Suikoden

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Untuk game-game lainnya yang terkait atau menggunakan judul Suikoden/Batas Air, lihat di artikel Batas Air.
Genso Suikoden
Logo Suikoden
Pengembang Konami (KCET)
Penerbit Konami
Perancang Hidehito Okamoto,
Junko Kawano,
Fumi Ishikawa
Platform PlayStation 2, Playstation, GBA
Genre Permainan Peran(RPG)
Mode Satu pemain
Rating ESRB: Teen
CERO: 13+
OFLC: MA13+
Media digital/distribusi DVD-ROM, CD-ROM

Suikoden (bahasa Jepang: 幻想水滸伝, Genso Suikoden) adalah serial permainan konsol berjenis RPG(permainan peran) yang dikeluarkan oleh Konami untuk konsol permainan Sony Playstation. RPG Suikoden dibuat dengan mengambil unsur 108 Stars of Destiny dari roman dan novel Republik Rakyat Tiongkok berjudul Tepi Air (Jepang: Shui Hu Zhuan, Inggris: Water Margin). Sampai akhir tahun 2007, Konami telah merilis 5 seri utama Suikoden dan 4 seri tambahan (spin-off) Suikoden. Target pangsa pasar utama Konami untuk permainan ini adalah negara Jepang.

Tema umum[sunting | sunting sumber]

Cerita Suikoden buatan perusahaan Konami ini berkisah seputar intrik politik, revolusi, dan permainan takdir yang ditokohi oleh pahlawan sederhana yang membentuk pasukan melawan kejahatan bersama sekutunya. Berbeda dari kebanyakan RPG, Suikoden memberikan intrik cerita yang realistis seputar politik. Biasanya cerita dimulai dari pemeran utama yang merupakan orang biasa dan lemah, kemudian menggalang kekuatan dalam mengalahkan lawannya.

Suikoden menyajikan banyak karakter yang dapat dimainkan, ini merupakan hal yang membuatnya unik di antara RPG lain. Suikoden terkenal dengan 108 Stars of Destiny yang bisa direkrut. Sistem permainan meliputi pertarungan acak di peta dunia dan dungeon tingkatan level karakter. Suikoden memiliki setidaknya tiga sistem pertarungan yaitu sistem turn-based yang digunakan pada pertarungan acak, sistem pertarungan satu lawan satu (duel), dan sistem strategic turn-based dalam pertarungan antar pasukan. Dalam RPG ini pemain akan membentuk sebuah pasukan dan memiliki markas yang akan bertambah besar seiring perjalanan permainan. Berbagai permainan selingan dan side quest juga ikut meramaikan permainan ini. Penggunaan data memory (save file) dari permainan seri Suikoden sebelumnya juga merupakan salah satu tonggak awal trend bagi permainan video lainnya.

Tidak seperti hampir seluruh serial Final Fantasy(permainan video buatan Square Enix), setiap serial Suikoden berlangsung di dunia yang sama dan setiap cerita berhubungan satu dengan yang lain. Dalam serial Suikoden, sudut pandang cerita tidak hanya tetap dari satu pihak saja melainkan berpindah-pindah tergantung dari latar tempat dan waktu cerita tersebut. Oleh karena itu, tidak aneh apabila ada satu karakter yang muncul dalam lebih dari satu seri dengan peran yang berbeda.

Pemain ditugaskan untuk menyelesaikan permainan yang telah memiliki jalan cerita secara bertahap, terdapat jalan cerita yang harus diselesaikan sebelum menamatkan permainan ini, tetapi ada juga jalan cerita yang hanya sebagai tambahan, salah satunya adalah mengumpulkan 108 tokoh kedalam kelompok pemain. Pengumpulan 108 itu tidaklah harus dan mutlak, tetapi jika kita mengumpulkan seluruhnya maka pemain akan mendapat suatu bonus. Angka 108 sendiri diambil dari roman Tiongkok yaitu Shui Hu Zhuan/Water Margin, dimana pada saat itu terdapat dan terpilih 108 pahlawan yang bersatu dan berkumpul di hall kesetiaan, mereka memimpin puluhan ribu orang, padahal awalnya mereka hanya kelompok kecil. Cerita tersebut tidak jauh beda dengan cerita yang ada pada Suikoden; dari kekuatan kecil mengumpulkan pasukan dan menjadi kekuatan besar mengalahkan musuh.

Pemasaran dan popularitas[sunting | sunting sumber]

Sebelumnya perusahaan Koei telah membuat permainan yang berjudul sama, dengan menggunakan latar belakang dan sejarah Suikoden asli pada konsol Nintendo. Kemudian Suikoden diambil alih oleh Konami, tetapi Konami membuat isi Suikoden hampir semuanya tidak berdasarkan sejarah asli Suikoden, hanya menggunakan beberapa event dan angka 108 nya yang diambil. Suikoden buatan Konami pertama muncul di konsol permainan Playstation, tetapi kurang sukses karena hampir bersamaan tahun dengan munculnya seri Final Fantasy 7. Final Fantasy saat itu sudah mengalami ketenaran, sedangkan Suikoden baru saja muncul seri pertamanya, apalagi Final Fantasy sudah menggunakan grafik 3 dimensi sedangkan Suikoden masih menggunakan 2 dimensi. Suikoden juga muncul di Sega Saturn tetapi di konsol permainan ini nama Suikoden malah hampir tidak terdengar jika dibandingkan dengan yang muncul di Playstation.

Setelah munculnya Suikoden 2, popularitas Suikoden naik melesat dan menjadi salah satu permainan jenis RPG terbaik versi beberapa majalah dan situs permainan. Keluarnya Suikoden satu seri Suikoden dan seri selanjutnya biasanya berbeda sekitar 2-3 tahun, dan disetiap seri kadang-kadang ada satu sub-seri seperti Suikogaiden vol.1 dan 2, Suikoden tactics. Sub-seri Suikoden memiliki sedikit hubungan cerita yang berkaitan dengan seri utama Suikoden, tetapi mempunyai sistem permainan yang berbeda.

Suikoden 3 adalah satu satu seri yang paling banyak menerima komplain karena memberikan perubahaan yang besar bagi seri Suikoden, salah satu di antaranya adalah perubahaan grafik 2 dimensi ke 3 dimensi, ada pihak yang memberi dukungan tetapi ada juga pihak yang menolak.Namun diluar hal tersebut game ini juga dianggap memiliki jalan cerita yang termasuk terbaik dari serial Suikoden, terbuikti dengan beberapa penghargaan yang diterima dari GameSpot "Best RPG of the Year 2002" dan IGN "Top 25 PS2 Games of All Time".Suikoden 4 kemudian muncul dan mengalami kritikan yang lebih besar karena semakin diluar jalur yang menjadi ciri khas Suikoden, salah satunya adalah penggunaan markas di kapal yang dianggap aneh, kemudian Suikoden 4 mempunyai cerita yang relatif sedikit dan pendek.

Umumnya permainan Suikoden buatan Konami muncul di konsol permainan Sony (Playstation dan Playstation 2), dan hanya muncul sekali di konsol Sega Saturn dan Gameboy Advance. Untuk versi jepang, Konami menambah kata Genso(Gensou) di depan, menjadi Genso(atau Gensou) Suikoden.

Penilaian oleh beberapa situs permainan[sunting | sunting sumber]

Pada saat Suikoden yang pertama dirilis, IGN menklaim permainan ini akan sangat mudah menjadi permainan RPG terbaik tahun ini, karena menganggapnya mempunyai cerita yang sederhana dan latar belakang visual dan musik yang cantik dan fantatis[1]. Rottentomatoes memberi nilai rating 60%[2], Game Revolution memberi nilai A- terutama ditujukan untuk musik di dalam permainan[3]. RPGamer menyatakan juga bahwa game ini sangat orisinal dan nyata, beda dengan cerita umum tentang orang-orang misterius yang mempunyai kekuatan untuk menyelamatkan dunia, dan permainan ini sangat sederhana dan memberi rating 7[4]. Gamespot memberi nilai 6,5 dan menyatakan bahwa permainan ini mudah dan pendek.

Suikoden 5 muncul tahun Februari 2006 dan menerima banyak penghargaan seperti “the best story RPG” versi IGN[5] dan Gamespot. Tidak lama setelah itu juga keluar pembuatan ulang paket Suikoden 1 dan 2 untuk konsol permainan Sony PSP, tetapi memiliki angka penjualan yang sangat sedikit di jepang yaitu sebanyak 21.707 kopi[6].

Penjualan[sunting | sunting sumber]

Seri Negara yang dirujuk Tahun Konsol Angka penjualan[7]
Suikoden III Jepang 2002 Playstation 2 377,729
Suikoden III Amerika 2002 Playstation 2 190,000
Suikoden IV Jepang 2004 Playstation 2 303,069
Suikoden V Jepang 2006 Playstation 2 194,780

Pengembang dan Tokoh Penting[sunting | sunting sumber]

Yoshitaka Murayama adalah orang pertama yang menciptakan Suikoden. Ia menulis cerita dan memproduksi Suikoden dari seri pertama sampai ketiga. Noritada Matsukawa menggantikan posisinya sebagai Sutradara Senior mejelang akhir pembuatan Suikoden III dan posisi produser digantikan oleh Junko Kawano yang merupakan perancang karakter untuk serial pertama Suikoden. Hal ini memicu banyak respon dari penggemar, terutama karena skenario yang dibuat pada Suikoden banyak yang menyalahi plot pada serial Suikoden terdahulunya.

