Taksi air

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Taksi air di Kotabaru, Kalsel
Taksi air di Auckland
Taksi air yang beroperasi di Boston

Taksi air atau bus air adalah taksi yang beroperasi di perairan perkotaan maupun pedesaan untuk melayani angkutan dari satu tempat ke tempat lain yang berada di tepian sungai, danau atau laut.

Seperti halnya di jalan ada taksi, di perairan juga ada taksi air yang bisa digunakan sesuai dengan permintaan pelanggan. Di Indonesia, taksi air tradisional berkembang dengan pesat di kota-kota yang dialiri oleh sungai-sungai besar seperti Banjarmasin, Kotabaru, Palembang, Palangkaraya, Samarinda dan kota-kota lainnya. Taksi air ini dikenal juga sebagai getek.

Taksi air berkembang dengan sangat baik di kota-kota besar dunia yang dikelilingi oleh air seperti di kota Venesia dengan gondolanya, yaitu perahu yang bisa disewa untuk ke suatu tujuan atau berwisata. Di samping itu masih ada taksi air bermesin, contohnya di New York khususnya di Sungai Hudson, kota Sydney dan berbagai kota-kota lainnya.

Bentuk kapal taksi air[sunting | sunting sumber]

Bentuk kapal taksi air bervariasi menurut daerahnya ada dalam bentuk speedboat, kapal klotok, getek bahkan perahu yang didayung seperti di Venetia yang disebut Gondola. Kapal biasanya mempergunakan mesin tempel, jet air ataupun mesin umum yang dilengkapi dengan as propeler.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]