Susanty Manuhutu

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Susanty Manuhuttu)

Susanty Manuhutu
LahirSusanty Priscilla Adresina Manuhutu
7 Januari 1974 (umur 50)
Jakarta, Indonesia
Nama lainSusanty Manuhutu
PendidikanSarjana Arsitek
AlmamaterUniversitas Kristen Indonesia
Pekerjaan
Tahun aktif1995–sekarang
Tinggi178 cm (5 ft 10 in)
Suami/istri
Alexander Crabtree
(m. 1997)
Pemenang kontes kecantikan
Gelar
Warna rambutHitam
Warna mataHitam
Kompetisi
utama
{{Plainlist|

Susanty Manuhutu (lahir 7 Januari 1974) adalah model, arsitek dan insinyur asal Indonesia. Ia berhasil menjadi pemenang Puteri Indonesia 1995 mewakili provinsi Maluku. Ia mewakili Indonesia di ajang Miss Universe 1995 di Windhoek, Namibia dimana ia memperoleh gelar dari sponsor sebagai Miss Clairol Herbal Essences.[1] Ia juga merupakan wakil Indonesia di ajang World Miss University 1992, dimana ia memenangkan gelar Runner-up 2.

Pendidikan & Karier[sunting | sunting sumber]

Bekerja di dunia perminyakan bukanlah bidang pekerjaan awal yang bakal digeluti Santi. Karena itulah, dia mengambil kuliah di Jurusan Arsitektur Universitas Kristen Indonesia. Setahun pertama kuliah, dia masih bercita-cita menjadi arsitek. Tapi tahun kedua, pilihan untuknya kian bertambah banyak.

Hal itu terjadi setelah Santi terpilih menjadi Putri Indonesia. Sebagai Putri, dia dituntut untuk memiliki kemampuan komunikasi publik yang baik dan kuat.

Selepas kuliah, materi komunikasi yang dipelajarinya selama menjadi Putri Indonesia kian terasah karena Santi bergabung di dunia jurnalistik pada 1997, sebagai reporter sebuah stasiun televisi. Dari dunia ini, dia banyak mengerti bagaimana mencari berita atau berita seperti yang menarik publik.

Santi mulai terjun ke industri migas di Conoco pada tahun 1999. Dia memulai karier di perusahaan asal Amerika Serikat itu sebagai posisi pegawai, dengan modal ilmu perminyakan dan gas yang sangat minim. Dia mulai dari posisi officer dan terus naik ke jenjang koordinator. Ketika Conoco merger menjadi ConocoPhillips, Santi sudah menempati posisi menjadi Corporate Communications Manager pada usia yang relatif cukup muda. Dia beruntung karena merasa mendapat banyak mentor yang baik, supervisor, serta teman-teman yang mendukung

Saat ini dia bergabung dengan perusahaan minyak Chevron sebagai juru bicara perusahaan ini.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Penghargaan dan prestasi
Didahului oleh:
Jawa TengahVenna Melinda
Puteri Indonesia 1995 Diteruskan oleh:
Jawa TimurAlya Rohali
Didahului oleh:
Daerah Khusus Ibukota JakartaAndi Botenri
(1983)
Miss Indonesia Universe 1995 Diteruskan oleh:
Alya Rohali


  1. ^ "Arti Nama Danti, Tokoh Populer (1. Susanty Manuhutu)". tentangnama.com. Diakses tanggal March 31, 2020. ,