Subskrip

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
AbCd
"A subskrip b"
dan "C subskrip d"

Subskrip atau tika bawah (arti harfiah: "tulisan yang di bawah"; Inggris: subscript; Jerman: tiefstellung; Prancis: indice) adalah suatu tata penulisan huruf yang ditempatkan di bawah ketinggian huruf biasa, dan umumnya dalam ukuran lebih kecil dari huruf biasa. Banyak digunakan pada tulisan dalam ilmu alam.

Penggunaan[sunting | sunting sumber]

Jenis[sunting | sunting sumber]

Empat lokasi umum penulisan subskrip dan superskrip. Jenis huruf: Myriad Pro. Angka "7" ditulis dengan subskrip tidak melampaui batas bawah, angka "6" subskrip lebih rendah melampaui batas bawah.

Dibedakan penulisan "subskrip" yang melampaui atau tidak melampaui batas bawah huruf biasa.

Subskrip yang melampaui batas bawah[sunting | sunting sumber]

Penggunaan paling umum subskrip jenis ini adalah dalam rumus kimia. Misalnya, rumus kimia glukosa adalah C6H12O6, artinya dalam satu molekul glukosa terdapat 6 atom karbon, 12 atom hidrogen dan 6 atom oksigen.

Suatu subskrip juga digunakan untuk membedakan versi-versi berbeda partikel subatomik.

Dalam matematika, subskrip sering digunakan untuk mendefinisikan versi-versi berbeda untuk variabel yang sama: misalnya, dalam suatu persamaan x0 dan xf menunjukkan nilai awal dan "final" untuk variabel x, sedangkan vrocket dan vobserver masing-masing melambangkan kecepatan atau velocity suatu rocket dan seorang observer.

Subskrip juga sering digunakan untuk mengidentifikasi elemen-elemen dalam suatu urutan atau himpunan, serta pada suatu vektor. Misalnya, dalam urutan O = (45, -2, 800), O3 merujuk kepada elemen ketiga dalam O, yaitu 800.

Juga dalam matematika dan computing, suatu subskrip dapat digunakan untuk menandai radix, atau basis, dari bilangan tertulis, terutama jika berbagai basis dituliskan bersama. Misalnya, membandingkan nilai-nilai bilangan heksadesimal, desimal, dan oktal orang dapat menulis Chex = 12dec = 14oct.

Bilangan yang ditulis secara subskrip melampaui garis bawah juga digunakan sebagai denominator pada penulisan pecahan yang disusun tegak, seperti: .

Subskrip yang tidak melampaui batas bawah[sunting | sunting sumber]

Penggunaan umum dari subskrip jenis ini adalah sebagai denominator pada pecahan yang ditulis menggunakan tanda diagonal, misalnya ½ atau tanda persen %, permil ‰, dan basis point . Sejumlah singkatan baku juga ditulis menggunakan gaya pecahan diagonal, misalnya dalam bahasa Inggris (care of; "dengan alamat"), (account of; "dengan akun"), (addressed to the subject; "dialamatkan kepada subyek"), atau dalam bahasa Spanyol (cada uno/a; "setiap satu").

Empat lokasi umum penulisan superskrip dan subskrip. Jenis huruf: Minion Pro, pada Adobe Illustrator.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Rujukan[sunting | sunting sumber]

Daftar pustaka[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]