Sup batu

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Sup batu adalah fabel tentang kerja sama dalam kondisi susah.

Menurut ceritanya, beberapa pengembara sampai di sebuah desa dengan hanya membawa panci kosong. Para penduduk tidak mau membagi makanannya kepada para pengembara. Selanjutnya para pengembara mengisi pancinya dengan air dan batu besar, lalu memasaknya di pusat desa tersebut. Para penduduk bertanya apa yang sedang mereka lakukan, dan para pengembara menjawab "membuat sup batu" sambil meminta sedikit bahan untuk membuat masakannya semakin enak. Semakin banyak penduduk yang datang dan tertarik, masing-masing membawa bahan tambahan. Akhirnya dihasilkan sup yang enak dan dinikmati semuanya.

Sofware bebas Fractint ditulis oleh "Stone Soup Group", yang namanya didasarkan pada fabel ini. Gerakan copyleft, termasuk proyek GNU dan Wikipedia, bisa dianggap mengikuti prinsip sup batu.

Menurut tradisi Portugis, peristiwa yang diceritakan "sup batu" terjadi di Almeirim, Portugis. Sampai sekarang, hampir semua restoran di Almeirim menghidangkan sup batu ("sopa de pedra").

Sebuah episode Land of the Lost berjudul "Sup Batu", dan ceritanya didasarkan pada fabel ini.

Interpretasi dan hikmah[sunting | sunting sumber]

1. Dengan bekerja sama, hasil yang diperoleh akan lebih baik.

2. Kalau kamu ingin orang lain melakukan sesuatu, jangan mengatakan bahwa mereka sangat diperlukan. Jangan mengharapkan simpati dan rasa belas kasihan mereka. Tapi, berikan impresi bahwa kamu memberikan kesempatan bagi orang tersebut untuk ikut serta menyukseskan apa yang kamu lakukan.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]