Tabuhan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Tabuhan
Vespa

Oriental hornet (Vespa orientalis)
Taksonomi
KerajaanAnimalia
FilumArthropoda
KelasInsecta
OrdoHymenoptera
FamiliVespidae
GenusVespa
Linnaeus, 1758
Species
See text

Tabuhan (serangga dalam genus Vespa ) adalah tawon eusosial terbesar, dan penampilannya mirip dengan kerabat dekat tawon jaket kuning . Beberapa spesies dapat mencapai hingga 55 cm (21,7 in) panjangnya. Mereka dibedakan dari tawon vespine lainnya dengan tepian atas kepala yang relatif besar. Di seluruh dunia, ada 22 spesies tabuhan yang dikenali.[2] [3] Sebagian besar spesies hanya terdapat di daerah tropis Asia, meskipun tabuhan Eropa ( V. crabro ) tersebar luas di seluruh Eropa, Rusia, Amerika Utara, dan Asia timur laut.

Seperti tawon sosial lainnya, tabuhan membangun sarang komunal dengan mengunyah kayu hingga menjadi bubur kertas. Setiap sarang memiliki satu ratu, yang bertelur dan dihadiri oleh pekerja yang, meskipun secara genetik perempuan, tidak dapat bertelur secara subur. Sebagian besar spesies membuat sarang terbuka di pepohonan dan semak belukar, namun beberapa (seperti Vespa orientalis ) membangun sarangnya di bawah tanah atau di rongga lainnya. Di daerah tropis, sarang ini dapat bertahan sepanjang tahun, namun di daerah beriklim sedang, sarang tersebut mati selama musim dingin, dan ratu yang sendirian berhibernasi di serasah daun atau bahan isolasi lainnya hingga musim semi. Lebah jantan jinak dan tidak memiliki alat penyengat yang besar.

Tabuhan sering kali dianggap sebagai hama karena mereka secara agresif menjaga lokasi sarangnya ketika terancam dan sengatannya bisa lebih berbahaya dibandingkan lebah .[4]

Distribusi[sunting | sunting sumber]

Tabuhan banyak ditemukan di belahan bumi utara. Tabuhan Eropa ( V. crabro ) adalah spesies paling terkenal, tersebar luas di Eropa (tetapi tidak pernah ditemukan di utara paralel ke-63 ), dan Rusia Eropa (kecuali di wilayah paling utara). Di timur, wilayah sebaran spesies ini membentang di Pegunungan Ural hingga Siberia bagian barat (ditemukan di sekitar Khanty-Mansiysk ). Di Asia, lebah Eropa ditemukan di Siberia bagian selatan, serta di Tiongkok bagian timur. Lebah Eropa secara tidak sengaja diperkenalkan ke Amerika Utara bagian timur sekitar pertengahan abad ke-19 dan telah hidup di sana pada garis lintang yang sama dengan di Eropa. Namun, belum pernah ditemukan di Amerika Utara bagian barat.

Tabuhan raksasa Asia ( V. mandarinia ) hidup di Primorsky Krai, Khabarovsky Krai (bagian selatan), dan wilayah Oblast Otonom Yahudi di Rusia, serta Tiongkok, Korea, Taiwan, Kamboja, Laos, Vietnam, Indochina, India, Nepal, Sri Lanka, dan Thailand, namun paling sering ditemukan di pegunungan Jepang, di mana mereka umumnya dikenal sebagai lebah pipit raksasa.

Tabuhan Oriental ( V. orientalis ) hidup di daerah semikering dan subtropis di Asia Tengah ( Azerbaijan, Armenia, Dagestan di Rusia, Iran, Afganistan, Oman, Pakistan, Bangladesh, Turkmenistan, Uzbekistan, Tajikistan, Kyrghyzstan, Kazakhstan selatan), dan lebah selatan Eropa ( Italia, Malta, Albania, Rumania, Turki, Yunani, Bulgaria, Siprus ).[5]

Tabuhan Asia ( V. velutina ) telah diintroduksi ke Perancis, Spanyol, Portugal, Italia, dan Inggris.

Penyengat[sunting | sunting sumber]

Penyengat tabuhan Eropa di bawah mikroskop optik

Tabuhan mempunyai alat penyengat yang digunakan untuk membunuh mangsanya dan mempertahankan sarangnya. Sengatan tabuhan lebih menyakitkan bagi manusia dibandingkan sengatan tawon pada umumnya karena racun lebah mengandung asetilkolin dalam jumlah besar (5%).[6] [7] Satu individu tabuhan dapat menyengat berkali-kali. Berbeda dengan lebah madu, tabuhan tidak mati setelah disengat karena alat penyengatnya berduri sangat halus (hanya terlihat pada pembesaran tinggi) dan dapat dengan mudah dicabut, sehingga tidak tercabut dari tubuhnya saat melepaskan diri.

