TWA Penerbangan 800

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
TWA Penerbangan 800
Ringkasan Peristiwa
Tanggal 17 Juli 1996
Jenis Ledakan di tengah penerbangan (diperdebatkan)
Lokasi Samudera Atlantik dekat Pulau Long
Penumpang 212
Awak 18
Korban tewas 230
Selamat 0
Jenis pesawat Boeing 747-131
Operator Trans World Airlines
Nomor ekor N93119

TWA Penerbangan 800 adalah sebuah pesawat Boeing 747 yang jatuh di Samudera Atlantik dekat Pulau Long pada 17 Juli 1996. Kecelakaan ini menewaskan seluruh penumpangnya yang berjumlah 212 penumpang dan 18 awak.

Pesawat tersebut sedang dalam perjalanan dari New York City menuju Paris saat terbang. Namun saat terjadi peristiwa tersebut pesawat tiba-tiba meledak di udara tepatnya di Pulau Long dan terjun ke laut, terletak 20 mil bagian tenggara timur. Karena bahan bakar avtur menguap (uap avtur sangat mudah meledak dan terbakar) menyebabkan ledakan akibat korsleting pada kabel listrik di bagian tangki bahan bakar sayap tengah (CWT - Center Wing fuel Tank) sehingga terjadi ledakan yang merusak struktur pesawat secara keseluruhan (bagian depan terpisah dari badan pesawat). Tidak ada satupun penumpang yang selamat.

Korsleting pada kabel listrik ini diduga karena pesawat itu sendiri sudah berusia tua (pesawat ini aktif sejak tahun 1971, dan dibeli baru oleh TWA). Analisis saksi dan foto yang beredar menunjukkan sisa badan pesawat yang menyala sempat naik beberapa saat sebelum jatuh. Beberapa orang menduga gambar itu merupakan rudal yang ditembakkan kapal perang AS yang sedang mengadakan latihan perang (rudal anti pesawat yang tidak sengaja mengenai pesawat tersebut). Inilah yang memunculkan perdebatan dan teori konspirasi penyebab jatuhnya pesawat ini. Beberapa teori lain mengatakan bahwa pesawat tersebut ditembak jatuh oleh teroris. Teori lain mengatakan bahwa gelombang elektromagnetik dari pesawat pengintai maritim AL Amerika Serikat Lockheed P-3 Orion yang sedang mengadakan latihan pengintaian, bagian dari latihan perang AL AS, menyebabkan ledakan. Sampai hari ini, belum ada penyebab yang pasti tentang jatuhnya pesawat ini, dan hal ini masih diperdebatkan.

Bibiliografi[sunting | sunting sumber]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]