Styx (grup musik)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Artikel ini mengenai grup musik Styx; untuk arti lain dari Styx, lihat Styx (disambiguasi).
Styx
Asal Chicago, Illinois
Genre Rock
Progressive rock
Tahun aktif 1961 – 1984, 1990 – sekarang
Label A&M Records
Interscope Records
Situs web www.styxworld.com
Anggota Tommy Shaw
James "J.Y." Young
Todd Sucherman
Lawrence Gowan
Ricky Phillips
Chuck Panozzo
Mantan anggota Dennis DeYoung
John Panozzo (meninggal)
John Curulewski (meninggal)
Glen Burtnik

Styx adalah grup musik rock asal Chicago, Amerika Serikat yang terkenal pada tahun 1970-an dan 1980-an. Singel berjudul "Babe" merupakan satu-satunya lagu dari kelompok ini yang pernah menduduki urutan nomor satu Billboard Hot 100.

Awal karier[sunting | sunting sumber]

Grup ini dibentuk tahun 1961 di Chicago, Illinois dengan nama The Tradewinds. Kelompok ini bermain di bar-bar lokal sambil anggotanya kuliah di Chicago State University. Formasi awal terdiri dari Chuck Panozzo (gitar), John Panozzo (drum), dan Dennis De Young (vokal sekaligus piano, kibor, dan akordion). Mereka sempat berganti nama menjadi TW4 dan mendapat tambahan anggota dua orang, James "J.Y." Young dan John Curulewski. Keduanya adalah pemain gitar sekaligus penyanyi, sehingga Chuck Pannozo perlu berganti posisi sebagai pemain bas. Nama TW4 diganti menjadi Styx sewaktu menandatangani kontrak dengan perusahaan rekaman Wooden Nickel.

Dekade 1970-an[sunting | sunting sumber]

Pada keempat album-album awal mereka, Styx (1972), Styx II (1973), The Serpent Is Rising (1973), dan Man of Miracles (1974), musik yang dimainkan Styx berwarna progressive rock dan art rock.

Dalam album The Serpent Is Rising terdapat lagu berdurasi singkat dengan judul "Krakatoa". Pada dekade berikutnya, progresi synthesizer pada "Krakatoa" menjadi inspirasi untuk suara latar Deep Note yang dipakai sewaktu menampilkan logo sistem suara bioskop THX.[1]

Walaupun sudah memiliki penggemar lokal di daerah Chicago, kelompok ini tidak juga menjadi populer sampai radio-radio di kawasan Chicago mulai memutar lagu "Lady" dari album kedua Styx. Pemutaran lagu tersebut kemudian meluas ke seluruh negara bagian dan "Lady" menjadi lagu hit pertama dari Styx. Setelah terkenal, mereka dikontrak perusahaan rekaman A&M Records dan menghasilkan album Equinox (1975).

Ketika Styx sedang menyiapkan tur keliling Amerika, gitaris Curulewski secara tiba-tiba memutuskan untuk keluar. Posisi Curulewski digantikan gitaris Tommy Shaw, dan album pertama dengan Tommy Shaw berjudul Crystal Ball (1976).

Album berikutnya, The Grand Illusion (1977) sukses dalam penjualan dan meraih sertifikasi 3 piringan platina. Pada album tersebut terdapat lagu-lagu Styx yang terkenal seperti "Come Sail Away" yang dinyanyikan DeYoung, dan "Fooling Yourself (The Angry Young Man)" yang dinyanyikan Tommy Shaw.

Pada tahun berikutnya, album Pieces of Eight (1978) menandai perubahan warna musik grup ini dari progressive rock menjadi pop rock. Lagu-lagu yang terkenal dari album ini adalah "Renegade" dan "Blue Collar Man (Long Nights)".