Toksisitas sengatan tabuhan bervariasi menurut spesies; beberapa hanya menimbulkan sengatan serangga biasa, sementara yang lain termasuk serangga paling berbisa yang diketahui. [8] Sengatan tabuhan tunggal tidak berakibat fatal, kecuali terkadang bagi korban alergi. [8] Sengatan berulang kali oleh tabuhan (selain V. crabro ) bisa berakibat fatal karena komponen racunnya yang sangat beracun dan spesifik untuk spesies tertentu.[9]

Sengatan tabuhan raksasa Asia ( V. mandarinia ) termasuk yang paling berbisa, [10] dan diperkirakan menyebabkan 30-50 kematian manusia setiap tahunnya di Jepang. Antara Juli dan September 2013, sengatan tabuhan menyebabkan kematian 42 orang di Tiongkok. [11] Racun tabuhan raksasa Asia dapat menyebabkan reaksi alergi dan kegagalan banyak organ yang menyebabkan kematian, meskipun dialisis dapat digunakan untuk menghilangkan racun dari aliran darah. Seperti halnya tawon lainnya, kematian karena satu sengatan pada kulit hanya terjadi jika ada alergi, dan akibat serius akibat sengatan tabuhan raksasa Asia di Tiongkok dan Jepang hanya tercatat dengan banyak sengatan atau syok anafilaksis karena alergi yang sudah ada. [11]

Orang yang alergi terhadap racun tawon mungkin juga alergi terhadap sengatan tabuhan. Reaksi alergi biasanya diobati dengan suntikan epinefrin (adrenalin) menggunakan alat seperti autoinjektor epinefrin, dengan perawatan lanjutan yang cepat di rumah sakit. Dalam kasus yang parah, penderita alergi dapat mengalami syok anafilaksis dan meninggal jika tidak segera diobati.[12] Secara umum sengatan vespa memicu pelepasan histamin akibat berbagai mastoparan yang dikandungnya. Namun V. orientalis mastoparan merupakan pengecualian yang menarik karena tidak menyebabkan peningkatan histamin pada jaringan korban – karena tidak menyebabkan degranulasi sel mast – dan tidak bersifat imunogenik .

Feromon serangan[sunting | sunting sumber]

Jika seekor tabuhan terbunuh di dekat sarangnya, ia mungkin akan melepaskan feromon yang dapat menyebabkan lebah lainnya menyerang. Bahan yang bersentuhan dengan feromon ini, seperti pakaian, kulit, dan mangsa mati atau lebah, juga dapat memicu serangan, begitu pula perasa makanan tertentu, seperti perasa pisang dan apel, serta wewangian yang mengandung alkohol C 5 dan C 10 ester . [13]

Lingkaran kehidupan[sunting | sunting sumber]

Struktur sarang yang baru jadi

Pada tabuhan eropa, sarangnya didirikan pada musim semi oleh betina yang telah dibuahi yang dikenal sebagai ratu. Dia biasanya memilih tempat terlindung seperti batang pohon yang gelap dan berlubang. Dia pertama kali membangun serangkaian sel (hingga 50) dari kulit pohon yang dikunyah. Sel-sel tersebut tersusun dalam lapisan horizontal yang disebut sisir, setiap sel berbentuk vertikal dan tertutup di bagian atas. Telur kemudian diletakkan di setiap sel. Setelah 5–8 hari, telur menetas. Selama dua minggu berikutnya, larva berkembang melalui lima tahap perkembangan. Selama waktu ini, ratu memberinya makanan serangga yang kaya protein. Kemudian, larva memutar penutup sutra di atas bukaan sel, dan selama dua minggu berikutnya, berubah menjadi dewasa, suatu proses yang disebut metamorfosis . Tabuhan dewasa kemudian memakan topi sutranya. Para pekerja generasi pertama ini, yang selalu perempuan, sekarang secara bertahap melakukan semua tugas yang sebelumnya dilakukan oleh ratu ( mencari makan, membuat sarang, merawat induk, dll.) kecuali bertelur, yang tetap eksklusif untuk ratu. .

Seiring bertambahnya ukuran koloni, sarang baru ditambahkan, dan selubung dibuat di sekeliling lapisan sel hingga sarang tertutup seluruhnya, kecuali lubang masuk. Untuk dapat membangun sel dalam kegelapan total, mereka rupanya menggunakan gravitasi untuk membantunya. [ diperlukan klarifikasi ] </link> Pada puncak populasinya, yang terjadi pada akhir musim panas, koloni tersebut dapat mencapai 700 pekerja.

Pada saat ini, ratu mulai menghasilkan individu reproduktif pertama. Telur yang dibuahi berkembang menjadi betina (disebut “ gynes ” oleh ahli entomologi), dan telur yang tidak dibuahi berkembang menjadi jantan (kadang disebut “drone” seperti halnya drone lebah madu ). Jantan dewasa tidak ikut serta dalam pemeliharaan sarang, mencari makan, atau merawat larva. Pada awal hingga pertengahan musim gugur, mereka meninggalkan sarang dan kawin selama " penerbangan pernikahan ".

