Supertramp

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Supertramp
Supertramp0062.jpg
Latar belakang
Nama lain Daddy (1969-1970)
Asal Britania Raya
Genre rock, pop rock, art rock, progressive rock
Tahun aktif 1969-1988; 1997–sekarang
(tidak aktif)
Label A&M, Silver Cab, EMI, BMG
Situs web www.supertramp.com
Anggota Rick Davies
John Helliwell
Bob Siebenberg
Mark Hart
Mantan anggota Lihat daftar anggota Supertramp

Supertramp adalah grup musik progressive rock asal Inggris. Awalnya grup ini lebih banyak membuat bentuk album konsep, namun di kemudian hari lebih dikenal dengan lagu-lagu berirama pop seperti "Dreamer", "Goodbye Stranger", "Give a Little Bit", dan "The Logical Song".

Walaupun pernah menempatkan album Breakfast in America di urutan ke-3 tangga album Britania, Supertramp lebih dikenal di Amerika Serikat dan Kanada daripada di negara asalnya. Supertramp sewaktu masih beranggotakan Roger Hodgson telah menjual lebih dari 60 juta keping album.[1]

Perjalanan karier[sunting | sunting sumber]

Dua album pertama[sunting | sunting sumber]

Dimodali jutawan Stanley August Miesegaes asal Belanda, musikus Rick Davies memasang iklan lowongan mencari anggota band di majalah Melody Maker. Davies adalah seorang vokalis, sekaligus pianis dan mantan pemain drum kelahiran Swindon, Wiltshire, Inggris, 22 Juli 1944. Iklan lowongan untuk band yang akan dibentuk Davies berhasil merekrut vokalis merangkap pemain gitar dan kibor kelahiran Portsmouth, Hampshire bernama Roger Hodgson. Anggota lain yang direkrut sebagai formasi awal Supertramp adalah Richard Palmer (gitar, balalaika, vokal) yang lahir di Bournemouth, Dorset, 11 Juni 1947 sebagai Richard Jeffrey Charles Palmer-James, dan Robert Millar (perkusi, harmonika) yang lahir 2 Februari 1950. Hodgson awalnya bertindak sebagai vokalis dan pemain gitar bass dan juga gitar, cello, dan flageolet. Sebelum berganti nama menjadi Supertramp, nama band ini mereka sebut Daddy dari bulan Agustus 1969 hingga Januari 1970. Ide nama grup Supertramp diambil dari buku karya W.H. Davies, The Autobiography of a Super-Tramp terbitan tahun 1908.

Supertramp merupakan salah satu dari sejumlah grup yang pertama kali dikontrak A&M Records cabang Inggris. Album perdana, Supertramp dirilis bulan Juli 1970 hanya untuk peredaran di Britania Raya (baru beredar di AS tahun 1977). Walaupun menerima pujian dari segi artistik, album perdana mereka gagal di pasaran. Namun mereka beruntung nama Supertramp diikutsertakan dalam poster Festival Musik Isle of Wight tahun 1970 yang juga menampilkan The Doors, The Who, and Jimi Hendrix. Enam bulan setelah merilis album perdana mereka, Richard Palmer menyatakan keluar. Sementara itu, Robert Millar menderita gangguan kejiwaan berupa patah semangat. Supertramp akhirnya merekrut anggota baru untuk album Indelibly Stamped yang dirilis Juni 1971 di Britania Raya dan AS. Sebagai pengganti Millar dan Palmer ikut bergabung Frank Farrell (gitar bass, lahir tahun 1947 di Birmingham, West Midlands), Kevin Currie (perkusi, lahir di Liverpool, Merseyside), dan Dave Winthrop (flute dan saksofon, lahir 27 November 1948 di New Jersey, Amerika Serikat). Sementara itu, Hodgson mengambil alih peran gitaris yang ditinggalkan Robert Palmer.