Lagu "Babe" dari album Cornerstone (1979) menjadi lagu pertama dari Styx yang berhasil menduduki tangga lagu nomor satu di Britania pada bulan Januari 1980. Lagu "Babe" juga sempat menjadi hit di berbagai negara di dunia. Pada tahun 1980, Styx menerima nominasi sebagai penerima penghargaan Grammy untuk Penampilan Vokal Rock Terbaik oleh Duo atau Grup.[2] Teknisi suara pembuatan album Cornerstone, Gary Loizzo dan Rob Kingsland juga masuk nominasi penghargaan Grammy pada tahun itu.

Puncak kesuksesan pada tahun 1980-an[sunting | sunting sumber]

Album Paradise Theatre merupakan album Styx yang dirilis sebagai album konsep (concept album) pada tahun 1981. Lagu terkenal dari album ini adalah "The Best of Times" dan "Too Much Time on My Hands".

Puncak kejayaan Styx ditandai dengan ketegangan hubungan antara DeYoung dan Tommy Shaw. Kesuksesan "Babe" dan album Paradise Theatre membuat warna musik DeYoung cenderung ke arah progressive rock dan bersifat teatrikal. Di lain pihak, Shaw dan Young lebih cenderung berhaluan hard rock.

DeYoung memimpin pembuatan album berikutnya yang berjudul Kilroy Was Here. Album ini merupakan album konsep dengan cerita tentang masa depan ketika musik sudah dilarang. Dennis DeYoung berperan sebagai Kilroy, bintang rock yang dipenjarakan secara tidak adil. Sementara Tommy Shaw berperan sebagai Jonathan Chance, wakil generasi penggemar musik rock yang berjuang demi kebebasan Kilroy. Album Kilroy Was Here laku keras hingga mendapat penghargaan piringan platina pada tahun 1983. Lagu dari album Kilroy Was Here yang paling terkenal adalah "Mr. Roboto" dan "Don't Let It End". Teknisi rekaman bernama Gary Loizzo, Will Rascati, dan Rob Kingslad juga dicalonkan sebagai penerima penghargaan Grammy tahun 1983.

Pada pertunjukan keliling "Kilroy Was Here" tahun 1983, Styx sering tidak bermain musik secara live di atas panggung. Musik pengiring lagu Mr. Roboto sudah direkam lebih dulu sewaktu dinyanyikan Dennis DeYoung yang menyamar sebagai Roboto, dan Tommy Shaw sebagai Jonathan Chance. Begitu pula halnya dengan musik pengiring lagu "Heavy Metal Poisoning" yang dipakai sewaktu James Young menyanyi. Lagu yang musiknya betul-betul dimainkan di atas panggung adalah "Don't Let it End".

Pada tahun 1984, Styx mengeluarkan album rekaman konser pertama, Caught in the Act yang diambil dari tur pertunjukan "Paradise Theatre" dan "Kilroy Was Here". Album ini memiliki bonus lagu "Music Time" yang direkam di studio.

Karier solo[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1984, Dennis DeYoung dan Tommy Shaw masing-masing merilis album solo. DeYoung mengeluarkan album Desert Moon, dan Shaw mengeluarkan album Girls with Guns. Klip video DeYoung, "Desert Moon" dan "Don't Wait for Heroes" diputar di MTV, dan Tommy Shaw tampil sebagai cameo dalam film seri Miami Vice.

Di akhir tahun 1980-an, karier solo DeYoung dan Shaw surut secara perlahan. Album DeYoung, Boomchild dan album Shaw, Ambition tidak lagi mendapat sambutan publik seperti karya mereka sebelumnya. Tommy Shaw sempat menyanyikan "Ever Since the World Began" yang dulunya dibawakan Jim Peterik dan kelompok Survivor. Selain itu, Shaw ikut serta dalam rekaman grup Survivor ketika membuat album When Seconds Count.

