Suku Ionia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Letak Ionia kuno di pesisir Turki modern.

Suku Ionia (bahasa Yunani: Ἴωνες, Íōnes) adalah satu dari empat suku utama yang merupakan leluhur bangsa Yunani,[1] tiga suku lainnya adalah suku Doria, suku Aiolia, dan suku Akhaia. dialek Ionia sendiri menjadi salah satu dari tiga dialek utama dalam bahasa Yunani di Yunani kuno, bersama dengan dialek Doria dan dialek Aiolia.

Di Yunani Klasik, suku Ionia dapat merujuk pada beberapa pengertian. Dalam arti sempit, suku Ionia adalah penghuni daerah Ionia di Asia Kecil (Turki modern). Dalam arti luas, suku Ionia meliputi semua penutur dialek Ionia, termasuk penduduk Euboia, Kyklades dan banyak koloni Ionia. Dan dalama arti yang lebih luas lagi, suku Ionia adalah semua penutur bahasa Yunani Timur, yang meliputi juga dialek Attika.

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Apollodoros I, 7.3

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

  • Myres, John Linton (1910-1911). "Ionians". The Encyclopedia Britannica: a Dictionary of Arts, Sciences, Literature and General Information 14 (ed. 11). Cambridge, England and New York (printed): Cambridge University Press, Online Encyclopedia. hlm. 730–731. Diakses 2008-01-10.