Sukot (disambiguasi)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Sukot adalah nama beberapa tempat yang disebutkan beberapa kali di Alkitab Ibrani atau Perjanjian Lama di Alkitab Kristen:

  • Kota kuno di sebelah timur sungai Yordan, yang diidentifikasi sebagai Tell Deir Άlla, gundukan tinggi dan penuh puing-puing, sekitar 1 mil (1.6 km) di dataran sebelah utara sungai Yabok (Kitab Yosua 13:27).
    • Yakub membuat rumah dari daun-daunan (sukkot artinya "gubuk" atau "pondok daun-daunan") di sini untuk ternaknya, setelah perjumpaannya dengan Esau, ketika pulang dari Padan-aram (Kitab Kejadian pasal 33:17).
    • Di kitab Hakim-hakim tertulis bahwa pemimpin di Sukot menolak membantu Gideon dan pasukannya ketika mereka membuntuti salah satu rombongan pengungsi Midian setelah kemenangan besar di Gilboa. Setelah mengalahkan rombongan ini, Gideon kembali untuk menghukum pemimpin kota itu dengan berat:
Kemudian kembalilah Gideon bin Yoas dari peperangan dengan melalui pendakian Heres; ditangkapnyalah seorang muda dari penduduk Sukot. Setelah ditanyai, orang itu menuliskan nama para pemuka dan para tua-tua di Sukot untuk Gideon, 77 (tujuh puluh tujuh) orang banyaknya. Lalu pergilah Gideon kepada orang-orang Sukot sambil berkata: "Inilah Zebah dan Salmuna yang karenanya kamu telah mencela aku dengan berkata: Sudahkah Zebah dan Salmuna itu ada dalam tanganmu, sehingga kami harus memberikan roti kepada orang-orangmu yang lelah itu?" Lalu ia mengumpulkan para tua-tua kota itu, ia mengambil duri padang gurun dan onak, dan menghajar orang-orang Sukot dengan itu.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]