Sujudku

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Sinetron "Sujudku"

Sujudku adalah satu sinetron sctv.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

ALIF adalah tokoh utama dalam cerita ini. Dia seorang pemuda tampan berusia 21 tahun, yang selalu memegang prinsip bahwa kata-kata yang keluar dari mulut ibu tirinya adalah perintah yang harus dijalankan. Semenjak ANWAR –ayahnya yang pengusaha sukses- meninggal ketika usianya baru 4 tahun, ALIF tak lagi percaya sama agama ataupun Allah. Bukan itu saja, dia sangat benci dan dendam pada perempuan yang telah membunuh ayahnya, yaitu FATIMAH.

ALIF tumbuh dewasa dan sangat disayangi oleh BU PRATOMO, neneknya dari pihak ayah. ALIF sendiri mempunya adik tiri (anak dari SAFIRA dan ANWAR) bernama HAFIZ yang sangat malas dan bodoh.

Semenjak kematian ANWAR, SAFIRA –ibu tiri ALIF- mengambil alih jalannya perusahaan kontraktor yang mereka punya. SAFIRA adalah tipe perempuan licik dan jahat. Ia pulalah yang mengontrol kehidupan ALIF dan selalu bersandiwara seolah-olah dia adalah ibu terbaik di dunia. SAFIRA selalu terlihat lembut, sayang dan penuh perhatian pada ALIF. Di mata ALIF, SAFIRA memang nyaris tiada cela.

Semua sandiwara itu dijalankan SAFIRA demi satu hal, yaitu warisan kekayaan almarhum suaminya. Ia paham benar, bahwa ALIF yang akan menggantikan dan memiliki perusahaan itu begitu usianya menginjak 21 tahun. Otomatis semua hal yang menyangkut keuangan perusahaan hanya bisa lolos atas izin ALIF dan istrinya kelak. Untuk itulah SAFIRA merancang banyak hal agar perusahaan itu nantinya jatuh ke tangan HAFIZ, anak kandungnya sendiri.

Karena dari kecil kepribadian ALIF dibentuk oleh SAFIRA, maka ALIF tumbuh menjadi pemuda tipe 'anak mama'. Dalam segala hal ia bahkan tak berani mengambil keputusan sendiri. SAFIRA juga berusaha keras untuk memilihkan siapa perempuan yang akan menikah dengan ALIF kelak. Akhirnya ia menjodohkan ALIF dengan seorang gadis bayaran bernama TANIA. TANIA dibayar SAFIRA untuk bisa merayu dan mendekati ALIF. Jika benar nantinya ALIF menikahi TANIA, maka SAFIRA akan leluasa untuk menyetir perusahaan mereka.

Tidak ada yang tau tentang rencana jahat SAFIRA ini, baik ALIF maupun BU PRATOMO, mertua SAFIRA. Pasangan SAFIRA dalam melakukan kejahatan adalah SONI –adik kandungnya- yang gagap dan konyol. Tapi ia sama jahatnya dengan SAFIRA.

Orang lain yang dianggap sebagai keluarga sendiri dalam keluarga ANWAR adalah YUSUF, 22 tahun. Ia adalah anak yatim sahabat baik ALIF. Almarhum ayah YUSUF dulunya adalah karyawan ANWAR yang setia. Semenjak ayahnya meninggal, ANWAR mengangkatnya sebagai anak. Setelah dewasa, YUSUF bekerja sebagai anak buah ALIF.

ALIF dewasa tumbuh menjadi anak yang sangat berbakti pada ibunya. Dia melakukan apapun yang SAFIRA perintahkan dan sama sekali gak pernah membangkang. Bagi ALIF, ibunya adalah Tuhan…

ALIF sama sekali tak rela jika ada orang yang menghina atau membuat ibunya sakit hati. Ia juga masih menyimpan dendam pada perempuan yang telah membunuh ayahnya.

Sementara itu di tempat lain ada seorang gadis cantik, sederhana dan pintar bernama ANISSA, 19 tahun. Dia adalah anak kandung dari FATIMA, perempuan yang telah membunuh ayah ALIF. Sebenarnya FATIMA tidak bersalah, karena ia membunuh ANWAR untuk membela diri dan mempertahankan harga diri.

Waktu itu ia yang sudah ditinggal mati suami, datang ke kantor ANWAR untuk melamar kerja. Tapi bukan pekerjaan yang didapat, melainkan pelecehan seksual. ANWAR sempat merayunya dan ingin menjadikannya istri. FATIMA yang terdesak mencoba melindungi diri. Ketika sampai di balkon lantai atas, FATIMA terpaksa mendorong tubuh ANWAR yang hendak kurang ajar padanya. ANWAR terjatuh dari lantai atas gedung kantornya...

