SuperMUC

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
SuperMUC , super komputer tercepat nomor 4 dunia

SuperMUC adalah Super komputer berteknik canggih yang baru yang merupakan sistem dari perusahaan komputer IBM. Dan memiliki lebih dari 155 ribu perangkat komputasi, yang memiliki kemampuan sekitar lebih dari tiga petaflops. Komputer itu memiliki lebih dari 330 Terabyte penyimpanan data komputer. Perusahaan komputer IBM dan produsen SuperMUC membandingkan prestasi super komputer itu dengan situasi yang sulit dibayangkan, dimana tiga milyar orang dengan kalkulator, masing-masing melakukan satu juta kalkulasi per detiknya.

SuperMUC adalah super komputer tercepat nomor 4 di dunia, dimulainya pengoperasian super komputer tersebut diselenggarakan dalam rangka 50 tahun berdirinya Leibnitz Rechenzentrums atau Pusar Komputer Leibnitz LRZ oleh Menteri Pendidikan dan Riset Jerman Annette Schavan dan Menteri Riset negara bagian Bayern Wolfgang Heubisch.

Sistem SuperMuc akan menggunakan 18.432 prosesor Intel Xeon Sandy Bridge-EP dan berjalan di server IBM System x iDataPlex. Komputer super ini juga memakai teknologi cooling terbaru di IBM bernama Aquasar yang menggunakan air panas untuk mendinginkan prosesor.[1]

SuperMUC tidak hanya amat cepat dan berenergi efisien melainkan juga dapat dipergunakan dengan amat beragam. Ini adalah komputer berprestasi tinggi ketiga buatan Jerman yang dapat dipergunakan oleh pengguna Eropa dari bidang ilmu pengetahuan dan industri.[2]

CPU dan Unit Pemroses Sentral menurut Akademi Ilmu Pengetahuan Bayern akan langsung didinginkan dengan air hangat bersuhu sampai 55 derajat celcius. LRZ dan IBM memperhitungkan penghematan energi sampai 40 persen dibanding sistem konvensional. Sistem pendingin air hangat pada superkomputer SuperMUC untuk pertama kalinya digunakan dalam kategori teknik besar. Sistem pendingin tersebut pada bulan Maret lalu memperoleh penghargan Pusat Komputer Leibnitz LRZ untuk kategori “Pusat Komputing yang berenergi dan bersumber daya efisien“.

Catatan Kaki[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]