Sungai Chicago

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Sungai Chicago yang berwarna hijau selama Hari St. Patrick

Sungai Chicago (bahasa Inggris: Chicago River) ialah sungai sepanjang 156 mil yang mengalir di kota Chicago. Setiap tahun di Hari St. Patrick, sungai ini diwarnai hijau.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pada akhir tahun 1700-an, Jean Baptiste Point du Sable membangun pertaniannya di bantaran utara sungai dan di awal abad berikutnya, Fort Dearborn dibangun di bantaran barat sungai ini. Pada tahun 1915, Eastland, perahu pesiar yang didok di Jembatan Clark Street terguling sehingga membunuh 812 penumpang. Pada tahun 1828, cabang selatan Sungai Chicago dipindahkan 1/4 mil ke barat untuk menyediakan ruangan bagi stasiun kereta api. Pada tahun 1992, Banjir Chicago terjadi saat tiang pancang yang digerakkan ke dasar sungai menyebabkan patahan di terowongan milik Chicago Tunnel Company yang sudah lama tak terpakai.

Geografi[sunting | sunting sumber]

Awalnya, sungai ini mengalir ke Danau Michigan, namun pada tahun 1900, Distrik Sanitasi Chicago mengubah aliran sungai ini menggunakan sejumlah kunci terusan dan menyebabkan sungai ini mengalir ke Terusan Sanitasi dan Kapal yang baru diselesaikan .

Cabang paling utara sungai utara ini ialah West Fork, East Fork (juga Sungai Skokie) dan Middle Fork, yang bergabung ke cabnang utara di Morton Grove, Illinois. Cabang utara bertemu dengan cabang utama Sungai Chicago di Kinzie Street. Cabang utara mengalir ke barat dari Danau Michigan, melalui Wrigley Building dan Merchandise Mart.

Jembatan[sunting | sunting sumber]

Sungai Chicago mempunyai 45 jembatan bergerak yang melintasinya, berkurang dari 52 jembatan yang dulu pernah ada. Jenis jembatan tersebut berbeda-beda, termasuk trunnion bascule, scherzer rolling lift, swing bridge dan vertical lift bridge.