Saat itu usia ANISSA baru 2 tahun dan akhirnya ia dititipkan ke AYUNI (adik FATIMA), ketika FATIMA harus mendekam di bui. ANISSA dipelihara oleh AYUNI dan ustadz OMAR (suami AYUNI) dengan penuh kasih sayang dan didikan agama yang kuat. ANISSA sama sekali tidak tau tentang rahasia besar ini, karena setahunya AYUNI dan OMAR adalah orang tua kandungnya. Mereka sengaja menutup-nutupi bahwa ibu kandung ANISSA dipenjara.

Hingga ANISSA dewasa dan mendapat beasiswa untuk kuliah di Australiapun, ANISSA sama sekali tidak tau tentang rahasia ini.

Semasa hidupnya ustadz OMAR membangun sebuah rumah singgah untuk anak fakir miskin dan yatim piatu. Ketika kemudian ustadz OMAR meninggal, AYUNI dan ANISSA merasa sangat bertanggungjawab atas kelangsungan rumah singgah itu. Bagi mereka warisan OMAR tersebut adalah hak anak-anak rumah singgah yang harus diperhatikan.

ANISSA belum sempat menyelesaikan kuliahnya di Australia, ketika kemudian pulang karena merasa terpanggil untuk mengurus rumah singgah warisan OMAR. Meskipun pernah mengecap pendidikan di luar negeri, tapi ANISSA tetap sederhana, religius dan penampilannya konvensional. Hidupnya diabdikan untuk mengurus orang miskin dan anak-anak jalanan, meneruskan cita-cita almarhum ustadz Omar.

Di sinilah kisah cinta antar ALIF and ANISSA dimulai…

Ketika usia ALIF menginjak 21 tahun, warisan perusahaan property itu secara resmi langsung dipindahtangankan atas nama ALIF. SAFIRA dan SONI pun memutuskan untuk segera memnjalankan aksinya. Dia menyewa TANIA –artis figuran yang tak laku dan sangat membutuhkan uang. TANIA disuruh mendekati ALIF, membuatnya jatuh cinta dan kemudian secara perlahan membujuknya agar perusahaan itu dipindahtangankan ke SAFIRA.

Tapi sebelum Ramadhan tiba, ALIF berjumpa tak sengaja dengan ANISSA. ALIF langsung terpana dengan kecantikan gadis itu. Ia sama sekali tak tau latar belakang ANISSA yang sebetulnya anak kandung dari perempuan yang membunuh ayahnya. ALIF juga sama sekali tak tahu bahwa lahan yang hendak ia gusur dan ia bangun menjadi mal terbesar se Asia, adalah rumah singgah milik ANISSA. ANISSA mempertahankan mati-matian rumah singgah itu ketika orang-orang ALIF datang dan memaksa dengan iming-iming ganti rugi yang besar.

Ketika ALIF datang dengan buldozer dan ia kaget ketika ANISSA menghadang di depannya. ALIF dilanda dilema. Di satu sisi, ia ingat perintah ibunya untuk meneruskan proyek besar itu, tapi di sisi lain, ia tak kuasa menipu hatinya bahwa ia jatuh cinta pada ANISSA/ Ia jadi tak tega menghancurkan milik ANISSA.

Mereka pun sempat bermusuhan. ANISSA yang marah besar memberinya satu pelajaran yang dalam dan berharga tentang pentingnya arti rumah singgah itu bagi dirinya dan orang-orang yang membutuhkannya. ALIF juga salut pada keberanian ANISSA mempertahankan idealismenya.

Sampai suatu ketika, akhirnya ALIF memutuskan untuk tidak jadi menggusur rumah singgah itu. Tapi ALIF menghadapi dilema karena ibunya sangat menginginkan proyek itu.

SAFIRA marah besar tanpa setahu ALIF. ANDI –tangan kanannya- akhirnya diutus SAFIRA untuk menangani hal ini. Dengan teganya SAFIRA menyuruh ANID agar memberi ANISSA pelajaran berharga karena sudah menghancurkan rencananya. ANISSA sempat dijebak dan nyaris diperkosa di sebuah tempat, hingga akhirnya justru ALIF yang tak sengaja datang menolong.

ALIF mulai rajin mengunjungi ANISSA. Ia mulai mengagumi ANISSA. Ia bahkan yakin ibunya akan suka ANISSA juga. ANISSA sedikit demi sedikit mulai memberi pengaruh ALIF agar percaya sama ALLAH. Pada beberapa kejadian, mereka memang sempat salah paham. Tapi akhirnya bisa diselesaikan. Dan dari situ pula ANISSA mengambil kesimpulan bahwa ALIF sebenarnya orang yang baik hati. Seiring berjalannya waktu, akhirnya mereka saling jatuh cinta.

Biarpun TANIA berusaha keras tapi ia tak pernah berhasil meluluhkan hati ALIF. Alif malah semaiin dekat dengan ANISSA dan perangainya juga ikut berubah semakin baik. BU PRATOMO tentu saja girang dengan hal ini. Sebaliknya SAFIRA justru semakin panik melihatnya. Dia menggunakan taktik untuk memisahkan ALIF dengan ANISSA. Sampai kemudian SAFIRA memaksa ALIF untuk melamar TANIA menjadi istrinya. Tapi ALIF menolak karena tak bisa mencintai TANIA.