Album Indelibly Stamped menampilkan musik ala The Beatles dengan harmoni vokal serupa lagu-lagu Simon and Garfunkel namun dengan pendekatan musik yang lebih pop serta desain sampul album yang mencolok. Atas usul Hodgson yang menyarankan Supertramp memiliki dua orang vokalis, Davies juga ikut bernyanyi bersama Hodgson. Walaupun sudah memiliki penggemar setia, angka penjualan album kedua ternyata tidak kunjung meningkat, dan bahkan lebih rendah dari album perdana. Awal tahun 1972, setelah melunasi semua utang-utang milik grup, jutawan Miesegaes menarik dukungan finansial dari Supertramp. Semua anggota mengundurkan diri kecuali Hodgson dan Davies.

Awal kesuksesan[sunting | sunting sumber]

Setelah dibujuk agar bangkit kembali, Davies dan Hodgson pada akhir tahun 1972 kembali mencari anggota baru. Pemain bass Dougie Thomson menyatakan niatnya ingin kembali bergabung. Sebelumnya, Dougie yang lahir 24 Maret 1951 sebagai Douglas Campbell Thomson di Rutherglen, Glasgow, Skotlandia pernah selama hampir setahun membantu Supertramp. Pada tahun 1973, Supertramp kembali mengadakan audisi untuk mencari anggota baru. Pemain drum Bob Siebenberg (Robert Layne Siebenberg, lahir 31 Oktober 1949 di Glendale, California, Amerika Serikat) diterima sebagai anggota baru. Walaupun demikian, namanya hanya ditulis sebagai Bob C. Benberg agar tidak menarik perhatian pihak imigrasi Inggris. John Helliwell (lahir 15 Februari 1945 di Todmorden, Yorkshire, Inggris sebagai John Anthony Helliwell) ikut diterima sebagai pemain saksofon dan alat musik tiup lain, kibor, dan vokal latar. Berlima mereka membentuk Supertramp formasi baru yang kemudian melahirkan sejumlah album laris. Selain sebagai gitaris, Hodgson juga mulai bermain piano elektrik dan akustik dalam lagu-lagu ciptaannya. Permainan piano Hodgson menjadi ciri khas Supertramp dalam lagu-lagu hit seperti "Dreamer," "The Logical Song," dan "Take the Long Way Home". Perangkat kibor yang selalu digunakan Supertramp adalah piano elektrik Wurlitzer (model 200A) yang mengeluarkan suara tinggi bersih sekaligus terdistorsi bila dimainkan dengan keras.

Album Crime of the Century yang dirilis bulan September 1974 mengawali serangkaian sukses komersial album-album Supertramp. Album Crime of the Century sampai di urutan ke-4 tangga album Britania. Lagu yang paling menonjol adalah lagu pertama yang berjudul "School" dan singel "Dreamer" yang sampai di tangga Top 10 Britania. Lagu sisi B, "Bloody Well Right" sampai di tangga Top 40 Amerika Serikat pada bulan Mei 1975. Siebenberg nantinya mengaku bahwa album Crime of the Century adalah puncak pencapaian artistik mereka yang mengawali sukses komersial Supertramp.

Album berikutnya, Crisis? What Crisis? yang dirilis bulan November 1975 disambut baik oleh publik walaupun secara komersial tidak sukses luar biasa. Album Even in the Quietest Moments yang dirilis bulan April 1977 melahirkan singel hit "Give a Little Bit". Selain itu, lagu "Fool's Overture" menjadi sering diputar di radio-radio. Setelah Supertramp sukses, mereka hijrah ke Amerika Serikat dan mengubah warna musik dari progressive rock menjadi pop.

Puncak kesuksesan mereka adalah album Breakfast in America yang dirilis bulan Maret 1979. Album tersebut menjadi album nomor satu di AS dan sampai di urutan ke-2 tangga album Britania. Empat singel laris yang diambil dari album Breakfast in America adalah "The Logical Song", "Take the Long Way Home", "Goodbye Stranger", dan "Breakfast in America". Hingga kini, album Breakfast in America telah terjual lebih dari 18 juta keping di seluruh dunia.[1]

Album ganda berisi rekaman konser mereka, Paris dirilis dengan maksud memperbaiki versi studio lagu-lagu mereka. Album Paris tidak berintikan lagu-lagu dari album Breakfast in America yang sukses, melainkan hampir semua karya dari album Crime of the Century.