Rancangan karakter untuk Suikoden II dan Suikoden III adalah Fumi Ishikawa. Untuk Suikoden I dan Suikoden IV rancangan karakternya ditangani oleh Junko Kawano. Beberapa orang penting lainnya adalah Noritada Matsukawa, Takayuki Kobayashi (programmer), Takahiro Sakiyama (direktur Suikoden V), Kenichiro Okamoto (programmer), dan Hidehito Okamoto (programmer).

Seri Suikoden[sunting | sunting sumber]

Seri Utama[8][sunting | sunting sumber]

Seri Lainnya[sunting | sunting sumber]

Dunia Suikoden[sunting | sunting sumber]

Sejarah Dunia Suikoden[sunting | sunting sumber]

Alkisah terdapatlah "kegelapan" yang kesepian. karena kesepian, "kegelapan" tersebut menitikkan air mata. Dari "tangisan" tersebut, sepasang saudara, Perisai (shield) dan Pedang (Sword) lahir. Perisai berkata ia dapat menangkis segala jenis serangan. Pedang berkata ia dapat membelah menembus apa saja. Kedua saudara tersebut akhirnya memulai sebuah pertarungan legendaris. Pada akhirnya kedua saudara hancur. Pedang menjadi langit, dan Perisai menjadi bumi, pecahan dari pertarungan mereka menjadi bintang. 27 permata yang bertahtakan pada Pedang dan Perisai jatuh ke bumi dan menjadi "27 True Runes"[13].

27 True Runes dan Runes[sunting | sunting sumber]

Untuk artikel utama, lihat di 27 True Runes.

True Runes adalah entitas yang dianggap memiliki kedudukan sebagai Tuhan/Dewa dalam dunia Suikoden. True Rune memiliki kekuatan luar biasa yang berbeda-beda, True Rune juga memiliki kehendak sendiri dalam memilih pemilik/bearer-nya. Pemilik True Rune akan awet muda (namun tetap menjadi dewasa walaupun dengan 'waktu' yang berbeda dengan manusia normal) dan tidak dapat mati karena sakit ataupun usia, kecuali bila terbunuh dalam pertempuran tentu saja. Karena kekuatan besarnya entitas ini dicari oleh berbagai pihak dan menyebabkan banyak peperangan. Di balik kekuatan luar biasa yang dikandungnya, True Rune biasa juga meminta harga yang mahal sebagai gantinya. 27 True Runes atau dapat diterjemahkan sebagai 27 Rune Sejati adalah sebuah alat sebagai kekuatan besar di dalam permainan Suikoden. True Runes dapat dianalogikan seperti Deus Ex Machina karena mereka dianggap sebagai Dewa di dunia Suikoden.

Dalam game, True Rune memiliki 'anak Rune' yang berupa kristal sihir dan memiliki kekuatan sihir yang dapat digunakan pemiliknya. Rune ini dapat dibeli dan diperoleh dari memenangkan pertarungan melawan musuh, dari peti harta di dungeon, atau memenangkan permainan tertentu. Untuk memasangkan rune ke karakter pemain harus menggunakan kemampuan Rune Master/Misstress. Secara umum True Rune dan Rune dapat dipasang di berbagai bagian tubuh, namun di dalam permainan pemain hanya dapat memasangnya di kepala dan kedua tangan. True Rune milik karakter dalam permainan biasanya terletak di tangan kanan.

Daftar True Rune yang pernah muncul adalah :

  • Sun Rune (Suikoden V)
  • Dawn Rune (Suikoden V)
  • Twilight Rune (Suikoden V)
  • Rune of punishment (Suikoden IV)
  • Rune of beginning, dipecah menjadi dua, Bright Shield Rune dan Black Sword Rune (Suikoden II)
  • Rune of Life and Death, lebih dikenal sebagai Soul Eater (Suikoden I)
  • Dragon Rune (Suikoden I)
  • Gate Rune, dipecah menjadi dua Front dan Back (Suikoden I)
  • True Fire rune (Suikoden III)
  • True Lightning rune (Suikoden III)
  • True Earth rune (Suikoden III)
  • True Wind rune (Suikoden III)
  • True Water rune (Suikoden III)
  • Beast rune (Suikoden II)
  • Sovereign rune (Suikoden I)
  • Moon Rune (Suikoden II)
  • Night Rune, dalam wujud pedang yaitu Star Dragon Sword (Suikoden I)

Daftar True rune yg diketahui tapi tidak pernah muncul :

  • Rune of Change
  • Circle Rune

Geografi[sunting | sunting sumber]

Suikoden berlatar di sebuah dunia yang disebut Suiko World. Dunia ini terbagi menjadi beberapa bagian [14]. Peta ini menunjukkan Suiko World pada masa berakhirnya Suikoden III.

Pada seri pertamanya, permainan berlangsung di daerah Toran (yang kemudian menjadi Republik Toran. Suikoden II berlangsung di Jowston, yang kemudian berubah nama menjadi Dunan, dan Highland Kingdom di sebelah utara Toran. Suikoden III berlangsung di daerah Zexen, Grassland dan sebagian kecil daerah Harmonia. Suikoden IV berlangsung di daerah kepulauan Island Nation sementara Suikoden V berlangsung di negara keratuan Falena. Suikoden tactics bersetting cerita di Island Nations dan Kooluk. Suikogaiden kebanyakan bersetting di daerah Harmonia, dan Jowston.

Negara-negara yang telah muncul atau pernah dibahas di Suikoden adalah[15];

  1. Negara suci Harmonia
  2. Grassland
  3. Federasi Zexen
  4. Republik Toran / Kekaisaran Scarlet Moon
  5. Republik Dunan / Negara-Kota Jowston
  6. Republik Tinto
  7. Kanakan
  8. Kerajaan Highland (akhir suikoden 2 menjadi bagian dari Dunan)
  9. Keratuan Falena
  10. Kerajaan New Armes
  11. Kekaisaran Kooluk
  12. Kadipaten Gaien
  13. Teokrasi Nagarea
  14. Kerajaan Zelant
  15. Federasi Negara-Negara Kepulauan (Island Nations Federation)
  16. Keksatriaan Kamaro

108 Stars of Destiny[sunting | sunting sumber]

Untuk daftar lengkap, lihat di 108 Stars of Destiny.

Suikoden menggunakan konsep yang sama dengan sejarah Shui Hu Zhuan, yaitu menggunakan 108 tokoh sebagai pahlawan (kecuali suikoden tactics karena tidak menggunakan cara 108 stars of destiny) . Kita diperbolehkan untuk mengumpulkan 108 orang yang sudah ditentukan sepanjang permainan untuk membentuk suatu koloni. Dari daftar 108 itu ada tokoh yang otomatis bergabung atau wajib bergabung karena memiliki hubungan dengan cerita utama, dan ada juga yang optional (tambahan) boleh kita rekrut atau tidak. Jika kita berhasil mengumpulkan 108 tokoh tersebut, biasanya akan mendapat sebuah bonus tambahan seperti ending spesial. Setiap tokoh 108 ini memiliki jenis bintangnya sendiri sebagai simbolnya. Umumnya pemeran utama dalam permainan ini adalah bintang Tenkai. Seorang tokoh yang keluar lebih dari 1 seri memiliki jenis bintang yang sama pada seri berikutnya, sebagai contoh viki dan jeane. Setiap jenis bintang kadang-kadang mempunyai relasi antar satu dengan lainnya.

Tokoh[sunting | sunting sumber]

Untuk artikel utama, lihat di Tokoh permainan Suikoden.

Dalam dunia Suikoden terdapat ras - ras lain selain manusia (human) atau biasa disebut demi-human. Berikut adalah ras - ras yang telah diketahui dalam dunia Suikoden[16]:

  • Manusia (Human)
  • Kurcaci (Dwarf)
  • Elf
  • Kobold (ras manusia anjing)
  • Nay-Kobold (ras manusia kucing)
  • Duck Clan (suku manusia bebek)
  • Lizard Clan (suku manusia kadal)
  • Putri duyung (Mermaids)
  • Beavers (ras manusia berang - berang)
  • Winghord (ras manusia burung)
  • Werewolf (ras manusia serigala yang sudah punah)
  • Fishman (bukan ras, tetapi lebih ke mahkluk ciptaan/buatan)
  • Vampire Clan (makhluk yang tercipta hasil pengaruh Blue Moon Rune, hidup terpisah dari dunia manusia)
  • Porpos Kin (suikoden Tierkreis)
  • Furious Roar (suikoden Tierkreis)
  • Auster Folk (klan manusia_monster bertanduk satu)

Berikut adalah tokoh-tokoh penting maupun yang tidak yang keluar lebih dari 1 seri suikoden;

  • Leknaat, wanita penyihir buta yang selalu muncul dan menghilang tanpa jejak
  • Jeane, wanita penyihir yang terkenal akan keahlian dibidang rune
  • Viki, gadis polos yang sering menghilang dan hilang ingatan tanpa sebab
  • Luc, anak asuhan Leknaat yang memiliki kekuatan magis kuat
  • Futch, anggota dari klan Naga
  • Humprey, anggota dari klan Naga
  • Apple, penasihat yang sering berada disamping ahli strategi terkenal, terutama keluarga silverberg
  • Ted, Penjelajah yang telah hidup lebih dari 300 tahun dengan Soul Eater Rune
  • Pesmerga & Yuber, Anggota Crimson Clan yang misterius dan menggunakan pakaian hitam
  • Lorelai, Penjelajah yang selalu misterius akan keberadaan Sindar Ruins,saingan Killey dalam hal Sindar Ruins
  • Killey, Penjelajah yang selalu misterius akan keberadaan Sindar Ruins,saingan Lorelai dalam hal Sindar Ruins
  • Georg Prime, Seorang Prajurit Queendom Falena,dialah yang membunuh Queen Arshtat atas permintaan Ferid
  • Zenoa,Penyihir penjaga batu 108 karakter, dari dunia lain& muncul pada suikoden tierkreis

Cerita[sunting | sunting sumber]

Suikoden I[sunting | sunting sumber]

Untuk artikel utama, lihat di Suikoden (permainan video).