AYUNI yang mengetahui bahwa ALIF adalah anak dari ANWAR, tentu saja ikut kalut melihat hubungan mereka. AYUNI dan FATIMA sama sekali tak ingin ANISSA berhubungan dengan ALIF mengingat masa lalu mereka.

Suatu saat ALIF cerita ke ANISSA tentang almarhum ayahnya dan sangat membenci perempuan yang membunuh ayahnya itu. ALIF juga bilang bahwa ia membenci seluruh keluarga atau siapapun yang punya hubungan dengan si pembunuh. Tapi... ALIF sama sekali tak tahu bahwa ia sedang jatuh cinta dengan anak pembunuh itu.

SAFIRA akhirnay nekad mendatangi AYUNI dan memainkan banyak rencana hingga AYUNI merasa bahwa mereka keluarga jahat. AYUNI mulai takut dan melarang ANISSA untuk berhubungan dengan ALIF lagi. Tapi ANISSA minta alasan yang jelas kenapa ia dilarang, tentu saja AYUNI tak mampu menjelaskan.

Dalam kecemasaannya dan ketakberdayaannya, AYUNI terkena serangan jantung. ANISSA menangis. Demi ibunya, akhirnya ia rela meninggalkan ALIF yang terlanjur dicintainya.

ALIF juga patah hati. Ia tak rela diputus sepihak tanpa alasan yang jelas. Demi menghindari ALIF, ANISSA bahkan rela pura-pura pacaran dan tunangan dengan RISYAD, mantan temannya semasa kuliah di Australia dulu, yang kebetulan juda dikenal keluarga ALIF. Semua itu dilakukan ANISSA agar ALIF membencinya dan menjauhinya.

Karena masalah ini, ALIF membenci Allah lagi. Dia tak lagi percaya dengan cinta ataupun Allah. Bahkan ia merasa tak ada gunanya hidup di dunia. Ia pun jadi keras dan egois lagi. Tapi bagaimanapun ALIF tak bisa melupakan ANISSA, cinta pertamanya itu. Ia tak percaya bahwa gadis seperti ANISSA tega mencampakkannya. Tapi SAFIRA dengan lihai mencuci otaknya seolah-olah ANISSA memang jahat dan tak pantas untuknya.

Hingga akhirnya SAFIRA 'mengancam' agar ALIF segera mau menikah dengan TANIA. BU PRATOMO sebenarnya tak tega dengan ALIF, karena ia tau ALIF dan ANISSA slaing mencintai. Tapi SAFIRA memaksa, karena ia sudah janji dengan ibunya TANIA untuk menjodohkan anak-anak mereka. Padahal ini semua demi impiannya untuk segera mengambil alih perusahaan itu.

ANISSA mendengar kabar rencana pernikahan ALIF dengan ANISSA. Ia pun patah hati karena sejujurnya ia masih sangta mencintai ALIF. AYUNI melihat betapa besarnya cinta ANISSA dan ia jadi tak tega memisahkan mereka. Akhirnya AYUNI dengan doa restu, menyuruh ANISSA untuk menemui ALIF. ANISSA kaget bercampur senang, akhirnya ia pergi ke rumah ALIF.

Ketika ALIF hendak mengucapkan ijab kabul di depan penghulu, mendadak ANISSA datang. ALIF yang menangis sedih karena gagal menikah dengan ANISSA, sangat kaget dan bahagia mengetahui cintanya datang. TANIA ia tinggalkan dan mereka berpelukan dalam tangis keharuan. Mereka nyaris tak percaya bahwa keajaiban itu akan terjadi. Tentu semua ini karena campur tangan Allah, bahwa mereka memang berjodoh.

SAFIRA sangat kesal karena lagi-lagi rencananya gagal. Sementara BU PRATOMO dan YUSUF ikut senang dengan kebahagiaan ALIF.

ALIF akhirnya menikahi ANISSA, tapi apakah perkawinan mereka akan bertahan jika mereka tahu bahwa ANISSA adalah anak kandung FATIMA? Bagaimana sikap ANISSA jika ia tahu masa lalu keluarganya? Apakah ALIF akan meninggalkan ANISSA jika tahu masa lalunya? Apakah SAFIRA akan berhasil dengan segala rencana liciknya? Apa yang akan ANISSA lakukan setelah tahu semua rencana busuk Safira? Bagaimana SAFIRA akan menggunakan masa lalu ANISSA sebagai kartu as-nya? Dapatkah ALIF melihat sisi jahat ibunya? Apakah cinta ALIF dan ANISSA bisa bertahan dalam menghadapi semua rintangan ini?

Kita akan menemukan semua jawabannya dalam sinetron 'SUJUDKU'