Festival Film Sydney

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Sydney Film Festival)
Sydney Film Festival
LokasiSydney, New South Wales,  Australia
BahasaInternasional
Situs web resmi

Festival Film Sydney (English: Sydney Film Festival) adalah festival film tahunan yang diselenggarakan di Sydney, New South Wales, Australia yang dimulai sejak tahun 1954, menjadikannya salah satu acara tertua yang masih ada di dunia. Festival ini diadakan selama dua minggu setiap tahun pada bulan Juni dan mempertontonkan film Australia, internasional dan alternatif.

Komite asli yang mengadakan festival film di Sydney terdiri dari Alan Stout, Profesor Filosofi di Sydney University, sebagai ketua, John Heyer, John Kingsford Smith dan Presiden Sydney University Film Group David Donaldson.[1]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Festival pertama dibuka tanggal 1 Juni 1954 dan diadakan di empat aula Sydney University selama empat hari. Kedatangannya mencapai kapasitas penuh dengan 1.200 tiket terjual di masing-masing aula. Festival ini terus diadakan di Sydney University hingga 1968, hingga dipindahkan ke Wintergarden di Rose Bay. Tahun 1974 acara ini pindah ke tempatnya sekarang, State Theatre di pusat kota Sydney. Sekarang, film ditampilkan di tempat di seluruh Sydney CBD, termasuk Dendy Opera Quays, dua layar di Greater Union George Street Cinema Complex, NSW Art Gallery juga State Art Gallery. Tahun 2007 festival ini memperkenalkan berbagai jenis acara langsung dan pertunjukan bergaya kabaret di Metro Theatre, untuk memperluas festival ini dari pengalaman sinema tradisional, dan membuka peluang untuk inovasi teknologi dalam dunia perfilman.

Penonton dapat berlangganan ke State Theatre selama dua minggu penuh, tetapi jumlah tiket sesi tunggal, juga 10, 20 dan 30 tiket FlexiPass telah meningkat sejak diperkenalkan tahun 2001. Tahun 2007, FlexiPass baru, yaitu FlexiDiscovery, diperkenalkan pada remaja berusia 18-24 tahun, untuk mendorong para remaja masuk ikut serta dalam festival film ini.

Pedoman terbatas sehubungan dengan penampilan film sebelumnya berarti bahwa penonton menyaksikan film yang belum dirilis secara umum. Enam penghargaan penonton diberikan pada akhir festival, dipilih oleh anggota penonton selama 12 hari. Dendy Awards senilai $5.000 diberikan pada film pendek Australia dalam lima kategori.

Tanggal 10 September 2007, SFF mengumumkan mereka memperoleh dana dari pemerintah NSW untuk mengadakan Official International Competition, yang akan untuk film lebih dari 75 menit dari seluruh dunia. Untuk mencukupi syarat kompetisi, film harus 'mempunyai kekuatan emosional dan permasalahan; berani, terdepan dan menantang; dan melampaui kebiasaan terhadap subyek filmnya'.

Pemenang pertama 'Official Competition' 2008 adalah film Britania Raya, Hunger

Sydney Film Festival 2009 memasuki program pendek sejak 3 hingga 14 Juni, dengan biopik Britania Bronson, disutradarai Nicolas Winding Refn memenangkan hadiah senilai AUD$60.000. Peter Rasmussen Innovation Award pertama dimenangkan oleh Michela Ledwidge.

Direktur Festival[sunting | sunting sumber]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Kaufman (2003)
  2. ^ David Donaldson adalah Penasehat Film dan Program.
  3. ^ Ian Klava adalah direktur penuh pertama untuk Sydney Film Festival. Sebelumnya, jabatan ini dibagi oleh anggota komite lainnya.

Sumber[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]