Surah Ghafir

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Surah Al-Mu'min)
Surah ke-40
al-Mu'min
المؤمن
Orang Yang Beriman
KlasifikasiMakkiyah
Nama lainGhafir
At-Tawl atau Zit Tawl
Ha Mim al-Mu'min
JuzJuz 24
Jumlah ruku9 ruku
Jumlah ayat85 ayat

Surah Al-Mu'min (Arab: المؤمن, lit.'orang yang beriman') adalah surah ke-40 dalam Al-Qur'an. Surah ini terdiri atas 85 ayat, termasuk golongan surah-surah Makkiyah. Surah ini diturunkan setelah surah Az-Zumar dan memiliki 3 nama yaitu Al-Mu'min, Ghafir (غافر), dan At-Tawl (الطول).

Nama[sunting | sunting sumber]

Surah ini memiliki 3 nama. Nama yang sering digunakan adalah Al-Mu'min. Sedangkan 2 nama lainnya adalah Ghafir dan At-Tawl atau Zit Tawl. Ketiga nama surah ini merupakan nama resmi dan memiliki kaitan dengan surah ini.

Nama Al-Mu'min diperoleh dari hadits Nabi Muhammad[1] yang menyebutnya sebagai surah Ha Mim Al-Mu'min dengan diawali huruf Ha Mim. Hal ini digunakan untuk membedakannya dengan surah lain yang dimulai dengan ayat Mutasyabihat Ha Mim. Selain itu, kata Al-Mu'min yang berarti "Laki-Laki Yang Beriman" merujuk pada kisah seorang laki-laki beriman yang terdapat dalam ayat 28 surah ini. Ia merupakan pengikut Fir'aun dan seorang Qibti. Namun, ia menyembunyikan keimanannya. Hingga suatu hari ia menerima dakwah Musa dan membelanya. Orang ini dijelaskan Al-Quran sebagai orang yang membela dakwah. Ada beberapa pendapat mengenai siapa nama orang ini. Dalam Tafsir Ibnu Katsir, ia adalah "Habib".[2] At-Tabari berpendapat bahwa ia adalah "Khair". Sedangkan Ibnu Abbas berpendapat bahwa ia adalah "Hazbil" atau "Hazfil". Dan ada juga yang menyebutnya "Syam'an".[3]

Nama Ghafir diambil dari ayat ke-3 surah ini yang di dalamnya terdapat kata Ghafir. Kata Ghafir juga merupakan salah satu nama Allah yang artinya "Mengampuni". Sedangkan nama At-Tawl juga diambil dari ayat ke-3 dari kata Zit Tawl yang terdapat di akhir ayat. At-Tawl memiliki arti "Mempunyai Karunia Yang Tidak Putus."[4]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah bersabda, "Orang yang membaca ayat Kursi dan awal ayat surah Ha Mim Al-Mu'min, dilindungi pada hari kiamat dari pertanyaan. (HR At-Tirmizi, Al-Baihaqi dan Ad-Darimi)
  2. ^ Al-Mawardi. Kitab An-Nakt wal 'Uyun. Jilid 5, hal 152.
  3. ^ Kitab At-Ta'rif wal i'lam. hal. 131 dan 151.
  4. ^ EraMuslim. Ust. H. Ahmad Sarwat - Perbedaan nama surah dalam Al-Qur'an


Surah Sebelumnya:
Surah Az-Zumar
Al-Qur'an Surah Berikutnya:
Surah Fussilat
Surah 40