Susut, Susut, Bangli

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Susut
Desa
Negara  Indonesia
Provinsi Bali
Kabupaten Bangli
Kecamatan Susut
Kodepos 80661
Luas 4,83 km²
Jumlah penduduk ... jiwa
Kepadatan ... jiwa/km²

Susut adalah ibukota kecamatan Susut, Kabupaten Bangli, Bali, Indonesia. Pada tahun 2008, desa ini dimekarkan untuk membentuk Desa Selat.

Geografi[sunting | sunting sumber]

Desa Susut merupakan daerah dataran tinggi, terletak 10 km arah barat Kota Bangli, dengan luas wilayah 4,83 km², dengan sebagian besar lahan digunakan untuk kegiatan pertanian, yakni seluas 216 ha (0,45%).

Banjar[sunting | sunting sumber]

  1. Juwuk Bali
  2. Lebah
  3. Manuk
  4. Penatahan
  5. Penglumbaran
  6. Pukuh
  7. Susut Kaja
  8. Susut Kelod
  9. Tangkas

Ekonomi[sunting | sunting sumber]

Struktur perekonomian desa Susut didominasi oleh sektor pertanian. Hal ini terlihat dari persentase penggunaan lahan untuk usaha pertanian, yakni sebesar 50%, dengan sebagian besar penduduk menggantungkan hidup dari sektor pertanian. Sekitar 1030 jiwa atau 0,17% penduduk menggantungkan hidup dari sektor ini. Pertanian sawah menjadi kegiatan usaha utama bagi masyarakat desa, dengan produk unggulan berupa padi dan palawija.

Masyarakat juga menggantungkan hidup dari sektor peternakan, dengan jenis ternak peliharaan seperti sapi, babi, unggas dll. Sistem peternakan yang dilakukan masyarakat masih bersifat tradisional, karena usaha ini diposisikan sebagai usaha sambilan dan hanya untuk memenuhi kebutuhan konsumsi daging keluarga.

Selain itu, ekonomi desa juga digerakkan oleh sektor perdagangan dan industri kecil/rumah tangga.

Pendidikan[sunting | sunting sumber]

Sebagian besar penduduk Susut hanya tamatan SD.