Anggota Styx lainnya, James Young bekerja sama dengan Jan Hammer dan merekam album solo di bawah nama The James Young Band. Pada tahun 1988, Tommy Shaw mendirikan grup Damn Yankees bersama gitaris Ted Nugent, Jack Blades (mantan Night Ranger), dan pemain drum Michael Cartellone. Damn Yankees sukses dengan lagu hit "High Enough" dan diikuti dua tahun berikutnya dengan "Don't Tread".

Dekade 1990-an hingga sekarang[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1990, sewaktu Tommy Shaw sibuk dengan Damn Yankees, anggota Styx yang tersisa menggunakan Glen Burtnik sebagai gitaris dan vokalis pengganti. Styx dengan Burtnik merilis album Edge of the Century yang terkenal dengan lagu ballad "Show Me The Way" karya Dennis DeYoung. Setelah itu, anggota Styx masing-masing memiliki kesibukan sendiri. DeYoung mengeluarkan album solo Out on a Day Pass (1994) dan Raised by Wolves (1995), sedangkan Shaw membentuk grup bersama Jack Blades yang diberi nama Shaw Blades.

Styx berkumpul kembali pada tahun 1995 untuk rekaman ulang lagu lama mereka, "Lady". Lagu ini disertakan pada album kompilasi Styx Greatest Hits yang dipromosikan melalui pertunjukan keliling pada tahun 1996. Pertunjukan tersebut tidak dapat diikuti John Panozzo karena masalah kesehatan. Kondisi kesehatan John Panozzo semakin menurun akibat konsumsi minuman keras secara berlebihan dan akhirnya menimbulkan kematian.

Posisi John Panozzo pada drum diganti oleh Todd Sucherman, dan pertunjukan keliling Styx yang diberi nama "Return to Paradise" berakhir dengan sukses. Rekaman konser dirilis sebagai album live berjudul Return to Paradise. Album terdiri dari 2 keping CD dan berisi bonus 3 buah lagu yang direkam di studio, "On My Way," "Paradise", dan "Dear John". Lagu terakhir dipersembahkan Styx untuk almarhum John Panozzo. Angka penjualan album Return to Paradise cukup untuk meraih status piringan emas.

Pada tahun 1998, Chuck Panozzo mengumumkan pengunduran dirinya dari Styx setelah menyatakan dirinya gay dan sedang berjuang melawan HIV.[3] Posisi Chuck Panozzo diisi Glen Burtnik hingga tahun 2004, dan diganti dengan Ricky Phillips (mantan anggota The Babys dan Bad English).

Sementara itu, Dennis DeYoung meneruskan karier solo dan sering membawakan lagu-lagu lama dari Styx yang digubah dengan aransemen baru ditambah musik orkestra. DeYoung juga menuntut mantan rekan-rekannya karena menggunakan nama Styx tanpa seizin dirinya. Pengadilan akhirnya mengizinkan Dennis DeYoung untuk menyebut dirinya "performing the music of Styx" (membawakan musik Styx), atau "formerly of Styx" (mantan Styx), tapi dilarang menggunakan slogan "the voice of Styx".

Pada bulan Februari 2003, Styx merilis album Cyclorama dengan formasi baru Shaw, Gowan, dan James Young. Album ini hanya terjual sekitar 15 ribu keping di AS, dan jauh dari angka penjualan album-album di puncak kejayaan mereka yang bisa mencapai di atas 3 juta keping.

Anggota[sunting | sunting sumber]

Formasi sekarang[sunting | sunting sumber]

Mantan anggota[sunting | sunting sumber]

Daftar album[sunting | sunting sumber]

Album studio[sunting | sunting sumber]

Album rekaman konser[sunting | sunting sumber]

Album kompilasi[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "The Serpent is Rising". allmusic. Diakses 21 April 2007. 
  2. ^ "22nd Grammy Awards". Rock on The Net. Diakses 21 April 2007. 
  3. ^ "Bio Chuck Panozzo". STYXworld. Diakses 21 April 2007. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]