Sumber kehidupan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Sumber kehidupan dapat diartikan sebagai segenap sesuatu yang dapat memengaruhi kehidupan seseorang atau sekelompok orang atau suatu komunitas bilamana mereka tidak mendapatkan suatu barang atau jasa dari sumber tersebut. Dalam konteks ini sumber kehidupan yang dimaksud adalah sumberdaya ikan yang dapat diambil dan dijadikan sebagai bahan makanan, rumput laut, dan sumberdaya hayati lainnya yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat pesisir.

Dalam konteks sumberdaya alam, sumber kehidupan dapat berupa sumberdaya hayati yang memang langsung berada di alam dan untuk memanfaatkan diperlukan usaha, seperti buah-buahan yang ada di hutan, madu, air dari mata air yang dapat langsung diminum, dan sebagainya. Selain itu, terdapat pula sumberdaya hayati yang dibudidayakan untuk menghasilkan produk berupa barang atau jasa, seperti budidaya ikan, budidaya rumput laut, budidaya padi, buah-buahan, dan sebagainya.


Jika Anda melihat halaman yang menggunakan templat {{stub}} ini, mohon gantikan dengan templat rintisan yang lebih spesifik. Terima kasih.