Permainan berlatar belakang di sebuah kerajaan bernama Scarlet Moon Empire yang berada di daerah Toran. Kerajaan ini diperintah oleh Barbarossa Rugner. Tokoh utama game ini adalah Tir McDohl (nama resmi yang diberikan untuk novelnya, nama resmi gamenya adalah McDohl), putra dari Teo McDohl yang merupakan salah satu jenderal besar di kerajaan Scarlet Moon. Cerita bermula dari Tir yang telah mengetahui tentang ketidak-beresan di dalam kekaisaran Scarlet Moon yang salah satu penyebabnya adalah wanita disamping Kaisar Barbarossa, Windy. Tir kemudian memutuskan untuk bergabung dengan suatu kelompok pembebasan yang dianggap oleh kerajaan sebagai kelompok pemberontak. Kelompok pembebasan ini diketuai oleh seorang wanita bernama Odessa, dan disamping Odessa terdapat 2 orang pria sebagai wakilnya yaitu Flik dan Viktor. Tir yang dianggap pengkhianat oleh kerajaan karena memihak kelompok pembebasan ini, kemudian melarikan diri dan bersembunyi di salah satu markas kelompok pembebasan dibawah tanah. Pada suatu waktu markas rahasia ini ketahuan oleh kerajaan Scarlet Moon dan kemudian diserang, pada penyerangan ini menyebabkan ketua dari kelompok pembebasan meninggal, dan sebelum meninggal dia berpesan bahwa Tir McDohl akan ditunjuk sebagai penggantinya. Pada awalnya banyak yang meragukan keputusan ini karena Tir McDohl masih muda, tapi karena pesan terakhir, pada akhirnya semua menerima.

Dalam perjalannnya ditemani beberapa karakter lain yaitu Gremio, Cleo, dan Pahn, Tir bertemu Leknaat, seorang wanita misterius yang memberitahukan bahwa Tir akan menjadi Tenkai Star, pahlawan yang akan memimpin 108 Stars of Destiny dan membawa kedamaian dan kemakmuran baru. Tir kemudian berjuang memimpin pasukan untuk membebaskan daerah Toran dari Scarlet Moon Empire yang telah dikuasai oleh penyihir istana bernama Windy.

Sebagai Tenkai Star, Tir memiliki Rune of Life and Death (Souleater Rune), sebuah True Rune yang memiliki kemampuan mengendalikan nyawa manusia. Tir mendapatkan True Rune ini menjelang teman baiknya, Ted pemilik Souleater Rune sebelumnya, menghilang dari cerita setelah sebelumnya sekarat karena sebuah pertempuran. Ted sekarat akibat pemburuan yang dilakukan oleh Windy, dimana Windy berusaha untuk merampas Souleater Rune. Ted nantinya akan kembali di seri suikoden berikutnya.

Selama menggalang kekuatan, kelompok pembebasan berhasil merekrut ahli strategi bernama Mathiu dari keluarga Silverberg, sebuah keluarga yang sudah terpandang secara generasi ke generasi. Tir dengan berat juga diharuskan melawan ayahnya sendiri, Teo McDohl yang merupakan salah satu dari 6 jendral kerajaan Scarlet Moon. Pada akhirnya Teo McDohl meninggal, dan kesedihan yang dialami Tir membuat kekuatan Soul Eater menjadi lebih kuat. Setelah melalui beberapa peperangan dan berhasil mengalahkan satu per satu jendral perang Scarlet Moon, para jendral yang ditaklukan tersebut kebanyakan bergabung dengan kelompok pembebasan, karena mereka pada dasarnya juga merasa bahwa kerajaan Scarlet Moon telah dikontrol oleh Windy, sedangkan kaisar mereka Barbarossa, tidak bertindak apa-apa membiarkan Windy bertindak sesuka hati. Para jendral itu juga menyadari kalau selama ini mereka dikendalikan oleh black rune, sebuah rune yang diberikan oleh Windy kepada mereka yang dikatakan Windy memberi kekuatan, padahal sebenarnya agar Windy dapat mengedalikan mereka. Pada akhirnya Windy berhasil dikalahkan oleh kelompok pembebasan yang telah dibantu oleh Leknaat, Luc, pasukan Ksatria Naga, Mathiu, Leon, dan lainnya. Barbarossa dan Windy yang telah dikalahkan kemudian melompat dari atas Kastil dan keberadaan mereka tidak diketahui tetapi banyak yang beranggapan bahwa mereka telah meninggal.

Suikoden II[sunting | sunting sumber]

Cerita seputar pangeran sebuah negara kerajaan Highland yang bernama Luca Blight ingin menghancurkan beberapa wilayah negara Jowston, terutama kota Muse. Luca Blight mempunyai pengalaman masa kecil yang buruk dan pahit sehingga mengubah sifatnya menjadi kejam dan dingin. Salah satu cara untuk membuat peperangan antara negaranya Highland dan Jowston berperang adalah dengan teknik adu domba, dimana Luca Blight menyerang salahsatu kelompok Brigadir Muda Highland dan menumpahkan kesalahan itu ke Jowston, sehingga kemudian Highland menyerang satu per satu kota utama Jowston mulai dari Muse, Greenhill, Two River, Tinto, Matilda, dan Southwindow. Luca Blight juga membakar desa Toto, Ryube, dan benteng-benteng Jowston.

Di antara kelompok Brigadir Muda Highland terdapat 2 pemuda yang bernama Riou dan Jowy, yang dimana Riou adalah pemeran utama dalam permainan ini. Kedua orang ini berumur antara 15-17 tahun dan merupakan sahabat baik karena dibesarkan bersama. Riou adalah seorang anak yatim dan dibesarkan oleh seseorang yang dianggap sebagai kakek angkatnya, Genkaku. Riou dibesarkan oleh Genkaku bersama dengan seorang wanita bernama Nanami yang dianggap sebagai kakak perempuan oleh Riou. Setelah penyerangan Luca ke kelompok Brigadir Muda Highland, Riou dan Jowy berhasil melarikan diri dengan melompat melalui tebing di daerah Tenzan Pass.

Setelah mereka melompat, Riou pingsan dan setelah bangun dari sadar, dia menyadari dirinya sedang berada didaerah Jowston dan kemudian ditangkap oleh pasukan Jowston, sedangkan Jowy diselamatkan oleh seorang anak kecil yang bernama Pilika yang berasal dari desa Toto. Jowy berhasil menyelamatkan Riou yang ditangkap oleh pasukan Jowston dan kembali ke kampung halaman mereka di Kyaro dan bertemu dengan Nanami. Tetapi pasukan Rowd (salah satu anak buah Luca) datang untuk menangkap mereka, disaat itu pasukan Flik dan Viktor dari Jowston datang dan menyelamatkan mereka. Setelah mengetahui bahwa Luca sendiri yang berada dibalik ambisius ini, Riou dan Jowy menyadarinya dan bergabung dengan Jowston. Mereka kemudian mendengar berita bahwa pasukan Highland telah membakar desa Toto dan Ryube, dan Pilika seorang anak kecil yang menyelamatkan Jowy dulu, telah kehilangan suaranya akibat trauma karena kedua orang tuanya dibunuh oleh pasukan Highland.

Saat di Toto, Riou dan Jowy bertemu dengan seorang wanita misterius yang bernama Leknaat dan mengatakan bahwa takdir telah memutuskan bahwa mereka berdua harus menerima pecahan Rune of Beginning, rune itu terbagi 2, yang satu bernama Bright Shield Rune diambil oleh Riou, dan yang lain bernama Black Sword Rune diambil oleh Jowy. Bersama dengan Flik dan Viktor, mereka menuju ke beberapa daerah untuk menginformasikan tentang ambisi Luca, dan akhirnya mereka sampai ke sebuah daerah yang telah hancur bernama North Window, kota ini telah dihancurkan oleh Vampir bernama Neclord. Kota ini lah yang kemudian menjadi markas utama dari Riou untuk menggalang kekuatan.

Pada awalnya pasukan jowston sangat lemah dan sering dikalahkan, tetapi setelah mereka berhasil merekrut seorang ahli strategi bernama Shu, kemudian keadaan berbalik, ditambah lagi semua pasukan dari kota-kota utama Jowston bersatu. Pada akhirnya Jowston berhasil mengalahkan Highland melalui penyerangan ke ibukota Highland, L`Renouille. Dan kemudian negara Highland jatuh dan menjadi salah satu bagian dari kota utama Jowston, tetapi disaat itu juga kota utama lainnya, Tinto, menyatakan diri untuk berpisah dengan Jowston dan membentuk negara sendiri dengan nama Republik Tinto. Kerajaan Jowston kemudian berganti nama menjadi Republik Dunan.

