Suku Nu

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Nu
Nama alternatif:
Nusu, Anung, Zauzou, Along
Jumlah populasi

27,000

Kawasan dengan konsentrasi signifikan
Sichuan, Yunnan (Cina): 27,000
Bahasa
Nu
Agama
Buddha Tibetan, Animisme, dan sebagian Kristen
Kelompok etnik terdekat
Tibetan, Nakhi, Bai

Suku Nu (Cina: 怒族; pinyin: Nùzú) adalah salah satu dari 56 kelompok etnis yang secara resmi diakui oleh Republik Rakyat Tiongkok. Populasi mereka dari 27.000 dibagi menjadi kelompok Utara, Tengah dan Selatan. Tanah air mereka adalah negara gunung tinggi dan jurang yang dalam menyeberangi sungai Lancang, Dulong dan Nujiang, dan daerah ini kaya dengan mineral alam. Nama "Nu" berasal dari kenyataan bahwa mereka tinggal di dekat sungai Nujiang, dan nama kelompok etnis mereka berasal dari sana. (Nujiang juga disebut sungai Nu atau Cina: 怒江; pinyin: Nù Jiāng atau Sungai Salween).

Nu hidup terutama di provinsi Yunnan. 90% dari mereka yang ditemukan di Gongshan, Fugong dan Lanping di Provinsi Yunnan, bersama dengan Lisu, Drung, Tibet, Nakhi, Bai dan Han. Ada juga distribusi tipis dari Nu di Weixidi, Prefektur Otonomi Tibet Diqing dan Zayu di Daerah Otonomi Tibet, terutama di perbatasan antara Yunnan dan Tibet.

Nu berbicara dalam dalam keluarga bahasa Tibet-Burma. Mereka tidak memiliki bahasa tertulis dari mereka sendiri, meskipun pemerintah Tiongkok baru-baru ini membantu mereka untuk mengembangkan skrip berdasarkan abjad Latin.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]