia.

Habitat dari Takur tulung-tumpuk berada di hutan dataran rendah dengan iklin tropis dan wilayah montane dengan iklim tropis. Ancaman terbesar dari burung ini adalah kehilangan habitat.

Deskripsi[sunting | sunting sumber]

Tubuh berukuran agak besar (26 cm). Berwarna-warni. Bulu dewasa biasanya hijau polos. Mahkota kuning. Bintik kuning dibawah mata. Tenggorokan merah. Bercak merah pada sisi dada. Kerah hitam lebar melewati dada atas dan sisi kepala sampai mata. Setrip hitam yang kedua melewati mata. Iris coklat, paruh hitam, kaki-hijau zaitun suram. Makanan burung ini adalah buah-buahan, Ficus, serangga. Sedangkan sarang berupa lubang pada pohon. Telur berwarna putih, jumlah 2 butir. Berkembangbiak pada bulan April, Mei, Desember.

Persebaran[sunting | sunting sumber]

Hutan dataran rendah dan pegunungan di Jawa dan Bali . Tempat lebih terang dan terbuka. Tersebar sampai ketinggian 1.500 m dpl. Penyebaran lokal terdapat di hutan primer, kawasan Gunung Ungaran serta Taman Nasional Baluran.

Referensi[sunting | sunting sumber]