Orkestra Simfoni Sydney

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Sydney Symphony)
Orkestra Simfoni Sydney
Informasi latar belakang
Nama lahirSydney Symphony Orchestra
AsalAustralia Sydney, Australia
GenreKlasik
Tahun aktif1932-sekarang
Situs webwww.SydneySymphony.com
AnggotaKetua Konduktor dan Direktur Seni
Vladimir Ashkenazy
Mantan anggotaPendiri
Eugene Goossens

Orkestra Simfoni Sydney Inggris: Sydney Symphony Orchestra (singakatan – SSO), lebih dikenal sebagai Sydney Symphony, merupakan sebuah orkestra simfoni yang berpusat di Sydney, Australia. Simfoni ini memiliki hal yang unik karena menggunakan Sydney Opera House sebagai tempat konser utamanya. Terjadi persaingan sehat antara Sydney dan Melbourne, salah satunya adalah berkompetisi mengejar gelar orkestra terbaik di Australia: Melbourne Symphony Orchestra atau Sydney Symphony.

Informasi terkini[sunting | sunting sumber]

Sydney Symphony adalah ikon bagi suasana budaya Sydney, mengadakan 150 konser setiap tahun dengan penonton tahunan lebih dari 350.000 orang. Rangkaian konser reguler dilaksanakan di Sydney Opera House dan juga tempat-tempat lain di sekitar Sydney, termasuk City Recital Hall at Angel Place dan Sydney Town Hall. Town Hall adalah pusat orkestra ini hingga pembukaan Opera House tahun 1973.

Acara besar tahunan untuk orkestra ini ialah Symphony in the Domain, sebuah konser piknik terbuka gratis pada sore hari yang diadakan pada musim panas bulan Januari di taman kota besar yang dikenal dengan nama The Domain. Acara ini menarik penonton lebih dari 80.000 orang dan merupakan bagian dari kalender budaya musim panas Sydney yang sudah lama ada.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]