Suikoden III[sunting | sunting sumber]

Suikoden III menceritakan tentang sekelompok orang kuat yang berusaha untuk merebut 5 True Rune yang berunsur alam. Dan dalam menjalankan rencananya itu, kelompok tersebut berhasil mengendalikan Harmonia, salah satu negara adikuasa, untuk berperang dengan negara Federasi Zexen dan negara rimba Grassland, akibatnya ketiga negara itu saling bermusuhan. Dengan adanya peperangan ini, semua true rune akan semakin mudah dideteksi keberadaannya dan kemudian dapat direbut satu per satu. Luc, pemimpin kelompok tersebut, telah memiliki True Wind Rune. Dia dibantu oleh Sarah, dan Yuber yang dikatakan bukan manusia asli. Luc dengan dibantu oleh Albert Silverberg berhasil menguasai sebagian besar pasukan Harmonia untuk dikendalikan. Ketua Bishop dari Harmonia yaitu Sasarai, dikatakan mempunyai hubungan khusus dengan Luc, mereka dilahirkan berasal dari sumber yang sama dan tidak melalui proses yang sama seperti manusia pada umumnya. Dikatakan mereka itu diciptakan dan bukan dilahirkan, dan mereka diciptakan oleh Hikuusak, salah satu pendiri negara suci Harmonia yang melegenda dan tidak diketahui jejaknya lagi.

Luc memiliki suatu pengetahuan khusus dalam merebut setiap true rune alami, dengan cara menggunakan 2 true rune tertentu untuk merebut lainnya, dikatakan cara ini didapat Luc dari klan Sindar, suatu klan legendaris yang menghilang. Tujuan Luc untuk mengumpulkan semua 5 true rune alami adalah untuk mengubah takdir karena dia merasa dunia ini terlalu dikendalikan oleh True Rune dan dunia dianggap sebagai penjara bagi manusia karena berada dibawah True Rune, jadi 5 true rune itu dikumpulkan dan kemudian dengan melalui ritual tertentu akan dihancurkan, biarpun kehancurkan ke-5 true rune ini dikatakan akan membuat rata sebagian dunia karena kekuatannya, sebagai contoh salah satu true rune yaitu True Fire Rune, sewaktu lepas kendali kekuatannya mampu membunuh puluhan ribu orang harmonia dan grassland yang berada disana dan meratakan seperempat daerah Grassland, yang akhirnya mengakibatkan gencatan senjata antara Grassland dan Harmonia yang saat itu sedang terlibat perang. Luc juga mendapat berbagai informasi tentang true rune melalui perpustakaan paling lengkap yang berada di daerah Crystal Valley, Harmonia.

Pada awalnya Suikoden III terbagi menjadi 3 bagian cerita, masing-masing bagian menceritakan tentang seorang pemeran utama dari masing-masing 3 negara tersebut; Hugo dari Grassland, Chris Lightfellow yang seorang prajurit perang wanita dari Zexen, dan Geddoe anggota salah satu pasukan pertahanan selatan dari Harmonia, pada akhirnya mereka bertiga bergabung dengan Thomas karena dia bisa menjadi penengah ketiganya dan daerah yang dikuasainya juga merupakan daerah netral. Selain 6 klan dari Grassland (klan bebek, reptil, chisha, karaya, Alma Kinan, dll), negara Zexen, dan kelompok-kelompok dari Harmonia bergabung, ikut bergabung juga Le Buque yang sebelumnya dijajah oleh Harmonia, utusan negara Tinto, dan pasukan bebas Kamaro dari daerah utara Grassland untuk melawan pasukan kelompok Luc yang telah mengendalikan sebagian besar pasukan Harmonia. Kelompok Luc ini pada akhirnya berhasil dikalahkan dan Luc, Sarah meninggal dunia, tetapi Yuber menghilang.

Suikoden IV[sunting | sunting sumber]

Menceritakan tentang sebuah negara yang bernama Kekaisaran Kooluk ingin menginvasi suatu negara kecil yang terdiri dari gabungan pulau-pulau dan kerajaan, Island Nations. Kerajaan terkuat di Island Nations adalah Obel, yang dikepalai oleh Lino en Kuldes. Obel juga merupakan tempat istirahatnya salah satu True Rune yaitu “Rune of Punishment”, suatu true rune yang memberikan kekuatan besar kepada pemegangnya, tetapi juga selalu mennghisap nyawa pemiliknya sedikit demi sedikit, true rune ini pernah dimiliki oleh banyak orang, salah satunya adalah Ratu Obel. Ratu Obel pernah menggunakan kekuatan penuh dari rune of punishment ini untuk menghalau para pembajak laut yang menyerang mereka, setelah mengeluarkan kekuatan penuh dari rune of punishment, kemudian Ratu Obel meninggal. Satu per satu pulau dikuasai oleh Kooluk, mulai dari Na-Nal (pulau yang dihuni oleh manusia dan peri), Razril, Obel, dan Kooluk juga menghancurkan pulau Illuya dengan kekuatan rune cannon, yang kemudian illuya digunakan sebagai markas militer bagi Kooluk.

Rune of Punisment nantinya akan menjadi milik pemeran utama dalam seri Suikoden IV ini, pemeran utama Suikoden IV mempunyai nama resmi Lazlo. Dia adalah seorang anak yatim yang ditemukan oleh penduduk di sekitar aliran sungai. Sewaktu Lazlo berada di Obel, pulau ini diserang oleh Kooluk, Lazlo dan raja dari negara itu, Lino en Kuldes berhasil melarikan diri, kemudian mereka berhasil mengumpulkan satu demi satu kekuatan masing-masing pulau dan membentuk aliansi kuat dan menyerang balik kerajaan Kooluk. Dengan bantuan salah satu ahli strategi wanita ternama yang pernah bekerja untuk Kerajaan Scarlet Moon Empire yaitu Elenor Silverberg, kelompok aliansi Lazlo berhasil merebut kembali satu per satu pulau dan mengusir Kooluk dari wilayah Island Nations, serta menghancurkan benteng pertahanan Kooluk, yaitu benteng El-Eal. Setelah mengalahkan Kooluk, pulau-pulau tersebut kemudian membentuk sebuah federasi negara baru yaitu Federasi Island Nations, dengan tambahan pulau Razril yang sebelumnya merupakan milik negara Gaien.

Suikoden V[sunting | sunting sumber]

Bercerita tentang sebuah negara Falena, sebuah negara keratuan yang dipimpin oleh seorang ratu bernama Arshtat Falenas. Ratu ini memiliki salah satu dari 27 True Rune yaitu Sun Rune. Didalam negara ini selain kerajaan, terdapat juga 2 kelompok fraksi besar yang memainkan peranan penting, yaitu Godwin dan Barows. Keduanya memiliki misi dan visi berbeda dengan kerajaan, sehingga terjadi 3 persengketaan politik yang bertentangan antara pihak kerajaan Falena, Godwin, dan Barows. Sun Rune juga merupakan salah satu pembahasan penting di Suikoden V, bersama dengan turunan rune dari Sun Rune, Dawn Rune dan Twilight Rune. Nantinya pemeran utama Suikoden V akan memiliki salah satu dari turunan Sun Rune,yaitu Dawn Rune yang memiliki kekuatan untuk menyembuhkan. Pemeran utama Suikoden V adalah anak dari ratu Arshtat, seorang pangeran Falena, Freyjadour Falenas, yang berumur belasan tahun, dia mempunyai adik perempuan bernama Lymsleia Falenas, yang dikatakan bakal menjadi penerus ratu Falena selanjutnya.

Keadaan semakin tegang salah satu di antara dua fraksi besar kelompok tersebut menyerang Istana Timur Falena dan merampas salah satu turunan dari Sun Rune yaitu Dawn Rune. Tidak ada yang mengetahui bahwa serangan itu dibuat fraksi Barows dan sengaja mengkambing-hitamkan ke pihak rakyat Lordlake. Hal ini membuat ratu Arshtat marah dan kemudian dengan menggunakan kekuatan Sun Rune menghancurkan kota Lordlake yang dianggapnya sebagai pemberontak. Kota Lordlake yang telah hancur tersebut kemudian susah untuk dibangun ulang karena efek dari Sun Rune membuat kota itu gersang, dan berkabut yang menyebabkan sumber penyakit. Setelah menggunakan kekuatan Sun Rune, ratu Arshtat semakin susah untuk mengontrol diri sendiri dan semakin dikendalikan oleh kekuatan Sun Rune.

