Struktur Batu Besar

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Sebagian dari Struktur Batu Besar.

Struktur Batu Besar (Inggris: Large Stone Structure) adalah nama yang diberikan pada bekas-bekas bangunan besar di daerah Kota Daud di Yerusalem tengah, sebelah selatan Kota Tua, diperkirakan bertarikh abad ke-10 SM sampai abad ke-9 SM. Nama ini diberikan untuk membedakan dari struktur yang di dekatnya yang disebut "Struktur Batu Bertingkat", oleh penemu situs itu, Eilat Mazar, seorang arkeolog Israel. Mazar mengumumkan penemuannya pada tanggal 4 Agustus 2005 sambil menyatakan bahwa ia percaya situs itu merupakan bekas-bekas istana Daud yang dicatat dalam Kitab Samuel. Penggalian arkeologi itu dibiayai secara pribadi oleh Roger Hertog, seorang bankir Amerika Serikat.

Penemuan[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1997, Eilat Mazar, yang berupaya menemukan Istana Daud, menggunakan rujukan dalam Kitab Samuel yang merujuk Daud pergi ke kubu pertahanan setelah diurapi menjadi raja (2 Samuel 5:17), untuk memastikan di mana situs itu kemungkinan berada. Karena area dengan elevasi lebih tinggi dari Ofel, bagian tertua Yerusalem, hanya yang berada di sebelah utaranya, ia mulai menggali di sana pada bulan Februari 2005. Sekitar 2 meter di bawah permukaan, ia menemukan artifak-artifak dari Era Bizantin dari abad ke-4 sampai ke-6 antara lain suatu lantai mosaik yang terlestarikan dengan baik. Di bawahnya ia menemukan artifak-artifak dari Periode Bait Kedua, dan akhirnya di bawah lapisan ini ia menemukan landasan batu-batu besar dari suatu bangunan penting, yang diyakininya sebagai Istana Daud.[1]


Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Eilat Mazar: Uncovering King David's Palace". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2007-01-20. Diakses tanggal 2014-12-13. 

Lihat pula[sunting | sunting sumber]