Spesies beriklim sedang lainnya (misalnya tabuhan kuning, V. simillima, atau tabuhan Oriental, V. orientalis ) memiliki siklus serupa. Dalam kasus spesies tropis (misalnya, V. tropica ), riwayat hidup mungkin berbeda, dan pada spesies dengan sebaran tropis dan beriklim sedang (seperti tabuhan raksasa Asia, V. mandarinia ), siklusnya kemungkinan besar bergantung pada garis lintang.

Pola makan[sunting | sunting sumber]

Tabuhan dewasa dan kerabatnya (misalnya yellowjackets ) memakan nektar dan makanan nabati yang kaya gula. Oleh karena itu, mereka sering ditemukan memakan getah pohon pasang, buah-buahan manis yang membusuk, madu, dan bahan makanan yang mengandung gula. Tabuhaj sering kali terbang ke kebun untuk memakan buah yang terlalu matang, dan cenderung menggerogoti buah hingga benar-benar terbenam di dalam daging buahnya. Seseorang yang secara tidak sengaja memetik buah yang sedang dimakan lebah dapat terserang serangga gganggu tersebut.

Serangga dewasa juga menyerang berbagai serangga, yang mereka bunuh dengan sengatan dan rahang. Karena ukuran dan kekuatan racunnya, tabuhan mampu membunuh serangga besar seperti lebah madu, belalang daun, belalang padi, dan belalang kerik tanpa kesulitan. Korbannya dikunyah sepenuhnya dan kemudian diumpankan ke larva yang berkembang di sarang, bukan dikonsumsi oleh lebah dewasa.[butuh rujukan][ kutipan diperlukan ] Mengingat beberapa mangsanya dianggap hama, lebah mungkin dianggap bermanfaat dalam keadaan tertentu.

Larva tabuhan menghasilkan cairan manis yang mengandung gula dan asam amino yang dikonsumsi oleh pekerja dan ratu.[14]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ James M. Carpenter; Jun-ichi Kojima (1997). "Checklist of the species in the subfamily Vespinae (Insecta: Hymenoptera: Vespidae)" (PDF). Natural History Bulletin of Ibaraki University. 1: 51–92. 
  2. ^ Archer, M.E. (2012). Penney, D., ed. Vespine wasps of the world: behaviour, ecology and taxonomy of the Vespinae. Monograph Series. 4. Siri Scientific. ISBN 9780956779571. OCLC 827754341. 
  3. ^ A.H. Smith-Pardo, J.M. Carpenter, L. Kimsey (2020) The diversity of hornets in the genus Vespa (Hymenoptera: Vespidae; Vespinae), their importance and interceptions in the United States.
  4. ^ Vetter, Richard S.; Visscher, P. Kirk; Camazine, Scott (1999). "Mass Envenomations by Honey Bees and Wasps". Western Journal of Medicine. 170 (4): 223–227. PMC 1305553alt=Dapat diakses gratis. PMID 10344177. 
  5. ^ Dieter Kosmeier. "Vespa orientalis, Oriental Hornet". vespa-crabro.de. 
  6. ^ K. D. Bhoola; J. D. Calle; M. Schachter (1961). "Identification of acetylcholine, 5-hydroxytryptamine, histamine, and a new kinin in hornet venom (V. crabro)". J. Physiol. 159 (1): 167–182. doi:10.1113/jphysiol.1961.sp006799. PMC 1359584alt=Dapat diakses gratis. PMID 13868844. 
  7. ^ Conniff, R. (June 2003). "Stung – How tiny little insects get us to do exactly as they wish". Discover. 
  8. ^ a b J.O. Schmidt; S. Yamane; M. Matsuura; C.K. Starr (1986). "Hornet venoms: lethalities and lethal capacities". Toxicon. 24 (9): 950–4. doi:10.1016/0041-0101(86)90096-6. PMID 3810666. 
  9. ^ P. Barss (1989). "Renal failure and death after multiple stings in Papua New Guinea. Ecology, prevention and management of attacks by vespid wasps". Med J Aust. 151 (11–12): 659–63. doi:10.5694/j.1326-5377.1989.tb139643.x. PMID 2593913. 
  10. ^ J.O. Schmidt; S. Yamane; M. Matsuura; C.K. Starr (1986). "Hornet venoms: lethalities and lethal capacities". Toxicon. 24 (9): 950–4. doi:10.1016/0041-0101(86)90096-6. PMID 3810666. 
  11. ^ a b Park, Madison; Zhang, Dayu; Landau, Elizabeth (October 3, 2013). "Deadly giant hornets kill 42 people in China". CNN. Diarsipkan dari versi asli tanggal October 4, 2013. 
  12. ^ "Insect bites and stings: MedlinePlus Medical Encyclopedia". 
  13. ^ "Volatile fragrance chemicals may attract unwanted attention from hornets and bees". 
  14. ^ Wheeler, W.M. (1922) Social Life Among the Insects.