Fraksi Godwin suatu waktu mengadakan kudeta dan menyerang istana dengan bantuan Organisasi Ninja Pembunuh bernama Nether Gate, pemimpin Godwin yaitu Marscal Godwin dan Gizel Godwin berhasil menguasai Sun Palace(Istana Matahari). Ratu Arshtat yang sedang dikepung menggunakan kekuatan Sun Rune, yang tanpa disadarinya juga menyebabkan kematian suaminya, Ferid Egan. Akibatnya, ratu Arshtat yang mengalami kesedihan dan kemarahan semakin menggunakan kekuatan paling besar dari Sun Rune, disaat itu salah satu pengawal elite kerajaan, Queen's Knight, yaitu Georg Prime, membunuh sang Ratu karena kekuatannya itu dapat menghancurkan seluruh kerajaan Falena. Setelah membunuh, Georg Prime berhasil membawa kabur Freyjadour, tetapi gagal menolong putri Lymselia yang sudah tertangkap lebih dulu oleh pihak Godwin.Fraksi Godwin juga mengambil Twilight Rune yang diberikan kepada salah seorang Queen Knights,Alenia,tetapi,ia gagal mengendalikan Twilight Rune tersebut.Twilight Rune tersebut memilih Sialeeds Falenas yang memihak kepada fraksi Godwin pada akhirnya,tetapi,ia juga tidak dapat mengendalikan kekuatan nya dan kemudian berpindah tangan kepada Lyon,Bodyguard Freyjadour Falenas.

Pada akhirnya, Freyjadour mengumpulkan satu per satu pasukan, mulai dari prajurit sisa kerajaan yang masih setia, anggota Barows dan Godwin yang memihaknya, rakyat Lordlake, Raftleet, pasukan Dragon Horse,Pasukan Kurcaci Penambang(Dwarves), Beavers, pasukan dari negara Armes, dan ahli strategi Lucretia Merces membentuk suatu pasukan besar. Kekuatan pasukan baru Freyjadour Falenas akhirnya menang dan mengambil kembali Sun Palace. Putri Lymsleia diangkat menjadi ratu selanjutnya menggantikan ibunya. Sun Rune kembali disimpan di dalam ruangan khusus di Sun Palace bersama dengan Dawn Rune dan Twilight Rune.

Suikoden Tactics (Rhapsodia)[sunting | sunting sumber]

Cerita dimulai dari sebuah rombongan yang kelihatan seperti petualang, yang di dalamnya terdapat salah satu pemeran utama seri ini, Kyril. Kyril,adalah anak dari seorang mata-mata dari kerajaan Scarlet Moon yang bernama Walter. Sejak kecil Kyril selalu ikut dalam rombongan bersama dengan dua asisten ayahnya, Andarc dan Seneca, beserta seorang perempuan bisu bernama Yohn (dikatakan bukan manusia asli biarpun fisiknya dalam wujud manusia). Pada saat Kyril masih kecil, salah satu misinya adalah meneliti rune cannon di Island Nation. Disalah satu perjalanannya, mereka bertemu dengan bajak-laut jahat bernama Stelle. Dua orang bajak laut lain yang bernama Edgar dan Brandeau berencana melawan Stelle. Walter ikut karena ingin melihat rune cannon. Tapi Walter terkena radiasi Rune Cannon, sehingga menjadi manusia ikan. Kyril juga terluka parah sewaktu terjadi pertempuran sehingga kemudian menyembunyikan keberadaannya untuk menghindari perang selama beberapa tahun (tepatnya sampai perang Island Nation-Kooluk berakhir). Lalu suatu ketika, Kyril melanjutkan pekerjaannya mencari rune cannon. tapi kali ini dia berencana menghancurkan rune cannon. Dia dibantu oleh raja Lino En Kuldes,dan beberapa anggota yang pernah ikut dalam perang Island Nation Liberation. Kyril akhirnya menjadi salah satu tokoh dibalik layar dalam kehancuran rune cannon dan Kekaisaran Kooluk.

Genso Suikoden: The Centennial Tapestry[sunting | sunting sumber]

Cerita berpusat pada "The Hundreth-Year Monster", yaitu monster mengerikan yang persis setiap seratus tahun sekali akan muncul dan menghancurkan semuanya. Lalu di masa lalu akhirnya Holy Aionian Empire berjuang mempersatukan seluruh wilayah untuk bersatu mengalahkan "The Hundreth-Year Monster". Setiap wilayah yang ditaklukan/dikuasai oleh Holy Aionian Empire akan diberi beban yang berat untuk kejayaan dan kedigdayaan Holy Aionian Empire ini.Akhirnya banyak kota-kota yg tidak senang dengan pemerintahan Holy Aionian Empire, dan akhirnya memberontak untuk memerdekakan diri dari Holy Aionian Empire. Daerah-daerah yang memberontak ini menamakan diri dengan sebutan "Regional Forces".

Setelah lama berperang, akhirnya Regional Forces mendapatkan kemerdekaan mereka. Jumlah korban nyawa akibat peperangan Holy Aionian Empire dan Regional Forces sangat banyak, sementara di sisi lain The Hundreth-Year Monster siap menyerang setiap 100 tahun sekali. Maka Holy Aionian Empire dan Regional Forces berjanji untuk saling membantu jika diperlukan dalam menghadapi The Hundreth-Year Monster, walau dari pihak Regional Forces sendiri banyak yang tidak setuju.

Di masa sekarang, di Telbe Village, salah satu daerah kekuasaan Regional Forces, sang tokoh utama beserta dua teman masa kecilnya, Gino dan Myura, sehari-harinya menghabiskan waktu dengan berlatih untuk menghadapi kedatangan The Hundreth-Year Monster. Sang tokoh utama sejak kecil sudah diajarkan ilmu pedang aliran Blue-Flash Style oleh ibunya Signey. Ayahnya meninggal saat dia masih sangat kecil, dan ibunya meninggal bertahun-tahun lalu dalam peperangan melawan Holy Aionian Empire. Suatu hari sepulang berlatih di sebuah reruntuhan kuno, sang tokoh utama serta Gino dan Myura bertemu dengan The Hundreth-Year Monster yang selama ini ditakuti tersebut. Gino pergi ke desa untuk meminta bantuan, sedangkan tokoh utama dan Myura mencoba melawannya. Mereka berusaha melawan dan mengalahkan mahkluk ini, tapi ternyata mahkluk ini semakin dikalahkan semakin melipatgandakan dirinya. Akhirnya mereka bertiga terdesak kembali ke reruntuhan tersebut.

Di dalam reruntuhan tersebut, tiba-tiba muncul seorang bocah misterius bernama Zephon, yang tiba-tiba mengirim mereka berdua kembali ke masa lalu, tepat 100 tahun di masa lalu dengan menggunakan kekuatan Tree of Times/Ages. Di sana mereka bertemu dengan leluhur dari sang tokoh utama, yaitu Torwad Albrec beserta temannya Rolf Raug. Dari Torwad, sang tokoh utama mempelajari teknik untuk mengalahkan The Hundredth-Year Monster. Lalu mereka bergegas pergi untuk menuju Town of Shulaht. Di sana mereka diinterogasi dan akhirnya dibawa bertemu dengan Emperor Lenopherias XIII, kaisar Holy Aionian Empire saat itu. Juga dengan Makia Zaphir, pengawal pribadinya yang juga menguasai aliran pedan Blue-Flash Style dan pemimpin dari "Shinning Leaf Knights" yang merupakan pasukan khusus pengawal kaisar. Lalu mereka juga bertemu perdana menteri Holy Aionian Empire saat itu, Lugado Lugam, dan juga 3 panglima tertinggi dari 3 divisi pasukan Holy Aionian Empire, yaitu Damdeen seoran ras Scaleford, Quinelia Liuis seorang jago panah yang dijuluki "Goddess of War", dan Dirom Rantzess yang berasal dari keluarga bangsawan.

Akhirnya di masa itu, sang tokoh utama mempelajari bahwa untuk mengalahkan The Hundredth-Year Monster butuh teknik dari para leluhur sebelumnya. Akhirnya ia dan teman-temannya pergi ke masa 200 tahun yang lalu. Di sana mereka bertemu dengan Astrid, sang Imperial Princes dari Holy Aionian Empire dan juga dijuluki dengan sebutan "Empress General". Mereka juga bertemu dengan Maximos Zaphir, pemimpin Shinning Leaf Knights saat itu yang merupakan penemu aliran pedang Blue-Flash Style dan merupakan leluhur dari Makia Zaphir. Juga dengan salah seorang petinggi militer Holy Aionian Empire dari ras Scaleford, yaitu Radneen.Di masa itu mereka juga bertemu dengan Syldis, seorang wanita yang merupakan teman dari Maximos Zaphir, dan juga bersama Maximos Zaphir adalah penemu aliran pedang Blue-Flash Style. Syldis juga adalah leluhur dari tokoh utama dan juga Torwad dan merupakan salah satu pahlawan dalam 1st Laspharma Interception War. Sementara itu di masa kini, terdapat sebuah organisasi bawah tanah yang bernama "Scarlet Axe" yang memiliki tujuan untuk menghancurkan eksistensi dari Holy Aionian Empire. Organisasi ini memiliki moto "Walaupun kita telah bermandi darah oleh darah saudara kita sendiri, kita tidak akan menyerah sebelum Pohon Besar Aionia itu tumbang". Untuk menunjukkan hal ini, mereka memakai sarung tangan berwarna merah di tangan kanan mereka. Organisasi ini dipimpin oleh Aaron beserta 3 orang lainnya, yaitu Zaveed, Zociom, dan Rochelle Coleck. Organisasi ini mulai mendapat dukungan dari pihak Regional Forces dan telah menjalankan aksi-aksi mereka untuk melawan Holy Aionian Empire, ditengah-tengah kekacauan kemunculan The Hundredth-Year Monster.