Keluarnya Hodgson[sunting | sunting sumber]

Dalam perkembangan selanjutnya, Roger Hodgson dan Rick Davies menulis lagu sendiri-sendiri dan tidak lagi bekerja sama dalam menulis lagu. Keduanya memang berbeda dalam cara menulis lagu dan bernyanyi. Hasilnya adalah lagu-lagu yang didominasi tema patah hati karya Davies ("Another Man's Woman", "From Now On", "Goodbye Stranger") yang bernada blues-rock diimbangi introspeksi bernada sedih Hodgson dalam "Dreamer", "School", "Fool's Overture", dan "The Logical Song". Namun Hodgson merasa tidak puas dan menyatakan keluar setelah pertunjukan keliling untuk album berikut mereka, ...Famous Last Words... (1982). Album ...Famous Last Words... berisikan lagu-lagu hit yang masuk Top 20 ("It's Raining Again") dan Top 40 ("My Kind of Lady"). Alasan Roger Hodgson keluar dari Supertramp menjadi bahan spekulasi di kalangan penggemar. Dalam wawancara dengan Hodgson pada tahun 1990-an, ia menyatakan dirinya mundur karena alasan keluarga. Istrinya sering cekcok dengan istri Rick Davies yang menyebabkan masalah besar bagi grup. Hodgson menambahkan bahwa antara dirinya dan Davies tidak pernah ada masalah pribadi seperti yang diduga orang.

Setelah keluar dari Supertramp pada tahun 1983, Hodgson memulai karier solo. Album solo perdana, In the Eye of the Storm yang dirilis tahun 1984 menghasilkan lagu hit "Had A Dream (Sleeping With the Enemy)".

Pada tahun yang sama, Supertramp yang dipimpin Davies terus berkarya dengan merilis Brother Where You Bound yang sampai di urutan ke-21 tangga album AS. Dari album ini lahir singel "Cannonball" yang masuk urutan Top 30. Lagu andalan Brother Where You Bound adalah lagu bertemakan Perang Dingin. Lagu sepanjang 16 menit ini dihiasi permainan solo gitar David Gilmour dari Pink Floyd. Selanjutnya, album Free as a Bird (1987) diisi lagu-lagu rock ciptaan Davies termasuk "I'm Beggin' You" yang sampai di dance chart tangga lagu AS.

Setelah konser keliling tahun 1987, Thomson keluar akibat perbedaan pendapat dengan Davies soal lagu-lagu ciptaan Hodgson yang dibawakan Supertramp sewaktu konser. Sebenarnya, Supertramp yang tidak lagi memainkan lagu-lagu ciptaan Hodgson merupakan salah satu syarat Davies boleh terus memakai nama Supertramp. Hodgson yang datang ke konser Supertramp menjadi terkejut bahwa lagu-lagunya seperti "Take the Long Way Home" dan "The Logical Song" masih juga dibawakan Supertramp. Kedua lagu tersebut biasanya dibawakan Mark Hart dari Crowded House (pengganti Hodgson di atas panggung), dan Thomson tidak setuju. Ketika Supertramp melakukan reuni pada tahun 1997, Thomson menolak ajakan untuk kembali.

Pada tahun 1993, Davies sempat mendekati Hodgson agar mau kembali bermain untuk Supertramp. Dalam wawancara yang isinya dimuat di forum penggemar, Hodgson menyatakan dirinya sangat berminat untuk reuni dengan Supertramp asalkan Susan istri Davies tidak lagi mencampuri urusan band (masalah sama yang menjadi sebab Hodgson memilih keluar). Sue Davies dulunya menjabat Artist Relations perusahaan rekaman A&M. Tugasnya mengurusi Supertramp ketika baru tiba di Los Angeles pada pertengahan tahun 1970-an. Setelah dirinya terlibat asmara dengan Davies, Sue mengundurkan diri dari A&M dan beralih profesi sebagai manajer bagi Supertramp. Permintaan Hodgson agar Davies tidak mengikutsertakan istrinya dalam urusan Supertramp ternyata tidak dikabulkan. Hodgson juga tidak pernah lagi dihubungi Davies.

