Lee Sungmin

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Sungmin)
Langsung ke: navigasi, cari
Sungmin
Sungmin 2011.jpg
Sungmin
Latar belakang
Nama lahir Lee Sungmin
Asal Ilsan, Goyang, Gyeonggi, Korea Selatan
Genre Pop, Dance-pop, R&B
Pekerjaan Penyanyi, Penari, Aktor
Instrumen Gitar, Bass, Piano
Tahun aktif 2005 – Sekarang
Label SM Entertainment
Artis terkait SM Town, Super Junior, Super Junior-T, Super Junior-M, Super Junior-H
Situs web http://twitter.com/imSMl
Lee Sungmin
Hangeul 이성민
Hanja 李晟敏
Alih Aksara yang Disempurnakan I Seong-min
McCune–Reischauer Yi Sŏngmin

Lee Sungmin (이성민 / I Seongmin) (lahir 1 Januari 1986; umur 28 tahun) atau lebih dikenal dengan nama Sungmin adalah penyanyi berwarga kenegaraan Korea Selatan dan merupakan anggota boyband dari Super Junior, Boyband Populer asal negeri Gingseng tersebut. Posisinya adalah satu dari lima vokalis dan juga main dancer dalam grup. Sungmin tergabung dalam subunit Super Junior-T, Super Junior-M, dan Super Junior-H.

Biography[sunting | sunting sumber]

Sebelum Debut[sunting | sunting sumber]

Sungmin lahir di distrik Hogae dari Anyang, Gyeonggi. Dia memiliki seorang adik laki-laki, Lee Sungjin. Pada tahun 2001, ia memasuki SM Youth Best Contest dan bersama-sama memenangkan tempat pertama untuk penghargaan Penampilan Terbaik Outward dengan Donghae, salah satu anggota Super Junior. Bersama, mereka menandatangani kontrak dengan SM Entertainment dan menerima pelatihan dalam menyanyi, menari, dan akting.

Pada tahun 2002, Sungmin sempat ditempatkan dalam kelompok RnB proyek dengan JunSu dan Eunhyuk. Mereka berenam membuat penampilan televisi pertama mereka di acara yang disebut Heejun vs Kangta, Pertempuran Century: Pop vs Rock. Keenam peserta pelatihan dipisahkan setahun kemudian, maka Topan, Rose, dan Attack debut sebagai anggota band rock TRAX dan Junsu debut sebagai anggota TVXQ. Baik Sungmin dan Eunhyuk bergabung dengan sepuluh peserta pelatihan lainnya dan membentuk Super Junior 05, generasi pertama dari boy band rotasi Super Junior.

Pada tahun 2005, sebelum debut Super Junior, ia bermain di MBC drama Sisters of the Sea.

Debut dengan Super Junior[sunting | sunting sumber]

Sungmin resmi memulai debut sebagai bagian dari 12 anggota Super Junior 05 pada tanggal 6 November 2005 di program SBS musik Inkigayo, Super Junior membawakan single pertama mereka, "TWINS (Knock Out)". Debut album mereka SuperJunior05 (TWINS) dirilis sebulan kemudian pada tanggal 5 Desember 2005 dan berada pada posisi ketiga dalam grafik bulanan album MIAK K-pop. [3]

Pada bulan Maret 2006, SM Entertainment mulai merekrut anggota baru untuk Super Junior generasi berikutnya. Namun, rencana berubah dan perusahaan menyatakan berhenti dalam membentuk generasi masa depan Super Junior. Setelah penambahan ketiga belas anggota yaitu Kyuhyun, kelompok menjatuhkan akhiran "05" dan menjadi resmi menjadi Super Junior. CD single pertama "U" dirilis pada tanggal 7 Juni 2006 dan setelahnya dengan album ketiga 'Sorry-Sorry' yang diliris pada Maret 2009, Super Junior berhasil mendulang sukses yang luar biasa.

Sungmin menjadi bintang tamu di drama SBS Banjun Theatre drama Finding Lost Time dan beradu akting dengan rekan satu manajemennya, Yoochun.

Akting dan Sub grup[sunting | sunting sumber]

Pada Februari 2007, Sungmin ditempatkan di subgrup nyanyian trot, Super Junior-T. Pada bulan Juli, Sungmin ambil bagian dengan anggota sesama Super Junior di Attack On The Pin-Up Boys, sebuah produksi SM Picture. Ia memainkan peran sebagai seorang anak flower boy yang akan diserang oleh seorang penjahat yang tidak diketahui. Dia menggantikan Kangin sebagai salah satu DJ di Radio Reckless, dengan anggota Girls' Generation dari Juni 2007 sampai Juli 2008.

Pada tahun 2008, ia menjadi anggota sub-grup Super Junior-Happy dan berpartisipasi dalam setengah cerita drama pendek Super Junior Unbelievable dengan Leeteuk.

Pada tahun 2009, ia membintangi sebagai pemeran utama pria, Ro, di Akilla musik di Art Hanjeon Center di Seoul dari 9 Oktober - 8 November.

selain di tempatka di super junior T dan Super junior H lee sungmin di tempatkan di sub-unit Super Junior M, Sungmin pun pernah berperan di salah satu drama korea yang berjudul "President.

DJ dan Musik[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 2010, Sungmin membintangi musikal Hong Gil Dong, bersama Yesung yang juga salah satu member Super Junior, yang juga memainkan tokoh sejarah Hong Gildong. Ini dimainkan di Balai Seni Keuangan Woori di Olympic Park dari 18 Februari 2010 untuk dua bulan.

Pada bulan Oktober, Sungmin adalah salah satu dari 20 penyanyi Korea Selatan yang merekam lagu tema, "Let's Go", untuk pertemuan puncak 2010-20 G Seoul bersama dengan Seohyun, Jonghyun dan Luna. Pada bulan Desember, dia membintangi drama KBS ""The President" sebagai Jang Sungmin, anak ambisius dari presiden Jang Il Joon.

Pada bulan Januari 2011, dia ditempatkan di Mandopop sub-grup Super Junior-M, sebagai salah satu dari dua anggota baru bersama dengan Eunhyuk. Kemudian menghabiskan beberapa bulan ke depan mempromosikan Kesempurnaan EP ketiga mereka di Taiwan dan Cina. Untuk Juli dan Agustus, Sungmin memerankan Daniel, berputar dengan Ahn Jae-wook, Um Ki Joon, dan Lee Ji-hoon, dalam musik Jack the Ripper di Chungmu Seni Hall. [12]

Pada 2012, Sungmin mengambil bagian dalam spin-off program We Got Married dengan Hyorin Sistar yang disebut "Pit-a-Pat Shake" sebagai Tahun Imlek khusus. Sungmin bersama dengan Ryeowook mengambil alih sebagai DJ di Super Junior Kiss the radio, ketika mantan DJ Leeteuk dan Eunhyuk meninggalkan karena jadwal mereka yang padat dan sibuk. Pada tanggal 29 Maret 2012, Sungmin merilis single solo pertamanya digital, "Oh Wa", lagu lagu penutup untuk sitkom KBS, We Need a Fairy.

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]