Sweetbox

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Sweetbox adalah proyek musik pop yang dibentuk oleh produser eksekutif Heiko Schmidt dan produser musik Roberto "Geo" Rosan pada tahun 1995.

Sweetbox pertama kali dikenal dengan vokalis Kimberley Kearney dengan singel Booyah, Here We Go di musim panas tahun 1995. Mengikuti kepergian Kimberley, Dacia Bridges menjadi vokalis dan merilis 2 single pada tahun 1996, Shakalaka dan Wot.

Pada tahun 1997, Tina Harris menjadi wajah baru dari Sweetbox dan merilis lagu Everything's Gonna Be Allright yang mendapatkan kesuksesan di seluruh dunia dan ditempatkan di tempat teratas daftar tangga lagu di sepuluh negara yang berbeda di Eropa. Tina lalu meluncurkan album lengkap pertamanya dan menjadi chart nomor 1 di Jepang dan dihadiahkan dua Japanese Grammie dengan kategori Best Song dan Best Newcomer pada tahun 1998.

Pada tahun 1999 setelah vocalis Tina Harris meninggalkan Sweetbox, vokalis Jade Villalon mengisi tempat tersebut. Di bawah nama Sweetbox, ia meluncurkan lima album dan mencapai kesuksesan tinggi di Eropa, Jepang, dan Korea Selatan.

Di akhir 2007, Jade Villalon pergi meninggalkan sweetbox setelah bersama selama 7 tahun. Lalu, Jamie Pineda yang baru berusia 19 tahun ketika itu terpilih dari 3000 peserta audisi dan menjalani rekaman pertamanya pada tahun 2009 oleh produser baru Derek Bramble, dan menghasilkan kesuksesan yang positif.

Diskografi[sunting | sunting sumber]

Album studio

Album kompilasi, live and remix

Pranala luar[sunting | sunting sumber]