Pada tahun 1997, Davies membentuk kembali Supertramp dengan mengajak Helliwell, Siebenberg, dan Hart, ditambah beberapa pemusik baru. Hasilnya adalah album Some Things Never Change yang bernuansa musik Supertramp yang dulu. Masih pada tahun yang sama, Roger Hodgson merilis album konser Rites of Passage yang menjadi album pertama Hodgson setelah Hai Hai pada tahun 1987. Album tersebut berisi lagu-lagu baru Hodgson ditambah tiga lagu Supertramp ("Take the Long Way Home", "The Logical Song", dan "Give a Little Bit").

Supertramp dan Roger Hodgson terus bersaing. Dua tahun kemudian, Supertramp merilis album konser It Was The Best Of Times. Sementara itu, Hodgson mengeluarkan album studio Open The Door. Sebuah lagi album konser, 'Is Everybody Listening? dirilis Supertramp pada tahun 2001. Album tersebut berisi rekaman pertunjukan Supertramp di Royal Albert Hall, London, tahun 1975.

Awal tahun 2002, Supertramp yang dipimpin Davies sekali lagu merilis album Slow Motion untuk peredaran di Amerika Utara. Pada tahun 2005, usaha melakukan reuni Supertramp dengan mengajak Hodgson kembali gagal. Davies sekarang sudah tidak lagi tinggal di California dan bermukim di Long Island (East Hampton).

Roger Hodgson dikenal aktif dalam kegiatan amal. Hodgson sudah menyumbangkan hak penggunaan lagu "Give A Little Bit" untuk pengumpulan dana. Lagu tersebut antara lain pernah dipakai dalam pengumpulan dana bagi korban bencana tsunami. Lagu "Give A Little Bit" dipakai Palang Merah, United Way, Make a Wish Foundation, dan Oprah Winfrey untuk proyek "Gift of Giving Back Program". Di Britania Raya, lagu yang sama juga pernah digunakan dalam acara telethon di ITV. Pada bulan Maret 2006, Roger Hodgson menerima penghargaan dalam acara tahunan ASCAP ke-23 di Los Angeles. Penghargaan tersebut diterima Hodgson untuk lagu "Give A Little Bit" yang merupakan salah satu dari 50 lagu yang paling banyak diputar tahun 2005.

Tur keliling Eropa dilangsungkan Hodgson pada tahun 2006. Pada musim gugur, tur dilanjutkannya ke Saint Paul, Minnesota dan Kanada. Selain itu, album DVD Take The Long Way Home – Live In Montreal yang dirilisnya telah menghasilkan piringan platina. Dalam Konser untuk Putri Diana di Stadion Wembley, 1 Juli 2007, Roger Hodgson diundang untuk tampil secara solo karena Putri Diana adalah salah seorang penggemar Supertramp.

Anggota[sunting | sunting sumber]

1970-1971[sunting | sunting sumber]

1971-1972[sunting | sunting sumber]

  • Rick Davies - vokal, piano, harmonika, kibor
  • Roger Hodgson - vokal, lead guitar, gitar akustik, dan bass
  • Frank Farrell - vokal latar, bass, piano, akordion
  • Kevin Currie - perkusi
  • Dave Winthrop - vokal, flute, saksofon

1973-1983[sunting | sunting sumber]

Musisi pendukung konser 1983 ....famous last words...[sunting | sunting sumber]

  • Scott Page - saksofon, flute, gitar, perkusi, vokal
  • Fred Mandel - kibor, gitar

1984-1988[sunting | sunting sumber]