Kronologi[sunting | sunting sumber]

Sistem penanggalan dalam serial Suikoden menggunakan sistem penanggalan yang disebut In Solis atau disingkat IS. Kronologi seri Suikoden adalah sebagai berikut:

Suikoden IV (150 tahun sebelum Suikoden I) – Suikoden V (berakhir 6 tahun sebelum Suikoden I) – Suikoden I (berawal 5 tahun sebelum Suikoden II dan berakhir 3 tahun sebelum Suikoden II) – Suikoden II (15 tahun sebelum Suikoden III) – Suikoden III

Secara garis waktu, dapat dijabarkan sebagai berikut:

  • Tahun Solis 475: Suikoden III
  • Tahun Solis 460: Suikoden II
  • Tahun Solis 459: Suikoden card stories
  • Tahun Solis 455-457: Suikoden I
  • Tahun Solis 449: Suikoden V
  • Tahun Solis 309: Suikoden IV
  • Tahun Solis 302-307: Suikoden Tactics
  • Suikogaiden vol.1 dan vol.2 berada sebelum, selama, dan sesudah suikoden II

Permainan[sunting | sunting sumber]

Sistem pertarungan[sunting | sunting sumber]

Sistem pertarungan Suikoden menggunakan sistem bergilir (turn-based), suatu sistem yang ada pada permainan jenis RPG (permainan peran). Di setiap seri Suikoden, ada 3 jenis sistem pertarungan; 1 on 1 battle, war battle, dan party battle.


• 1 on 1 battle

Adalah pertarungan 1 lawan 1, yang biasa nya kita mengendalikan pemeran utama dalam permainan melawan musuh kita. Disini menggunakan sistem yang hampir sama dengan permainan batu, gunting, dan kertas. Nama yang digunakan adalah Attack, Defend, dan “super attack”. Attack mengalahkan Defend, Defend mengalahkan “super attack”, dan “super attack” mengalahkan attack. “Super attack” mempunyai nama yang berbeda untuk setiap seri suikoden;

  • Suikoden 1: Desperate attack
  • Suikoden 2: Wild attack
  • Suikoden 3: Deathblow attack
  • Suikoden 4: Special attack
  • Suikoden 5: Special attack (terkenal juga dengan sebutan Super Move di seri ini namun hanya musuh yang biasa menggunakannya )
  • Suikoden Tactics: Critical attack


• War Battle

Adalah suatu jenis pertarungan berbentuk perang, masin-masing pihak di antara 2 kelompok memiliki ribuan sampai puluhan ribu pasukan. Untuk jenis War Battle, setiap seri suikoden memiliki gaya yang berbeda.

  • Suikoden 1 : Menggunakan sistem yang hampir mirip dengan permainan batu, kertas, dan gunting. Nama serangan yang digunakan adalah Attack, Archer Attack, dan Magic Attack. Attack mengalahkan Magic Attack, archer attack mengalahkan attack biasa, dan magic attack mengalah archer attack. Terdapat juga kemampuan spesial seperti menyogok, serangan Naga terbang, mata-mata, dll.
  • Suikoden 2 : Menggunakan sistem bergilir strategy (RPG-Strategy), bisa terdapat puluhan unit yang dikendalikan oleh pemain, dan setiap unit memiliki jenis tertentu seperti archer (pemanah), pasukan berkuda (cavarly), dll. Setiap jenis unit memiliki kemampuan dan kekurangan tertentu dan memiliki pemimpinnya.
  • Suikoden 3 : Menggunakan sistem strategi pada tempat terbatas seperti permainan Halma yang menggunakan titik penempatan yang bisa diisi oleh suatu unit, dan jika bertemu atau salah satu unit melalukan penyerangan, maka akan masuk ke layar pertarungan yang baru. Disini pertarungannya hampir mirip dengan Party Battle.
  • Suikoden 4 : hampir mirip dengan sistem di Suikoden 2, tetapi menggunakan laut sebagai tempat pertarungan dan jenis unit yang digunakan adalah kapal dan memakai unsur-unsur alam sebanyak 5 buah. Setiap unit memiliki unsur alam sebanyak 1 atau 2 buah. Dan setiap unsur alam memiliki kekuatan dan kelemahan terhadap unsur alam lainnya, seperti unsur air mengalahkan api, tetapi air kalah terhadap listrik, dan netral terhadap angin. Setiap unit memiliki HP (darah) yang jika habis maka unit tersebut akan hilang dari layar pertarungan.
  • Suikoden 5 : menggunakan sistem gaya baru yang hampir mirip dengan jenis RTS (strategi dan waktu nyata). Setiap unit bisa kita gerakkan ke mana arah tujuannya, tetapi kita mengontrol sekaligus semuanya. Semua itu berjalan secara Real Time, sehingga kita diharuskan untuk lebih cepat merespon tindakan selanjutnya, tidak seperti War Battle seri-seri suikoden terdahulu.
  • Suikoden Tactics: Tidak ada war battle karena seluruh mekanisme gameplay sudah dikemas hanya dalam satu bentuk saja. yaitu strategi.


• Party Battle Adalah pertarungan umum yang paling sering dijumpai di seri suikoden, kita membawa sekelompok orang yang jumlahnya bervariasi. Masing-masing seri suikoden memiliki jumlah maksimal yang berbeda. Berikut daftar jumlah maksimal setiap seri;

  • Suikoden 1 : 6 orang
  • Suikoden 2 : 6 orang, 2 convoy
  • Suikoden 3 : 6 orang, 1 support (pendukung)
  • Suikoden 4 : 4 orang, 1 cadangan
  • Suikoden 5 : 6 orang, 4 cadangan (bisa Support ataupun Cadangan)
  • Suikoden Tactics: 12 orang
  • Suikoden Tierkreis: 4 orang, 1 support


Setelah masuk kedalam layar pertarungan, di dalam permainan terdapat pilihan untuk melakukan sistem penyerangan gabungan (dilakukan oleh 2 atau lebih tokoh yang ada dalam kelompok kita), yang setiap seri juga memiliki nama yang berbeda dalam penyebutannya;

  • Suikoden 1 : Combination attack
  • Suikoden 2 : Unite attack
  • Suikoden 3 : Combo attack (terdapat juga jenis Mounted attack)
  • Suikoden 4 : Combo attack
  • Suikoden 5 : Coorporation attack/Cooperative attack
  • Suikoden Tactics : Coorporation Attack (hanya bisa didapat dengan syarat tertentu)

Sistem Layar[sunting | sunting sumber]

Kita bisa menggerakkan model pemeran utama kita untuk bergerak ke tempat-tempat seperti (goa) dungeon, kota, hutan, padang rumput, peta (map), gunung, dll. Untuk daerah di luar kota seperti hutan, dungeon atau peta, saat berjalan-jalan, kadang-kadang akan menemukan musuh secara acak (random). Jika bertemu, maka akan masuk ke dalam suatu layar baru yaitu layar pertarungan, disana kita akan diberi beberapa menu pilihan dan perintah untuk kita jalankan. Umumnya terdapat pilihan Attack (serang), Rune (menggunakan rune untuk mengeluarkan magic/sihir), Bribe (menyogok), Run (melarikan diri), Stats (melihat Status), Unite/Combo (melakukan serangan bersama).


Berikut pembagian layar pada Suikoden;

  • Layar utama

Merupakan layar yang paling umum dijumpai dimana biasanya terdapat interaksi antar tokoh permainan seperti berbicara atau percakapan, mengendalikan dan menggerakan tokoh kita untuk berjalan ke arah mana, dll.

  • Layar pertarungan

Layar ini muncul saat kita bertemu musuh dalam suatu pertarungan, disini akan terdapat 2 pihak yang saling berhadapan. Saat masuk kedalam layar pertarungan, kita akan diberi pilihan perintah mulai dari attack, rune, bribe, rune, stats, combo. Terkadang jika kita melawan boss, maka akan ada percakapan sebentar atau adegan kecil. Setelah salah satu pihak kalah, maka akan hilang dari layar pertarungan, kemudian akan muncul layar status yang menentukan jumlah nilai pengalaman (experience) yang didapat setiap karakter permainan dan apakah nilai pengalaman itu bisa menaikkan level karakter tersebut (semakin tinggi level, maka akan semakin kuat karakter tersebut).

  • Layar menu

Layar ini dapat diakses melalui layar utama, dengan menekan salah satu tombol, maka kita akan masuk kedalam layar baru yang di dalamnya kita dapat melihat status karakter yang sedang bersama pemain, menggunakan item (barang) untuk keperluan tertentu, save (menyimpan data permainan), memasang atau mencopot perlengkapan, senjata, atau baju perang karakter.

  • Layar peta

Layar ini muncul saat pemain menjalankan tokohnya di luar daripada kota, goa(dungeon), hutan, gunung, kastil/benteng/istana, dan tempat-tempat lain yang terdapat interaksi di dalamnya. Kita akan diperlihat kepada suatu tempat yang sangat luas dan karakter yang kita gerakkan akan menjadi kecil modelnya. Maksud dari layar peta ini adalah seolah-olah kita berjalan sudah sangat jauh dan lama, digunakan untuk menggambarkan perjalanan jarak jauh dalam waktu cepat yang jika tidak digunakan bisa memperlambat permainan dan alur cerita

  • Layar adegan

Disini muncul semacam animasi video yang dimana kita tidak bisa menggerakan atau melakukan interaksi, tetapi semuanya sudah diatur oleh pembuat permainan untuk menggambarkan bagaimana jalannya cerita dalam permainan.

