Sungkup udara

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Sebuah sungkup udara di sebuah apartemen kecil

Sungkup udara atau penyedot udara (Bahasa Inggris: exhaust hood) adalah sebuah peralatan yang berisi kipas mekanis yang digantungkan di atas kompor dapur. Alat ini berguna untuk menghilangkan sisa lemak, sisa pembakaran, asap, bau , panas, dan uap dari udara dengan evakuasi dari udara dan filtrasi.[1] Pada dapur komersial, sungkup udara sering digunakan dalam kombinasi dengan perangkat pencegah kebakaran sehingga asap dari minyak api yang benar muncul dan api dipadamkan dengan cepat. Sungkup ventilasi komersial juga dapat digabungkan dengan kipas udara segar yang menarik di udara eksterior, beredar dengan asap memasak, yang kemudian ditarik keluar dari lubang.

Dalam kebanyakan sungkup udara, sistem filtrasi dapat menghilangkan grease (perangkap lemak) dan partikel lainnya. Meskipun banyak sungkup ventilasi yang membuang udara ke luar, beberapa sirkulasi udara masuk ke dalam dapur. Dalam sistem sirkulasi, penyaring dapat menghilangkan bau selain lemak.

NFPA 96 Standard for Ventilation Control and Fire Protection of Commercial Cooking mengatakan bahwa lubang filter tidak harus digunakan. Hal ini membutuhkan bahwa "Daftar" penyaring lemak harus diuji sesuai dengan UL 1046, Standard for Grease Filters for Exhaust Ducts.

Nama[sunting | sunting sumber]

Alat ini dikenal sebagai extractor hood di Inggris, di Amerika Serikat dan Australia dikenal sebagai rangehood. Hal ini juga disebut dapur, kompor, knalpot, kompor, sungkup ventilasi. Nama lain dari alat ini adalah kanopi masak, kipas penyuling, asap penyuling , dan cerobong asap listrik.

Ikhtisar[sunting | sunting sumber]

Sungkup udara terdiri dari tiga komponen utama: rok atau penangkap panel yang mengandung gas naik (juga dikenal sebagai " bulu limbah" ), satu atau lebih penyaring minyak, dan kipas angin atau blower tangensial untuk ventilasi paksa.

Ada dua konfigurasi utama sungkup udara: menyalurkan (atau vented) aplikasi, dan pembuluh (atau sirkulasi) aplikasi. Dalam aplikasi menyalurkan , kerah output dari extractor hood itu penyaring motor melekat pada sistem saluran, yang berakhir di luar gedung. Dalam aplikasi pembuluh, sebuah penyaring, sering mengandung arang aktif , menghilangkan bau dan asap partikel dari udara sebelum melepaskan udara dibersihkan kembali ke dapur.

Sebuah sistem menyalurkan memungkinkan untuk penghapusan segala bentuk kontaminasi udara, sementara satu ductless recirculates panas dan kelembaban ke dapur. Selain itu, aplikasi menyalurkan menghilangkan kebutuhan untuk penggantian rutin penyaring, dan menghindari pembatasan aliran udara (dan kehilangan resultan daya) yang disebabkan oleh alat itu. Namun, aplikasi menyalurkan dapat menjadi tidak praktis, karena kurangnya ruang atau kemampuan untuk menginstal sistem saluran, menghias kebutuhan udara, atau biaya tambahan pemanasan/pendinginan udara. Beberapa desain sungkup udara mungkin membutuhkan untuk kedua jenis aplikasi.

Sungkup udara hampir selalu termasuk built -in pencahayaan (lampu pijar, neon, atau halogen) untuk menerangi permukaan memasak. Selain itu, beberapa produsen menawarkan aksesori yang cocok, seperti panel backsplash, rak pot, unit rak, atau rak piring. Keuntungan utama dari sungkup udara adalah bahwa hal itu dapat dengan mudah menyaring aliran udara, tanpa merugikan bahan yang dapat dimakan dan dapat dengan mudah diinstal jika semi- otomatis.

Kerudung kontrol biasanya elektronik , meskipun beberapa model low-end menggunakan kontrol elektromekanis . Kerudung Extractor dengan kontrol elektronik dapat menawarkan remote control , bermotor penyesuaian tinggi , sensor thermal , perlindungan overheat , modus boost , tertunda menutup-off , pembersihan filter pengingat , active noise cancellation , menampilkan suhu , preset user ( memori ) , dan sebagainya .

Sungkup udara dapat dibuat dari berbagai bahan, termasuk: stainless steel, tembaga, perunggu, perak nikel, seng, kaca tempered, kayu, aluminium, kuningan, plastik tahan panas, dan banyak lagi.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Thom, J (1989). The Lore of Wedge. York: Penguin. hlm. 12. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]