Strawberry Panic!

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Strawberry Panic!
Sutradara Sakoi Masayuki
Penulis Kimino Sakurako
Durasi 26 episode

Strawberry Panic! atau SutoPani! (ストロベリー・パニック!) adalah sebuah serial TV ber-genre yuri yang ditayangkan di Jepang tahun 2006.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pada awalnya, SutoPani adalah semacam ‘permainan’ yang diadakan oleh majalah Dengeki G’S. Pembaca diminta menempatkan diri sebagai seorang kakak yang adik-adik perempuannya dikirim ke sekolah khusus putri, dan kemudian terjebak dalam dunia ‘yuri’, alias diincar oleh gadis-gadis lainnya. Reaksi serta pasangan yang dikirimkan kemudian akan dimuat sebagai visual novel pendek di G’s, dengan Kimino Sakurako (pengarang Sister Princess) dan Chitose Maki sebagai penulis cerita dan ilustrator. Sambutan fans meledak, tapi ternyata lebih banyak yang menginginkan SutoPani menjadi serial yang murni yuri. Menanggapi ini, pada majalah G’S edisi Maret 2004 tokoh ‘kakak’ resmi dihapus dan permainan SutoPani menjadi "pilih pasanganmu".

Kepopuleran 12 gadis dari 3 sekolah ini terus bertambah dan akhirnya, pada bulan April 2005, diluncurkan versi visual novel yang dimuat bersambung dalam G’S. Kimino Sakurako dan Chitose Maki tetap berperan sebagai penulis cerita dan illustrator. Sayangnya setelah versi novel ini selesai, Chitose Maki mengundurkan diri dari proyek SutoPani tanpa alasan yang jelas. Untuk selanjutnya, ilustrator SutoPani menjadi tugas Takumi Namuchi. Setelah Futakoi mengakhiri masa tayangnya di G’S, versi manga SutoPani menggantikan posisinya, bersamaan dengan berubahnya format serta kepadatan majalah G’S. Bersamaan dengan manga, versi novel pun dimulai di majalah Dengeki hp.

Cerita[sunting | sunting sumber]

Di bukit Astraea [bisa diartikan sebagai rasi bintang virgo], berdirilah tiga sekolah khusus putri yakni Miator, Spica dan Lu Lim. Semua siswi tinggal di asrama yang disebut Ichigo-sha atau Strawberry Dorm. Ketiga sekolah ini memiliki satu event besar yang disebut 'Le soufflé de deux est celui d'une Étoile' atau Etoile Battle setiap tahunnya. Seperti terlihat dari namanya, ini adalah kompetisi untuk memilih Etoile, pasangan yang akan jadi panutan ketiga sekolah. Harga diri serta kebanggaan sekolah dipertaruhkan di acara ini. Ketika pertama kali menginjakkan kaki ke Astraea, Aoi Nagisa tidak pernah menyangka sama sekali bahwa dirinya yang cuma anak baru akan terlibat dalam event besar ini kelak. Dan semuanya berawal dari pertemuan kebetulannya dengan sang Etoile, Hanazono Shizuma.

Karakter[sunting | sunting sumber]

Hanazono Shizuma
Wanita yang sangat ramah, seorang Etoile. Dia memiliki seorang teman yang baik yang selalu mendukungnya. Kehidupannya pernah mengalami hal yang sangat sedih saat dia kehilangan Kaori yang dia cintai, partnernya sebagai Etoile. Namun akhirnya dia menemukan seseorang yang mampu menggantikan Kaori dan mengubahnya yaitu Aoi Nagisa.
Aoi Nagisa
Gadis ini masuk ke Miator karena orang tuanya pergi dinas ke luar negeri. Di hari kedatangannya, ia bertemu dengan Shizuma dan sejak itu langsung menjadi incaran sang Etoile.
Konohana Hikari
Anak pemalu ini yang menyukai keindahan ini masuk ke Spica setahun silam. Tergabung dalam koor gereja dan sangat mengagumi Amane.
Hyuga Kizuna
Murid kelas 2 yang supel, ceria dan tak malu-malu. Ia cukup terkenal di kalangan murid kelas atas maupun anak-anak sekolah lainnya. Tergabung dalam klub Henshin dan SANGAT menikmati setiap kegiatannya.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]