  • Layar mini-game

Layar ini muncul saat kita bermain permainan tambahan yang ada di dalam markas pemain. Yang biasanya tidak memengaruhi jalan cerita permainan.

Sistem pengendalian[sunting | sunting sumber]

Suikoden tidak menggunakan semua tombol pada joystik Playstation, tombol-tombol yang umumnya ada pada layar biasa adalah tombol menu, interaksi utama, lari, view kamera. Sedangkan pada layar pertarungan, terdapat tombol pengaktifkan, menu, layar status. Beberapa seri Suikoden seperti Suikoden 1 dan 2, kita hanya bisa mengendalikan gerakan tokoh kita secara horizontal dan vertikal, tidak bisa diagonal.

Grafik dan Desain[sunting | sunting sumber]

Suikoden I dan II muncul di konsol permainan Playstation dan menggunakan grafik 2 dimensi, sedangkan suikoden III, IV, dan V yang muncul di Playstation 2 menggunakan grafik 3 dimensi. Suikoden I masih menggunakan engine grafik yang kasar dan warna yang kurang alami. Suikoden III lebih ke gaya tiga dimensi anime dan suikoden IV lebih ke gaya 3 dimensi orang yang lebih nyata dan menggunakan engine lautan yang halus. Sistem view kamera pada suikoden I dan II adalah permanen, suikoden III adalah otomatis, suikoden 4 dan 5 otomatis-manual (kita bisa melihat view lain dengan tombol tertentu). Pada layar pertempuran, tampilan kamera adalah perspektif diagonal, dengan karakter kelompok kita menghadap belakang dan karakter kelompok musuh menghadap ke arah depan kita.

Rancangan karakter untuk Suikoden II dan Suikoden III adalah Fumi Ishikawa. Untuk Suikoden I dan Suikoden IV rancangan karakternya ditangani oleh Junko Kawano.

Suara, Musik, dan Efek Suara[sunting | sunting sumber]

Masahiko Kimura adalah salah satu orang penting yang mengolah musik di Suikoden IV, salah satu karyanya yang paling terkenal adalah musik pembukaan di Suikoden IV yang berjudul La Mer yang artinya laut. Masahiko juga membantu penyelesaian beberapa musik buatan orang lain seperti musik akhir permainan di Suikoden IV yang berjudul "Into a World of Illusions" yang dibuat dan dikomposisi oleh Coba. Karena dinilai musik Suikoden IV bagus oleh Yuji, kemudian Yuji Yoshino menciptakan album soundtrack Genso Suikoden IV Music Collection ~Another World~ yang di dalamnya terdapat 11 track pada tanggal 23 februari 2006. Selain Masahiko, Norikazu Miura juga banyak membantu, Karya-karyanya adalah musik-musik di Suikoden Tactics dan Suikoden V. Untuk lagu pembukaan suikoden V di buat oleh Yoshiko, seorang yang sudah dikenal karena pernah membuat soundtrack dan musik untuk beberapa permainan lain. Beberapa kritikus mengatakan suara dan musik pada permainan Suikoden cocok dengan setiap alur permainan. Suikoden 1 sering dianggap menjadi saingan Final Fantasy III dari segi kualitas suara dan musik.

Ciri khas Suikoden[sunting | sunting sumber]

Berikut beberapa ciri khas suikoden yang minimal muncul di 3 seri Suikoden;

  1. Bisa menggunakan data save dari permainan suikoden sebelumnya
  2. Mengumpulkan 108 orang
  3. Terdapat kastil sebagai markas kita, yang di dalamnya terdapat banyak hal yang bisa diinteraksikan oleh pemain
  4. Cerita seputar perang, tidak seperti permainan RPG lain pada umumnya yang menceritakan sekelompok kecil orang super kuat yang melawan monster/orang jahat kuat yang ingin menguasai dunia.
  5. Terdapat lebih dari 1 ending
  6. Setiap seri memiliki War Battle yang berbeda
  7. Setiap seri mempunyai tokoh-tokoh yang pernah muncul sebelumnya atau mempunyai relasi
  8. Pemberian nama pemeran utama permainan sesuai pilihan pemain
  9. Adanya true rune dan rune sebagai salah satu subjek Suikoden
  10. Terdapat mini-game

Hal-hal yang umumnya terdapat di markas pemain[sunting | sunting sumber]

  • Penginapan
  • Toko Rune (dijaga oleh Jeane)
  • Blinking mirror (dijaga oleh Viki)
  • Mini game
  • Memancing (suikoden 2,4, dan 5)
  • Perpustakaan
  • Item shop (toko jual beli barang)
  • Armour shop (toko jual beli peralatan perang seperti baju dan perisai)
  • Blacksmith(tempat untuk meningkatkan kekuatan senjata)
  • Appraiser (toko pengindeksi barang)
  • Trader shop (toko penukar barang)
  • Storage (gudang)
  • Restoran
  • Pemandian umum (terdiri atas pemandian tertutup dan umum di alam terbuka)
  • Theater (tempat diadakan pertunjukan tari dan musik)
  • Sawah
  • Peternakan
  • Perpustakaan
  • Dojo (suiko III; untuk mempelajari skill)

Materi non-game[sunting | sunting sumber]

Buku, komik, manga, ensiklopedia, & novel[sunting | sunting sumber]

Berbagai publikasi dirilis di Jepang untuk seri game ini. Di antaranya adalah Genso Shinsyo yang berisi informasi dan panduan-panduan di antaranya mengenai karakter, cerita, dan geografi terutama yang Suikoden II. Untuk Suikoden I dan II terdapat novel adaptasi bergambar yang ditulis oleh Shinjiro Hori. Kedua novel tersebut hanya dirilis di Jepang. Suikoden III diadaptasi ke dalam bentuk komik (atau manga) berjumlah 11 volume yang dibuat oleh Aki Shimizu dan dikeluarkan oleh Tokyopop dalam bahasa Inggris dengan jumlah terbatas. Namun, adaptasi komik ini memiliki sejumlah perbedaan plot dari yang diceritakan di game. Suikoden juga hadir dalam bentuk Ensiklopedia.

Komik resmi[sunting | sunting sumber]

  • Suikoden - (2 volume) (Penulis: Yu Hijikata, Penerbit: Media Factory)
  • Suikoden Ⅱ - HIKI SAKARESHI SHUKUSEI (1 Volume) (Penulis: Yu Hijikata)
  • Suikoden Ⅲ - successors of destiny (11 Volume) (Penulis: Aki Shimizu, Penerbit: Media Works/Tokyo Pop)
  • Suikoden Ⅴ - Castle of Dawn (4 volume) (Penulis: Tsuge dogwood Author, Penerbit: Enterbrain)

Novel[sunting | sunting sumber]

Kartu permainan[sunting | sunting sumber]

Kartu permainan berjenis trading card (pertarungan kartu), cara bermainnya sama dengan yang ada pada permainan Suikoden Card Stories, permainan video yang keluar di konsol Gameboy Advance. Permainan ini mengutamakan serangan combo dalam menyerang lawannya. Hampir semua tokoh yang ada di dalam permainan konsolnya muncul dalam permainan kartu Suikoden.

Musik[sunting | sunting sumber]

Suikoden memiliki banyak musik soundtrack, berikut di antaranya adalah;