  • Rick Davies - vokal, piano, harmonika, kibor
  • Dougie Thomson - bass
  • Bob Siebenberg - drum, perkusi
  • John Helliwell - saksofon, alat musik tiup, vokal latar, kibor, melodika

Musisi pendukung:

1997[sunting | sunting sumber]

  • Rick Davies - vokal, piano, harmonika, kibor
  • Bob Siebenberg - drum, perkusi
  • Mark Hart - vokal, kibor, gitar
  • John Helliwell - saksofon, alat musik tiup kayu, vokal latar, kibor, melodika
  • Carl Verheyen - gitar
  • Lee Thornburg - vokal latar, trombon, terompet
  • Cliff Hugo - bass
  • Tom Walsh - perkusi

1997-2002[sunting | sunting sumber]

  • Rick Davies - vokal, piano, harmonika, kibor
  • Bob Siebenberg - drum, perkusi
  • Mark Hart - vokal, kibor, gitar (vokal untuk lagu-lagu ciptaan Roger Hodgson sewaktu konser)
  • John Helliwell - saksofon, alat musik tiup kayu, vokal latar, kibor, melodika
  • Carl Verheyen - gitar
  • Lee Thornburg - vokal latar, trombon, terompet
  • Cliff Hugo - bass
  • Jesse Siebenberg - vokal latar, perkusi, gitar akustik (untuk "Give A Little Bit" dalam konser)

Diskografi[sunting | sunting sumber]

Album[sunting | sunting sumber]

Singel[sunting | sunting sumber]

Judul Posisi tertinggi
tangga lagu AS
Bulan/Tahun Posisi tertinggi
tangga lagu Britania Raya
"Forever" - Oktober 1971 -
"Land Ho" - April 1974 -
"Dreamer" #36 Februari 1975 #13
"Bloody Well Right" #35 April 1975 -
"Lady" - Oktober 1975 -
"Sister Moonshine" - Juni 1976 -
"Give a Little Bit" #15 Mei 1977 #29
"Babaji" - November 1977 -
"From Now On" - Februari 1978 -
"The Logical Song" #6 Maret 1979 #7
"Breakfast in America" #62 Juni 1979 #9
"Goodbye Stranger" #15 Agustus 1979 #57
"Take the Long Way Home" #10 Oktober 1979 -
"Dreamer (live)" #15 September 1980 -
"Breakfast in America (live)" #62 November 1980 -
"It's Raining Again" #11 Oktober 1982 #26
"My Kind of Lady" #31 Januari 1983 -
"Still in Love" - Februari 1985 -
"Cannonball" #28 April 1985 -
"Better Days" - September 1985 -
"I'm Beggin' You" - October 1987 -
"Free As a Bird" - Februari 1988 -
"School" - Juli 1992 -
"You Win, I Lose" - Mei 1997 -
"Listen to Me, Please" - Juli 1997 -

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b "Bio". RogerHodgson.com. Diakses 11 Mei.  Unknown parameter |accessyear= ignored (help)

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Supertramp
Rick Davies | Bob Siebenberg | John Helliwell | Mark Hart | Carl Verheyen | Lee Thornburg | Cliff Hugo | Jessie Siebenberg
Mantan anggota
Richard Palmer | Robert Millar | Frank Farrell | Kevin Currie | Dave Winthrop | Roger Hodgson | Dougie Thomson | Marty Walsh | Steve Reid | Brad Cole | Tom Walsh
Musisi konser
Scott Page | Fred Mandel
Diskografi
Album: Supertramp | Indelibly Stamped | Crime of the Century | Crisis? What Crisis? | Even in the Quietest Moments | Breakfast in America | ...Famous Last Words... | Brother Where You Bound | Free as a Bird | Some Things Never Change | Slow Motion
Album konser: Paris | Live '88 | It Was The Best Of Times | Is Everybody Listening?
Album kompilasi: The Autobiography of Supertramp | Very Best Of (Vol. 1) | Very Best Of (Vol. 2) | Retrospectacle - The Supertramp Anthology