  • Genso Suikoden Ongakushu Music Collection di produksi oleh Hiroyuki Nanba — dirilis tanggal 29 Desember 2001.
  • Genso Suikoden Ongakushu Music Collection di produksi oleh Kentaro Haneda — dirilis tanggal 24 April 2002. Kentaro Haneda adalah yang memproduksi, dan pengembangan dilakukan oleh Kosuke Yamashita, Michiru Oshima, Rie Akagi, Kenji Yamamoto, dan Hiroshi Takaki.
  • Genso Suikoden Vocal Collection ~La passione commuove la storia~ — dirilis tanggal 3 Juli 2002. Hampir semua isinya adalah vokal. Pengembangan diselesaikan oleh Kosuke Yamashita, Hiroshi Takaki, dan Megumi Ohashi.
  • Genso Suikoden Vocal Collection ~Distant Stars, Echoes of Love~ — dirilis tanggal 22 Januari 2003. Pengembangannya dibuat oleh Kosuke Yamashita, Hiroshi Takaki, dan Megumi Ohashi.
  • Genso Suikoden Piano Collection ~Avertunerio Antes Lance Mao~ — dirilis tanggal 18 Desember 2002. Pengembangan oleh Shusei Murai.
  • Genso Suikoden Celtic Collection — dirilis tanggal 5 Maret 2003. Pengembangan oleh Yoko Ueno, Mina Kubota, Yuko Asai, dan Shigeyoshi Kawagoe.
  • Genso Suikoden Celtic Collection 2 — dirilis tanggal 20 Agustus 2003. Pengembangan dilakukan oleh Yoko Ueno, Yuji Yoshino, Yuko Asai, dan Shigeyoshi Kawagoe.
  • Genso Suikoden Music Collection ~Asian Collection~ — dirilis tanggal 27 November 2003. Pengembangan dilakukan oleh Kiyoshi Yoshida, Hidenori Maezawa, Yuko Asai, dan Shigeyoshi Kawagoe.
  • Genso Suikoden Piano Collection 2 — dirilis tanggal 21 Januari 2004. Pengembangan dilakukan oleh Shusei Murai.
  • Genso Suikoden Celtic Collection III — dirilis tanggal 14 April 2004, Pengembangan dilakukan oleh Yuji Yoshino.
  • Genso Suikoden OGS dirilis tanggal 18 Februari 2000
  • Genso Suikoden II OGS Complete dirilis tanggal 18 Februari 2000
  • Genso Suikoden II: Orrizonte dirilis tanggal 18 Februari 2000
  • Genso Suikoden III OST dirilis tanggal 10 Oktober 2002
  • Genso Suikoden III Ongakushu ~ Sound of Wind dirilis tanggal 31 Mei 2003
  • Genso Suikoden IV Music Collection ~ Another World dirilis tanggal 26 Mei 2006
  • Genso Suikoden IV OST dirilis tanggal 21 Agustus 2005
  • Genso Suikoden V ~ Genso New World Music Collection dirilis tanggal 26 Maret 2006
  • Genso Suikoden V OST dirilis tanggal 5 April 2006
  • Genso Suikoden Orgel Collection dirilis tanggal 20 September 2005
  • Genso Suikoden Piano Collection 2 dirilis tanggal 28 Oktober 2004
  • Genso Suikogaiden Vol.1: Swordsman of Harmonia OST dirilis tanggal 18 Februari 2000
  • Genso Suikogaiden Vol.2: Last Duel at Crystal Valley OST dirilis tanggal 10 Oktober 2000
  • The Music of Suikoden dirilis tanggal 3 Juli 2005
  • Rhapsodia OST dirilis tanggal 19 Oktober 2005
  • Rhapsodia Special Bonus Soundtrack dirilis tanggal 7 Oktober 2005
  • dan masih terdapat sekitar 3-5 buah soundtrack tetapi tidak resmi ataupun edisi terbatas

Lain-lain[sunting | sunting sumber]

Suikoden muncul dalam beberapa bentuk barang; action figure, mainan, poster, gantungan kunci, kalender, kostum, dan lain-lain. Umumnya tokoh-tokoh yang digunakan adalah yang berasal dari Suikoden II, karena seri ini lebih condong dikenal orang dan lebih disukai orang.

Penamaan resmi[sunting | sunting sumber]

Permainan Suikoden mempunyai kebiasaan dimana pemain memberikan nama sesuai pilihan sendiri untuk tokoh utama, kastil/benteng, dan nama pasukan, tetapi berdasarkan novel dan komik resmi dari konami, terdapat nama resmi sebagai berikut;

Seri Karakter Utama Kastil Pasukan
Suikoden 1 Tir Mcdohl Toran Liberation
Suikoden 2 Riou Dunan
Suikoden 3 Hugo, Chris, Geddoe Budehuc Fire Bringer
Suikoden 4 Lazlo Dauntless
Suikoden 5 Freyjadour Ceras Lake Loyalist

Trivia[sunting | sunting sumber]

  • Akibat kesalahan penerjemahan, Beast Rune yang harusnya merupakan True Rune, muncul di 2 seri suikoden, yaitu Suikoden 2 dan Suikoden 5, padahal yang ada pada Suikoden 5 bukanlah True Rune melainkan turunan rune ( anak rune ) dari Beast Rune yang ada di Suikoden 2.
  • Selain 108 stars, terdapat beberapa tokoh yang dapat kita gunakan untuk pertarungan, yang bagi beberapa pihak menyebutnya tokoh Non-Star, di antaranya adalah keluarga Muku-muku di Suikoden 2, keluarga Koroku di Suikoden 3,Sialeeds Falenas dan Do-re-mi Elf di Suikoden 5.
  • True Rune yang paling sering muncul adalah Soul Eater, dan dapat digunakan oleh pemain di seri Suikoden 1, 2, dan 4.
  • Jeane dan Viki adalah tokoh yang muncul di semua seri utama Suikoden .
  • Gigitan vampir di dunia suikoden tidak menjadikan orang tersebut menjadi vampir. Vampir terbentuk akibat dari Blue Moon Rune yang saat ini dipegang oleh Sierra Mikain, sang "Coffin Mistress".
  • Nama Crowley (salah satu magician terbesar dalam suikoden) diambil dari nama seorang penyihir besar berkebangsaan Inggris yaitu Aleister Crowley.
  • Meskipun ada star yang posisinya dapat 'menyesuaikan', sebuah karakter tidak mungkin memiliki 2 buah star atau berganti star dalam seri yang lain.
  • Nama karakter, senjata, dan daerah di dunia suikoden diambil dari berbagai bahasa seperti Prancis, Mesir, bahkan Indonesia.
  • Blinking Rune milik Viki bukan sebuah True Rune. Ia tidak bertambah umur karena kemampuan teleport antar dimensi milik rune-nya.
  • Pemilik True Rune yang kehilangan rune-nya tidak akan langsung mati karena masih ada sedikit sisa kekuatan rune yang tertinggal.

Kameo[sunting | sunting sumber]

Beberapa karakter permainan Suikoden muncul di permainan lain sebagai tambahan (kameo)

karakter utama Suikoden I menjadi salah satu karakter di permainan ini.

karakter utama Suikoden I menjadi salah satu karakter di permainan ini.

Kritikan[sunting | sunting sumber]

Berikut beberapa kritikan yang muncul bagi beberapa pihak;

  1. Perubahaan dari grafik 2 dimensi ke 3 dimensi, yang dikatakan Suikoden lebih ke arah cerita tradisional sangatlah tidak cocok dengan 3 dimensi, tetapi pada akhirnya orang-orang sudah bisa menerima hal tersebut.
  2. Markas Suikoden IV yang berada di kapal dikatakan sangat aneh dan di luar jalur Suikoden.
  3. Suikoden buatan Konami telah jauh menyeleweng dari sejarah asli Shui Hu Zhuan.

Saingan[sunting | sunting sumber]

Salah satu saingan yang paling berat dari Suikoden buatan konami adalah Final Fantasy yang dikembangkan oleh perusahaan Square Enix yang sebelumnya bernama Squaresoft. Popularitas Final Fantasy sejak zaman konsol permainan 8 bit di Nintendo telah tertanam lama, sedangkan Suikoden baru muncul pada zaman Playstation. Disaat Suikoden yang pertama muncul masih menggunakan grafik kasar 2 dimensi, sedangkan Final Fantasy yang pertama keluar di Playstation yaitu Final Fantasy VII sudah menggunakan grafik 3 Dimensi. Biarpun dari segi grafik kalah, Suikoden menggunakan beberapa kelebihannya dalam persaingan dengan Final Fantasy ataupun permainan sejenis lainnya dari segi cerita dan keunikan, terutama pengumpulan 108 orang.

Perbedaan antara Suikoden di konsol berbeda[sunting | sunting sumber]

Suikoden I muncul di Playstation, Sega Saturn, Nintendo GBA, dan PC. Versi Saturn memiliki grafik yang lebih meningkat dan video pembukaan berupa animasi durasi panjang yang tidak ada di versi Playstation, juga penggantian beberapa gambar grafik minor di dalam permainan[17]. Untuk versi Gameboy Advance, karakter yang digerakan oleh kita di Suikoden I dan II sudah bisa bergerak secara diagonal. Kemudian beberapa foto karakter telah diganti, dan nilai "pengalaman"(Experience Point) yang biasa digunakan untuk meningkatkan level karakter di permainan juga di kurangi, sehingga membutuhkan waktu lebih lama untuk menyelesaikan permainan. Untuk versi PC (komputer), perbedaan hanya pada resolusi gambar yang meningkat sedikit.

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ [IGN review untuk Suikoden pada tahun 1997 http://uk.psx.ign.com/articles/150/150443p1.html]
  2. ^ [Rottentomatoes rating http://uk.rottentomatoes.com/g/playstation/suikoden/]
  3. ^ [Game Revolution rating untuk Suikoden http://www.gamerevolution.com/oldsite/games/sony/suikoden.htm]
  4. ^ [Rating oleh RPGamer http://www.rpgamer.com/games/suiko/suik/reviews/suikstrev1.html]
  5. ^ The best story RPG by IGN [1]
  6. ^ [Penjualan paket Suikoden I&II di gba http://www.rpgamer.com/editor/2006/q2/061906bb.html]
  7. ^ Best Selling Console Games in Japan [2]
  8. ^ Seri utama Suikoden [3]
  9. ^ Suikoden di Ponsel[4]
  10. ^ http://www.gamefaqs.com/pc/948855-genso-suikoden/data
  11. ^ http://www.konamistyle.jp/sp/genso_100y/index.html.  Missing or empty |title= (help)
  12. ^ RPGFan http://www.rpgfan.com/news/2011/2184.html Missing or empty |title= (help). Diakses 19 September 2011. 
  13. ^ Sejarah dunia Suikoden [5]
  14. ^ Peta dunia Suikoden
  15. ^ Negara-negara di Suikoden[6]
  16. ^ Ras-ras Suikoden[7]
  17. ^ http://www.suikosource.com/games/gs1/indepth/saturn.php

Referensi[sunting | sunting sumber]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

  • Konami, pengembang permainan video Suikoden

Pranala luar[sunting | sunting sumber]